Langsung ke konten utama

5 Cara Menikmati Sirup Aren

Yang belum pernah mencicipi sirup aren mungkin akan bingung ya bagaimana cara menikmati sirup aren. Mungkin yang dibayangkan adalah sirup yang terbuat dari gula merah cair. Nah, yang Carajalani maksudkan di sini buka sirup aren yang seperti itu.

Sirup aren yang dimaksudkan oleh Carajalani adalah sirup aren yang dibuat dari olahan nira yang dimasak dengan cara tertentu sehingga menghasilkan sirup aren. Justru tak ada tambahan air di dalam sirup aren yang seperti ini, malah tak bisa ada setitik pun air yang menetes masuk ketika nira sedang dimasak menjadi sirup aren.

Mengapa? Karena justru sirup aren tak bisa jadi seperti yang diharapkan karena bisa gagal. Begitu pun dalam soal waktu, tak boleh terlalu pendek atau terlalu lama karena tak bisa jadi juga. Seperti itu yang Carajalani dengar dari Asdar Marannuang dan Mansyur Rahim, dua orang kawan yang berada di balik pembuatan Canningrara – sirup aren produksi Desa Pattaneteang yang lezat itu.

sirup aren
Bassang, makanan tradisional Makassar dimakan dengan sirup aren.

Wallahu a’lam jika ada yang memprosesnya dengan cara berbeda. Cara ini yang akhirnya dipercayai Carajalani sebagai cara membuat sirup aren yang lezat karena rasanya memang lezat, serupa madu. Mirip dengan madu rasanya jika dicicipi langsung.

Nah bagaimana cara menikmati sirup aren? Ini dia:


1. Menikmati sirup aren dengan cara diminum langsung.


Kalian boleh saja mencobanya. Atau dengan mencampurnya dengan air dan menikmatinya. Boleh juga.

2. Menikmati sirup aren dengan menjadikannya topping makanan.


Cobalah untuk menjadikannya teman makan roti tawar. Boleh dituang langsung, boleh juga dengan menuangkannya di atas keju parut. Lebih baik lho menggunakan sirup aren ketimbang kental manis. Selain roti tawar, bisa juga menjadikannya topping pada roti maryam, pancake, lopis, roti mantou, atau kue putu.

3. Menikmati sirup aren dengan mencampurnya ke dalam minuman.


Minuman seperti kopi, teh, susu, atau jus enak lho jika diberikan sirup aren sebagai campurannya. Bisa juga menjadi campuran es krim, es buah, es cendol, atau es teler.

4. Menikmati sirup aren sebagai bahan campuran kolak dan makanan tradisional.


Hm lezatnya membayangkan kolak pisang. Kolak-kolak lain pun membutuhkan gula aren. Jika ingin yang praktisnya, gunakan saja sirup aren. Untuk santannya, gunakan santan cair dalam kemasan yang praktis. Bisa juga dicampurkan ke makanan tradisional seperti  - sejenis bubur jagung khas Makassar.

Sirup aren


5. Menikmati sirup aren sebagai bahan campuran lauk.


Bahan campuran lauk? Bisa saja! Misalnya nih masakan ikan pindang kan ada yang suka rasa asam-manis jadi bisa tuh dicampur dengan gula aren. Carajalani pernah memasak pallumara (pindang ikan khas Sulawesi Selatan) dan memberikan tambahan gula merah di dalamnya. Nah, kalau ada gula aren lebih praktis lagi, tinggal tuang kan?

Nah, itu dia 5 cara menikmati sirup aren. Kalau ada yang belum tersebut dalam tulisan ini ataukah ada resep masakan yang menggunakan sirup aren, boleh ditambahkan di kolom komentar di bawah ini.

Komentar

  1. saay lupa lagi ke daerah mana, pas ke warung makan disuguhinnya sama sirup gula aren, tadinay sudah mau nolak, eh ternyata enak. soalnya ngebayangi apa enaknya gula aren dijadikan sirup

    BalasHapus
  2. Bisa untuk toping makanan
    Wow pastinya tambah lezat dan nikmat ya

    BalasHapus
  3. Minum siang hari di kasih es batu saat tengah hari, maknyus Kali yaa

    BalasHapus
  4. Wah aku belum.pernah nyicip sirup Aren nih.. jadi penasaran deh. Apalagi dicara konsumsi yg terakhir dicampur di masakan itu..hehe..

    BalasHapus
  5. Sirup aren murni yah berarti, hasil olahan dari gula aren brrti yah kak, enak ini. Bdw cara menikmatinya wuenaaak banget, tpi yg unik itu lho dicampur lauk pauk, gmana rasanya kak? kan jadi manis tuh.. jdi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tidak mau pakai micin, pakai garam dan gula, Mas. Nah, gulanya ganti gula aren, dikit saja. 😊

      Hapus
  6. Pastinya sirup aren ini ramah ya buat penderita diabetes dan manisnya dari sirup aren gak ada campuran kimia dan pemanis buatan ya, good rekomended produk ini

    BalasHapus
  7. Wah, i just know about this is loh. But i often eat 'gula aren' because it give me power when i feel tired. thanks for your sharing ya

    BalasHapus
  8. Sirup aren ini rasanya persis caramel gak sih, kak?
    Sepertinya belum bisa membayangkan kalau dijadikan topping lauk.
    Kudu coba sendiri niih...

    BalasHapus
  9. Wah bikin kolak jadi lebih praktis, dengan manis yang alami dari nira tentunya lebih aman dari yang namanya manis buatan. Buat toping berbagai cemilan juga enak nih tampaknya

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah merasakan kelezatan sirup aren bun. penasaran jadinya beda dari sirup yang lain pastinya ya bun, lebih alami dan aman untuk tubuh kita. Jadi pengen

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah lho mba nyobain sirup aren ini. Jadi pengen cobain. Bisa buat kolak juga yah.. praktis nih. Aku suka kolak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit -  Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, menggunakan masker jika terpaka harus keluar rumah adalah kewajiban. Apalagi untuk wilayah atau kota-kota yang sedang menjalani masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti Makassar.

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19 -  “Jangan mati sekarang” – ungkapan itu lebih berarti kepada anjuran untuk menjaga kesehatan sebaik-baiknya, bukan larangan untuk mati saat ini. Pasalnya, musibah kematian di masa pandemi Covid-19 akibat virus Corona ini meninggalkan cerita duka yang jauh lebih dalam.

4 Cara Agar Suami Tenang Berbelanja

Pada  jaman now, menjalani masa pandemi ini membutuhkan kerja sama yang solid antara suami dan istri. Ketika masa ini, bukan lagi hal yang tabu jika suami berbelanja dan banyak suami yang ikhlas keluar rumah untuk berbelanja maka diperlukan cara agar suami tenang berbelanja.