Solusi Berkarya Tanpa Batas dari Rumah

Solusi Berkarya Tanpa Batas dari Rumah – “Mau ke rumah teman, ada wifi[1]-nya di sana,” ujar anak bujang yang sedang berkemas. Sebelumnya saya bertanya kepadanya, dia hendak ke mana lagi. Inginnya saya, dia lebih lama di rumah saja daripada di kampus atau mengerjakan tugas di luar bersama teman-temannya.

Yah, namanya seorang ibu, ya. Walaupun di satu sisi menyadari anak laki-laki yang sudah berusia dewasa tak bisa ditahan lama-lama di dalam rumah apalagi dia sudah dibekali dengan sepeda motor, tetap saja menginginkan anaknya lebih diam di rumah terlebih pada masa pandemi begini.

“Cuci tangan!”

“Ganti baju!”

Aktivitas tanpa batas

Tetap menjadi seruan rutin tatkala si anak bujang pulang dari beraktivitas. Menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri vokasi bidang teknik mengharuskannya menghadapi 70% praktik dan hanya 30% teori. Mau tak mau, dia jadinya lebih banyak ke kampus lalu kerja tugas bersama teman-temannya sekalian numpang internetan.

Mamaknya ini masih berusaha menyelidiki, masa sih semua tugasnya berupa tugas kelompok? Kan pasti ada tugas perorangan juga? Pernah si sulung mengaku dia membantu temannya mengerjakan tugas. Entah karena jiwa sosialnya yang sedang tinggi atau memang dia senang jadi tutor sebaya.

 

Kendala-kendala Sebelum Menggunakan Wifi IndiHome

 

1. Tugas Kuliah Butuh Internet Cepat

 

Ketika hati saya terhibur karena si sulung sedang “betah” di rumah untuk pembelajaran jarak jauh, kembali saya merasa terenyuh lagi saat dia mengeluhkan sinyal mobile internet di rumah kami. Tugas-tugas kuliahnya banyak yang berupa editing dan pembuatan video juga grafis yang membutuhkan internet cepat yang stabil. Entah berapa kali dia pamit ke kafe atau ke rumah temannya demi mencari sinyal yang kencang.

 

2. Bayar Paket Data Mahal

 

Bayar paket data untuk sejumlah perangkat – desktop, laptop, dan gawai itu mahal. Saya bisa habis Rp. 400.000 – Rp. 500.000 dalam sebulan. Kami semua menggunakan internet, mulai dari suami hingga anak bungsu, apalagi ketika full menjalani pembelajaran daring. Pekerjaan tambahan saya adalah memelototi pemakaian internet setiap pekannya. Begitu ada pemakaian yang berlebihan, ketiga buah hati yang dipelototi 😁.

 

3. Aktivitas Mamak Terkendala Unstable Signal

 

Saya sendiri, kadang-kadang ada aktivitas mengisi materi daring. Pernah kejadian, internet tiba-tiba unstable dan saya terlempar dari ruang Zoom Cloud Meetings. Panitia buru-buru menghubungi, saya segera pindah dari desktop ke ponsel. Untungnya sesi berbicara saya sudah lewat namun saya diperlukan untuk sesi foto bareng. Kan sayang ya, sebagai salah satu narasumber saya tidak ikut berfoto bersama.

Masalah ketidakstabilan internet sering saya alami ketika mengikuti kelas online. Keluar-masuk ruang Zoom sudah biasa. Tak jarang, saya kesulitan mendengarkan materi secara utuh. Kalau ada rekaman YouTube-nya saya bisa nonton kembali tetapi jika tidak? Sayang kan, materi bagus terlewat begitu saja.

Dalam beraktivitas dan bekerja, sinyal internet adalah “senjata” saya selain desktop dan gawai. Andaipun desktop dan gawai spesifikasi oke tapi sinyal tidak karu-karuan ya percuma saja. Rasanya bagaikan prajurit pecundang. Setelah wifi IndiHome terpasang, kami bisa beraktivitas dengan lebih baik dari dalam rumah.

Solusi berkarya tanpa batas

4. Bangunan-bangunan Tinggi Menghalangi Wireless Mobile Internet

 

Sejak sekeliling rumah kami banyak bangunan tinggi, sinyal internet nirkabel semakin sulit mencapai tempat kami, labil pula (tidak stabil, maksudnya). Sering kali anak bujang kami mengeluhkan sinyal, baik yang di-tethering-kan ke laptopnya ataupun dari modem dari provider swasta yang akhirnya kami upayakan mendapatkannya. Sejumlah material bangunan memang diketahui dapat memblokir sinyal internet[2]. Bahkan di dalam rumah pun – jika rumahnya luas, ada bagian rumah yang tidak menerima sinyal internet dengan baik karena kendala ini.

Awalnya saya belum menyadari hal ini. Semua provider saya coba namun hasilnya serupa saja saat makin banyak bangunan tinggi di sekitar rumah kami, semakin banyak pula tetangga yang membangun rumahnya menjadi dua lantai. Hanya di ruangan-ruangan tertentu sinyalnya kencang. Sementara itu, kebutuhan akan sinyal internet yang kencang dan stabil sudah semakin urgent.

“Kita harus pasang wifi, Pa,” ucap saya kepada suami suatu saat. Semoga dengan adanya wifi IndiHome si anak bujang lebih bisa ditahan di rumah dan mudah dan dia lebih nyaman mengerjakan tugas-tugasnya dari rumah. Memang tidak mungkin rendering dan upload video dengan perangkat yang ngos-ngosan.


Kabel serat optik

Kemudahan Kami: Perangkat Sudah Siap

 

Selama ini sebenarnya sudah ada perangkat wifi lead by IndiHome di rumah, tinggal mengaktifkan paket internetnya saja. Sekira 3 tahun lalu, telepon rumah yang awalnya menggunakan kabel konvensional diganti dengan kabel serat optik oleh petugas Telkom Indonesia, sekaligus kami diberikan modem 2 antena yang dihubungkan dengan pesawat telepon yang dihubungkan ke sumber listrik.

IndiHome Official Account

Orang tua saya pelanggan setia Telkom Indonesia. Sambungan telepon di rumah sudah ada sejak awal tahun 1990-an. Beberapa tahun terakhir ketika ada gangguan, saya yang melaporkan ke customer service. Awalnya melalui nomor telepon hunting 147, akhirnya saya berpindah ke akun resmi @IndiHome dan @IndiHomeCare di Twitter.

Sebenarnya tinggal mengaktifkan internetnya saja namun saya belum mau mengambil keputusan itu karena nomor telepon masih atas nama ayah dan ibu saya belum bisa diajak bicara soal pemakaian internet.

Namanya ada perbedaan generasi ya, orang tua yang sudah sepuh masih menggunakan saluran fiber optic-nya hanya untuk teleponan. Ibu saya tidak terbiasa dengan gadget dan sama sekali tidak mau menggunakannya. Baginya, kemudahan berkomunikasi hanyalah melalui saluran telepon leased line. Tak ada internet dalam kamusnya.

Kemudahan aktifkan wifi internet

Pasca berpulangnya kedua orang tua pada awal September lalu, baru-baru ini saya memutuskan memasang
paket IndiHome 2P di rumah. Kebutuhan akan wifi dari saluran serat optik ini sudah sedemikian mendesak, nyaris mendekati kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Bagaimana tidak, si sulung semakin sibuk dengan tugas-tugasnya.

Di samping itu, kedua adiknya juga masih menjalani pembelajaran online, di sela-sela PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas. Saya pun butuh sinyal sebagaimana internetnya untuk gamer untuk menjalani aktivitas tanpa batas sebagai bloger dan content creator. Ayahnya anak-anak juga sedang mengerjakan beberapa hal yang membuatnya harus terhubung dengan internetnya Indonesia yang lancar.

Si tengah yang duduk di kelas IX, sekarang sedang menjalani bimbingan belajar online. Materinya kebanyakan berupa video dan streaming yang tentunya membutuhkan internet stabil. Sesekali dia menjalani tes secara daring pula.

 

Keunggulan Wifi dari Saluran Serat Optik

 

Wifi dari Fiber Optik[3] memiliki beberapa keunggulan dibandingkan internet dari wireless connection, yaitu:

1. Cepat

Wifi Indihome yang masuknya ke dalam rumah menggunakan kabel serat optik (fiber optic). Dari website IndiHome, saya dapatkan penjelasan mengenai fiber optik sebagai berikut[4]:

Fiber optik adalah jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus (berdiameter 120 mikrometer yang mana lebih kecil dari rambut manusia) sebagai media transmisi. Kabel ini mentransmisikan sinyal cahaya dengan kecepatan optimal. Transmisi bisa dilakukan dengan kecepatan tinggi karena sistem kerjanya menggunakan pembiasan cahaya. Sedangkan cahaya yang digunakan untuk proses transmisi adalah LED atau laser.

Dibandingkan dengan mobile data yang wireless, waktu yang dibutuhkan pada serat optik untuk menerima sebuah perintah dan mengirim jawaban (latency) lebih tinggi dari pada wireless. Kecepatan transmisi datanya mencapai 1 GB/detik.

2. Bisa mentransmisikan data dalam radius yang jauh, tak butuh penguat sinyal.

3. Tahan terhadap cuaca.

4. Tahan karat karena terbuat dari kaca dan plastik.

5. Berukuran kecil dan fleksibel.

6. Tak terganggu gelombang elektromagnetik (seperti gelombang radio) karena menggunakan cahaya sebagai media transmisi.

7. Tak ada risiko korsleting listrik karena kabel jenis ini tak mengandung listrik.

8. Tingkat keamanan tinggi karena sangat minim distorsi.

Keunggulan wifi serat optik

Berkarya Tanpa Batas dari Rumah

 

Sekarang, pengeluaran untuk internet bulanan kami jauh lebih hemat karena saat berada di rumah, semuanya menggunakan sinyal internetnya Indonesia dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Di samping itu, keluhan sinyal macet tak lagi kami alami selama listrik menyala. Jarang juga sih mati lampu. Kalau ada gangguan listrik juga biasanya tidak lama. Saya jadi sangat terbantu dalam beraktivitas. Tak ada kendala sinyal berarti ketika menjadi narasumber atau moderator pada aplikasi Zoom Cloud Meetings atau Google Meet, apalagi saat mengikuti kelas online.

Saya bisa mengerjakan desain dengan tenang menggunakan Canva secara online sembari membuka sejumlah website dan YouTube secara bersamaan tanpa khawatir lag. Bisa juga sembari ikut kelas online, saya blog walking ke blog teman-teman atau membalas email.  😁

Putri saya, tak ada kendala berarti dalam menjalani bimbel daringnya. Saya tahu sesekali dia buka-buka Instagram atau market place juga. Sementara, si anak bujang, tak terdengar lagi keluhannya dalam berinternet.

Solusi berkarya tanpa batas dari rumah

Terkait kebiasaan mengerjakan tugas dengan teman-temannya, akhirnya saya tahu bahwa sebagai bagian generasi Z, si sulung yang duduk di semester 5 di kampusnya ini memiliki karakter weconomist[5]. Pemilik karakter ini memang lebih menyukai kegiatan yang dilakukan berkelompok dan terhubung dengan rekan-rekannya. Saya pikir, dengan adanya wifi di rumah dia akan jauh lebih banyak di rumah. Ternyata tidak. Hanya berkurang sedikit.

Setelah itu, sedikit-sedikit dia kerja tugas bersama temannya sepulang kampus. Kebanyakan temannya memang tinggalnya di sekitar kampus. Bagaikan magnet, mereka saling tarik-menarik. Namanya lelaki muda toh tak bisa dikekang. Mamak dan bapaknya pernah muda juga kan, jadi berusaha melakukan yang terbaik sebagai orang tua, mendoakan dan memfasilitasi. Ketika dia pulang, aktivitas tanpa batas bisa dilakukannya di rumah.

Makassar, 26 November 2021

 *Diikutkan lomba IndiHome Blogger Days*

Catatan kaki:


[1] Biasanya ketika si sulung mengatakan “ada wifi-nya di sana” – itu berarti kawannya menggunakan wifi dari saluran serat optik.

[2] https://eyenetworks.no/en/wifi-signal-loss-by-material/, diakses 26 November 2021, pukul 10:23 WITA.

[3] https://indihome.co.id/blog/apa-itu-teknologi-fiber-optik-ini-ulasan-lengkapnya, diakses 25 November 2021, pukul 21:57 WITA.

[4] Idem.

[5] https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita, diakses 16 November 2021, pukul 23:40 WITA.

309 komentar

  1. mantap nih indihome bikin bisa berkarya tanpa batas. jadi, enggak ada alasan inet lelet lagi jika kerjaan kita enggak selesai, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, harapannya demikian, Mbak ... selama ini alhamduloillah lancar.

      Hapus
  2. Kalau dipikir2 memang lebih boros pake data , budget yg saya gunakan nyaris lbh 300rb perbulan berdua ama suami. Mesti pasang wifi juga nih biar bisa dan nyaman membuat karya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mi saya boros sekali berlima dengan anak, Ainhy jadinya memang harus pasang wifi IndiHome.

      Hapus
  3. Usaha aku juga pake indihome di ruko. Pake yg lain gak berani suka ngadat soalnya. Udh pake indihome bertahun-tahun aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ruko rawan sih ya, cocoknya memang pake jaringan serat optik.

      Hapus
  4. sekarang memang kita bisa bekerja dan berkarya di mana saja ya sepanjang dukungan data dan gawai yang kita gunakan bisa menunjangnya dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak yang penting ada dukungan internet ya.

      Hapus
  5. Jaringan internet yg stabil saat ini memang sudah menjadi kebutuhan yg penting ya.. Untung ada indihome nih..kami juga pakai ini di rumah..

    BalasHapus
  6. Aku dari sejak awal IndiHome ada sudah pasang awal2 pernah sering ada kendala tapi makin ke sini makin lancar deh... Suka banget dengan IndiHome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya makin lancar, Mbak Ida.

      Hapus
  7. Ternyata memang menggunakan Indihome banyak sekali keuntungannya yaa..kak Niar.
    Apalagi di zaman pandemi yang sangat membutuhkan jaringan cepat dan tanpa nge-lag.
    Semoga Indihome senantiasa menyediakan pelayanan yang terbaik untuk Indonesia.

    BalasHapus
  8. Bayar paket data emang mahal mba. Dan ini jadi terbantu kalau ada jaringan internet lancar jaya. Apalagi di masa sekarang semua sangat terbantu dengan akses internet yang kencang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak ... paket data mihilll untuk kami berlima jadi memang butuh wifi serat optik dengan unlimited kuota.

      Hapus
  9. Ternyata langganan Indihome sejak lama yaa, kak Niar.
    Alhamdulillah..Banyak senang-susah bersama. Dan kini zaman semakin canggih, semoga pelayanan Indihome yang baik tetap dipertahankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, dulu kan telepon rumah biasa. Lama-kelamaan masuk layanan IndiHome tapi telepon saja, baru2 saja diaktifkan paket internetnya :D

      Hapus
    2. Kebayang kalau gak pakai internet Indihome, kka Niar.
      Soalnya sebagian besar kini di remote dari rumah demi menjaga keamanan bersama. Hehehe~

      Kantor suami juga pakai Indihome, kak Niar.
      Jangkauan Wifinya termasuk besar, menurutku...

      Hapus
    3. Iya ya Mbak Lendy. Sudah saya rasakan juga soalnya.

      Hapus
  10. Memang ya, hari gini semua butuh internet cepat

    BalasHapus
  11. Berkarya tanpa batas pake indihome, no gangguan sama sekali, bekerja tanpa perlu mengeluh jaringan internet lambat kaya siput ya kan, Mbak Mugniar

    BalasHapus
  12. Sayangnya Indihome di daerah saya selalu bermasalah ���� jadinya berhenti gunakan layanan Indihome deh

    BalasHapus
  13. Aku pun sekarang produktif di rumah, pokoknya masalah provider ini emang harus dipilih banget. Wah, Indihome banyak kelebihannya juga ya.

    BalasHapus
  14. wah keren ini ya indihome, pakai fiber optic yaa. jadinya bagus kualitasnya.benar banget mbak, sekarang tuh kita jadinya tergantung sama internet ya, karena mau gak mau kita harus berhubungan terus lewat jaringan. jadi perlu internet yang kualitasnya tinggi. karena berhubungan dengan produtivitas kita juga.

    BalasHapus
  15. Nah, pertimbangan saya banget ini. Akhirnya memilih bertahan dengan wifi rumah, yg kata sodara 'Koq mahal'.
    Ya gimana, kerjaan mamak sangat butuh sinyal stabil dan kencang selalu 24 jam ^^

    BalasHapus
  16. Untuk saya yang lebih banyak di rumah memang peran Indihome terasa sekali. Jika pakai paket data besar banget perbandingnnya. Selama pakai juga jarang ada gangguan, jadi betah untuk terus berkarya meski di rumah saja.

    BalasHapus
  17. Jaman digital begini, susah kayaknya ya kalau nggak punya wifi atau kuota. Apalagi kita yang sehari-hari pekerjaannya berkaitan banget sama online. Indihome deh pilihan terbaiknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya .. setengah mati kalau mengandalkan paket kuota data.

      Hapus
  18. Sebelum indihome pake serat optik saja sudah oke nih kak performa nya. Apalagi sekarang udah pake serat optik. Makin yahuddd nih.
    Mau cuaca kayak apapun internet selalu lancar jaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Semoga kak Mugni pun selalu dilancarkan semua urusan. Termasuk urusan internet ya kak. Meskipun terlihat sepele tapi bisa menghambat pekerjaan kita . Secara kerjaan blogger semua terhubung internet.

      Hapus
  19. IndiHome pakai serat optik sehingga lebih stabil ya. Dan kalau langganan IndiHome, wahm, serasa sultan deh. Internet super cepat dan murah sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALhamdulillah ... berasa bedanya setelah aktivitas di rumah pake IndiHome, Mbak Susi :)

      Hapus
  20. Rerata di komplek aku pakai Indihome. Karena kalau dipikir - pikir biaya paket/bulan kuota jatuhnya tetap lebih mahal, ada wifi itu ibarat kata jadi all out buat sikon saat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak .. bisa a;; out, menjalankan kerjaan online tidak tanggung-tanggung lagi karena mikirin kuota takut cepat habis.

      Hapus
  21. Aq sebulan bayar paket data habis 270rb di 2 perangkat, pernah pasang wifi tapi aq putus gr2 separo kehidupanku dluar rumah 😭 drmh cm buat tdur huhu, pdhl klo tiap hati drmh dan pasang wifi kan jd hemat bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru 2 perangkat ya habis segitu.
      Serba salah juga jadinya ya Mbak.

      Hapus
  22. Saat pandemi, di rumah saya berempat butuh internet semua, dan pakai IndiHome so far lancaarr, enggak ada keluhan berarti. Beneran bisa jadi solusi berkarya tanpa batas dari rumah bagi keluarga saya IndiHome ini

    BalasHapus
  23. Bener banget mbak pake internet dari IndiHome tuh jatuhnya lebih murah loh. Soalnya di rumah banyak aktivitas kami yang membutuhkan jaringan internet, makanya dari dulu kami memutuskan untuk menggunakan IndiHome di rumah.

    BalasHapus
  24. Indihome bikin aktivitas tanpa batas ya mbak
    internet lancar dari Indihome membuat kita bisa tetap terus berkarya

    BalasHapus
  25. Memang saat ini internet dan wifi di rumah tuh udah harga mati yah mbak
    Terutama ketika sekolah online, kerja pun online, ketika internet lelet bawaannya langsung emosi deh yaaah

    Lebih aman di rumah pake Indihome aja supaya jaringan lancar jaya yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu iya. Kalau pakenya tetheringan bikin esmosi, Mbak. Butuh yang jaringannya fiber optik.

      Hapus
  26. Bener banget sih. Sekarang mah kalau ada Wifi semuanya jadi serba was-wes ya mbak. Mau kerja di rumah atau kerja di kantor gak masalah. Btw, aku juga paling banyak jajan kuota karena gak ada wifi. Coba kalau ada wifi, makin seneng bikin konten deh hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak ... pengen belajar lebih banyak lagi jadi lebih lega.

      Hapus
  27. Kayak anakku yang bungsu nih..kalo mau main ke rumah temennya carinya yang ada wifinya hehehe. Kalah deh sama paket data di rumah yang terbatas dan kadang suka ada error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake wifi dari saluran fiber memang lancar soalnya, Mbak hehe.

      Hapus
  28. Aku pake indihome udah sejak awal nikah mba, berarti udah 10 tahun :D. Ga pernah kepikiran utk ganti, udah puas bangetttt Ama sinyal dan service mereka. Memang kadang pernahlah eror, tapi cs dan teknisinya langsung cepet handle komplain, segera datang ke rumah kalo diperlukan. Jadi aku ga ada alasan utk stop pakai mereka. Apalagi kalo cuaca jelek, WiFi ttp nyala bagus. Beda Ama provider 1 lagi yg bener2 menguras emosi jiwa dan raga 🤣🤣.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Nah pengalaman saya juga, CS-nya di sini gercep, Mbak. Mau dihubungi pake no telepon hunting ataupun Twitter, gercep dia.

      Hapus
  29. Kita gak butuh hubungan stabil, tapi kita butuh koneksi internet stabil. Wkwkwkwk. Saya pelanggan IndiHome dari 2014. Udah tiga kali ikut suami rotasi kerja, urusan internet rumahan tetap IndiHome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa aja Mbak Mutia. Tapi memang ya koneksi stabil itu kebutuhan banget, nyaris jadi kebutuhan primer. Bisa bikin emosi kalau lemot.

      Hapus
  30. Di rumah ibu saya di Medan juga pake internetnya Indonesia ini lho mba...
    Memang bener, kalo ada pengaduan mereka cepat tanggap banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pengalaman saya selama jadi "humas" orang tua saya, dalam urusan pengaduan mereka gercep.

      Hapus
  31. Saya sudah jadi pelanggan indie home sejak 5 tahun yang lalu mba. Dan memang bersih inetnya ga terganggu dengan apapun, kecuali cuaca buruk ya. Mgkn krn pakai fiber optic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pun ketika cuaca buruknya tidak terduga ya, Mbak. Alhamdulillah.

      Hapus
    2. Iya. Cuaca yg bener2 buruk seperti hujan lebat banget dan angin kencang. Itu pun kadang kita masih bs jalan lancar kok.

      Hapus
  32. IndiHome memang jadi internetnya Indonesia sih ya, Mbak. Jadi nggak ada tuh yang namanya slowrespon, lemot, dll. Kerjaanpun jadi lancar, mau nonton juga oke, apalagi IndiHome juga mendukung gamers buat jadi atlet esport profesional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah setuju. ALhamdulillah responnya cepat, Mbak. Nah iyaa, gamers bisa hidup ya.

      Hapus
  33. Kualitas jaringan optik ini memang yang diperlukan untuk kebutuhan daring. Koneksi jadi wus wus wuss dan kebutuhan belajar anak maupun untuk kerja orangtuanya pun jadi tidak terhambat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kelebihan fiber optik, Mbak. Lebih cepat daripada wireless.

      Hapus
  34. Disaat pandemi seperti saat ini, internet menjadi kebutuhan pokok dalam menjalankan tugas negara, seperti sekolah dan bekerja. Saya juga langsung pasang Indihome, begitu anak anak mulai altif daring kemarin. Koneksi yang lancar sangat mempengaruhi kinerja mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kota saya pun, dengar-dengar pada pasang IndiHome krn menyerah kalau tidak :D

      Hapus
  35. Banyak pekerjaan yang terbantu ketika internet lancar. Koneksi stabil.

    BalasHapus
  36. Dengan internet lancar dari IndiHome, kursus online jadi lancar.

    BalasHapus
  37. Empat tahun ini aku pun pakai IndiHome di Rumah. Kebutuhan Internet dan hiburan terpenuhi, bahkan untuk aku yang gak fleksibel untuk nonton, sangat terbantu dengan adanya fitur On Demand di IndiHome, salah satu yang bikin susah berpaling ke lain Provider. Selain itu lengkap ada telepon dan CCTV-nya juga, kebutuhan di era digital semakin dimudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mbak Hani. Jadi one stop solution.

      Hapus
  38. Internet sekarang emang udah jadi kebutuhan pokok ya..Indihome solusi buat kebutuhan inet yang lancar dan stabil nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, Mbak Dian .. rasanya sudah jadi kebutuhan pokok, ya.

      Hapus
  39. Kalau di rumah banyak perangkat yang butuh sambungan Internet emang lebih murah pasang WiFi ya mbak, lebih hemat. Sementara saya masih pakai paket data dan modem aja siy karena memang keperluan belum banyak soal akses internet

    BalasHapus
  40. Pengeluaran data 400 sampai 500 sebulan🤐 wah cukup heboh menurt saya, kalau dihitung hitung pakai paket data malah lebih mahal. Mending pakai wifi emang, bisa satu untuk semua. Kebetulan saya kepikiran pengen pakai wifi, tapi kami berdua malah jarang di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak ... bikin menjerit. Soalnya kondisi waktu itu memang tidak memungkinkan.
      Alhamdulillah sekarang sudah pasang IndiHome.

      Hapus
  41. Mantab emang indihome. Entah udah berapa lama pake indihome di rumah dan hampie ga pwenah ada masalah si. Anak2 belajar daring aku ngajar online semua aman ken jaringan inet dr indihome ga mengecewakan

    BalasHapus
  42. Betul2 solusi berkarya tanpa batas dari rumah ya mba. Indihome solusi banget, semua daring, semua perlu inet. Emak yg enggak skul juga butuh buat hiburan #ehh
    sebagai blogger dan freelancer sangat butuh koneksi yg cepat dan kalau ada gangguan, cepat juga penanganannya ya mba Niar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, sebagai blogger yang sibuk internetan dan sesekali me time dengan nonton, kita butuh banget ya internet yang kencang dan stabil :)

      Hapus
  43. Lucunya, di kompleks saya, Indihome sempat diprotes karena petugas teknisnya kurang rapih memasang kabel2. Sempat jd obrolan di grup WA ibuk2 hehehe. Ngga tau deh sekarang sudah ada perbaikan atau belum.
    Semoga hal-hal seperti ini bisa diperbaiki yaa, supaya Indihome makin kereeeen :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAh ibu-ibunya banyak yang pecinta kerapian ya :D

      Hapus
  44. Kalau keluhan lewat di twitter, cepet responnya ya mbak? Jaringan indihome luas nih, sampai ke desa-desa juga udah ada indihome, daripada pakai data, lebih murah wifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang pengalaman saya cepat, Mbak Sari. Beberapa kali saya melaporkan via Twitter.

      Hapus
  45. Bener banget kak, aku pernah ngalamin pas PJJ tapi di luar rumah. Beli paket data 50giga abis sehari doang huhuhu. Alhasil selalu berusaha buat melakukan PJJ dari rumah aja. Soalnya kuota internet dari indihome ini tanpa batas banget

    BalasHapus
  46. Ya sepertinya saat ini kebutuhan utama manusia adalah sandang, pangan, papan, dan internet hehehe. Karena internet udah multifungsi banget. Gak hanya untuk mencari hiburan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kan :D
      Listrik juga, sama tuh posisinya dengan internet :D

      Hapus
  47. Pandemi membuat banyak aktivitas dilakukan secara online ya mbak
    makanya dukungan internet kencang seperti dari Indihome ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Dian. Kebayang betapa betenya jaman now jika di rumah saja tapi internet susah diandalkan.

      Hapus
    2. nah iya, bakalan mati kutu ya mbak
      makanya penting banget bisa punya jaringan internet yang lancar seperti Indihome ini

      Hapus
    3. Iya, bikin mati kutu, Mbak Dian kalo internetnya ngadat :D

      Hapus
  48. internet jadi kebutuhan ya, aku juga dulu pake paket data berdua suami bisa habis 300-400rb. Sekarang pakai wifi jadi cuma 200ribuan sebulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kan, Mbak ... setengah mati kita karena kerjaan ya makanya butuh wifi yang cepat.

      Hapus
  49. Kalau sekitar tingglnya bangunan tingg-tinggi memang cukup ngaruh ya ke sinyal Mending yang optik saja. Lebih stabil koneksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berasa banget, Mbak Susi ... dalam sekian tahun terakhir ini.

      Hapus
    2. Aku pernah banget ngerasain ini kak Susi dan kak Niar.
      Rumahnya kecepit sama tetangga yang bangunannya terus ditinggiin. KZL.
      Sampe taruh HP di genteng terus aku teethering ke laptop. Resikonya adalah kalau hujan dan aku lupa.
      Huhu..uda paling bener pasang internet indihome.

      Hemat, aman, no drama lagi.

      Hapus
  50. Biasanya aku tuh 3 minggu habis 100k mba. Kelemahannya sih kalau cuaca mendung sinyal drop, apalagi kalau mati lampu, waduh, lenyap sudah sinyalnya. Yang repot kalau pas ngejar deadline atau ada revisi, huhu.. Semoga Indihome bisa mencapai pelosok ya

    BalasHapus
  51. Saat ini tanpa internet mati gaya ya. Bahkan bisa buntu kelakuan deh mengingat apapun hampir dikerjakan terkoneksi dengan jaringan tanpa kabel ini
    Alhamdulillah saya pun merasa terbantu sejak internet mulai masuk desa di awal tahun 2008 an
    Sejak masih namanya Speedy dan sekarang sudah jadi Indihome

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Teh Okti sudah lama pakai Speedy lalu IndiHome.

      Hapus
  52. Aku di rumah juga pakai Indihome. Alhamdulillah, buat nonton YouTube lancar. Kan, aku nggak pengen ketinggalan anime terbaru di Muse Indonesia dan Ani One Asia.

    BalasHapus
  53. Indihome memang yang terbaik saat ini. Kami juga sangat bergantung kepada Indihome apalagi selama pandemi di mana pembelajaran berlangsung secara daring.
    Sukseski dengan karya-karyata.

    BalasHapus
  54. Koneksi internet yang stabil memang bikin kita bisa berkarya tanpa batas dari mana pun dan kapanpun, tapi yang paling aku suka juga dari Indihome selain koneksi internet-nya juga ada aplikasi Video.com hahaha bisa nonton streaming banyak acara dengan lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia .. perlu juga kan ya sesekali nonton streaming lancar :)

      Hapus
  55. Iya bener kak Niar asli sekarang IndiHome makin bagus pelayanannya jg cepet yaahh, evaluasi dari beberapa tahun kemarin mungkin ya kak? Dulu aku pkai IndiHome sblm dia pake kabel fiber udahan hihi sampai skrg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sudah lama ya hehe ... iya, fiber ini baru bbrp tahun terakhir ya.

      Hapus
  56. Saya suka cara mbak Mugniar menulis artikel ini. Pragmatis sekali sekaligus detil. Real istilah anak zaman now.

    Senang tahu layanan internetnya bisa jangkau pelosok. Internet memang kudu stabil ya, Mbak. Apalagi di saat pandemi, semua aktivitas butuh internet.

    Apa kabar anak sulung? Ini yang pernah utak-atik laptop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak Nieke ...

      Yang utak-atik laptop di tulisan itu yang bungsu Mbak wkwkwk.

      Kalo yang sulung juga sejak kecil eksplorasinya aneh2 dulu :)

      Hapus
  57. Koneksi stabil dari Indihome ini membantu kita untuk berkarya tanpa batas, ya, Kak. Apalagi anak sekarang tuh banyak yang aktivitasnya online.

    BalasHapus
  58. Wah saya ya kak aku juga pakai IndiHome internetnya lancar,gak pernah putus walaupun ada hujan.Puas banget deh pakai IndiHome

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mbak .. memang butuh ya dengan banyaknya aktivitas kita dan anak2.

      Hapus
  59. Lho kog sama mbak kalau dihitung pengeluaran lebih Mahal ya dibandingkan langganan dengan indihome, Mana jaringan Suka nggak stabil ya

    BalasHapus
  60. Internet saat ini jadi kebutuhan pokok, ga ada internet mati gaya deh. INDIHOME mmg TOP nih, koneksinya kencang dan stabil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya mati gaya kalo ndak ada internet ya :D
      Yah .. manusia jaman now.

      Hapus
  61. Paling sedih kalau mendadak jaringan putus, kak Niar. Entah karena listriknya yang gangguan atau jaringan inernetnya yang sedang maintenance. Inginnya mendapatkan pelayanan yang masimal seperti Indihome gini yaa..

    BalasHapus
  62. Anak saya laki-laki semua, langsung baper baca ini mbak, hehehe...
    Di daerah saya juga udah pakai indihome dengan fiber optic...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan belum masanya, Mbak Lia hehe ... masih lamaa bersama-sama.

      Hapus
  63. Memang jadi lebih murah untuk biaya internet bulanan ya Bun, soalnya jadi nggak perlu selalu membeli paket internet untuk tiap gawai, apalagi kalau nggak atau jarang kemana-mana.

    Lagipula kalau gawai di pakai tethering terus dan dalam waktu lama, bisa lekas panas baterainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Acha ... lebih murah dan alhamdulillahnya lebih stabil pula koneksinya danlebih kencang.

      Hapus
  64. Jaringan internet ini penting banget ya mbak, apalagi buat saat ini semuanya dilakukan di rumah. Jadi jaringan internet bisa dibilang nomor satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, Mbak ... mencakup hajat hidu orang banyak soalnya :)

      Hapus
  65. Akses internet saat ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan sudah seperti makan saja. Kehilangan akses internet saja bisa membuat galau. Namun terkadang kita butuh provider yang menyediakan jasa ases internt yang kece dan prosesnya mudah. Sekiranya ini bisa jadi salah satu rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas. Kalau tidak ada akses internet dan pekerjaan belum selesai atau tugas sekolah anak belum terkirim ... hadeuh.

      Hapus
  66. IndiHome menyajikan koneksi internet yg super duper mumpuni ya
    suka banget dgn provider ini.
    keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih stabil koneksinya karena sampai ke rumah kita melalui jaringan fiber, Mbak Nurul.

      Hapus
  67. Keberadaan internet mempermudah ya mba , berkarya ga dibatasi tempat. Di sini juga indihome , kenceng internetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak .. apalagi buat ya berkegiatan di rumah ya.

      Hapus
    2. Indihome adalah pilihan paling tepat untuk keluarga, terutama yang memiliki anggota keluarga dengan kebutuhan internet yang terus menerus dan lancar.

      Hapus
  68. Alhamdulillah, kami juga juga mengandalkan indihome di rumah, sebab gak ada yang lain yang sekece layanan ini, hahaha. terima kasih telkom, termasuk juga bonus2 nontonnya, hahaha

    BalasHapus
  69. wah aku dapat kosakata baru neh weconomist, btw aku juga pernah ngalamin ngonta-ganti kartu demi dapat layanan internet yang cepat, murah, stabil...depresi banget bentar pake aja dah habis kuota.... untungnya sekarang ada indihome yang stabil cepat dan ekonomis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya karena IndiHome pakenya saluran optik ke rumah kita, Mbak jadi lbh stabil.

      Hapus
  70. Mendadak jadin inget, kalau zaman duluuuu...saat internet pertama kali menggunakan sambungan telepon, aku gak bisa bolak-balik nyalain jaringan internet, karena pasti bakalan mahal banget tagihan telponnya.

    Jadi satu-satunya jalan adalah mencari kenalan yang berbaik hati memberitahu password wifi di kawasan ITS. Beneran kak Niar, dulu ITS tuh sampe jam 11 banyak anak muda yang nongki sama laptopnya demi dapet sinyal kuat.
    **seringnya di daerah dekat rektorat. Jadi bawa jaket biar gak kedinginan.

    Gak nyangka banget, jaringan internet kini sebagus ini perkembangannya.
    Ya Allah...
    Semoga Allah berkahi anak-anak yang menuntut ilmu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh jadi kebayang dulu adik saya bagaimana ya semasa kuliahnya di ITS? Sampe begitu juga kayaknya ya?

      Hapus
  71. Duh, saya termasu yang sering terpental dari zoom karena koneksi internet tidak stabil. Bikin kesal sekali. Saya pernah nh, ada pertanyaan dan pas banget dibacakan. eh, malah terpental dan saat bisa masuk lagi, jawaban sudah selesai. Hiks... kesel! Koneksi internet stabil itu kebutuhan banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa, kejadian begitu menyebalkan banget, Mbak Susi ��

      Hapus
  72. Ada WiFi memang bisa bikin betah di rumah. Apalagi saat pandemi begini. Kebutuhan anak internet jadi semakin tinggi. Bisa kesel kalau internet bermasalah. Sedangkan kita gak bisa ke mana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia .. bisa jadi tambahan beban mental hahaha.

      Hapus
  73. Mantaab Indihome nih, berkarya tanpa batas semoga makin mendukung kita semua dalam segala bidang, terlebih sebagai konten kreator biar makin lancar jayaaaa...
    Semoga sukses dan menang Maaaak 😍

    BalasHapus
  74. mbAaa, aku juga pakai Indihome dan puas banget dg layanannya. Btw, papa mamaku juga ga kenal teknologi internet. Mamaku beneran gaptek, dikasih smartphone ga mau, senengnya hp jadul, ga mau internetan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe toss, Mbak.
      Iya, sejauh ini sih puas ya .. lancar internetnya.

      Hapus
  75. Aku 2016 pasang indihome. 2018 copot karena pindah ke semarang. Sekarang 2021 balik lagi ke Indihome padahal dah nyoba berbagai jenis modem. Wkwkwkkwk

    Dah terlanjur nyaman dengan jaringan FO Indihome, pake modem 4G jadi terasa lelet, ga sabaran. Wkwkwk

    BalasHapus
  76. Indihome sungguh internetnya Indonesia ya?

    karena gak hanya fokus profit tapi juga demi kemajuan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga memberi manfaat bagi semuanya ya, Ambu.

      Hapus
  77. sama mba di rumah juga udah lama pasang indihome karena pake kuota jatuhnya justru lebih mahal hehehe alhamdulilah adanya indihome membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu di, Mbak Herva. Hitung2annya ternyata memang demikian ya.

      Hapus
  78. Pasang indihome di rumah, itu emang jadinya biaya internet bulanan lebih murah dibandin pakai kuota paket data ya mbak. Walau biaya lebih murah, tapi koneksinya stabil, jadi walau di rumah tetap bisa berkarya tanpa batas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya berasa penghematannya, Mbak. Bisa untuk yang lain dananya.

      Hapus
  79. Mbak Niar chat dengan Ani. Apakah Kak Rhoma juga ada? Hihi...
    Aku masih mikir nih Mbak buat pakai Indihome. Soalnya di rumah yang pakai internet cuma aku dan si bungsu yang kelas 9. Kakaknya kan kos deket kampus. Mungkin pakai paket hematnya aja ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling hemat saja paketnya, Teh Eno. Coba ditanya2. Gak usah yang pake tivi dulu.

      Hapus
  80. Ada paketnya bisa jadi pilihan sih ini, karena memang kebutuhan internet jadi hal yang penting ya di masa kini. Apalagi satu rumah bisa kebagian semua juga internetnya

    BalasHapus
  81. Kebutuhan menuangkan pikiran dan konsep melalui tulisan bisa didukung dengan persediaan jaringan internet, IndiHome Telkom membantu pekerjaan menulis secara digital salah satunya berjalan dengan harapan

    BalasHapus
  82. Sambungan internet sekarang sudah jadi kebutuhan primer ya Mbak. Wajib ada karena akan mempengaruhi kegiatan semua anggota keluarga. Jadi kebayang bahwa kebutuhan-kebutuhan yang menyangkut kecepatan, kemudahan penggunaan dan biaya, masuk kedalam pertimbangan utama. Semoga semuanya menemukan solusinya di INDIHome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Ayuk, itu semua pertimbangannya. Dan memang jadi kebutuhan seisi rumah juga.

      Hapus
  83. setujuu bgt, internet cepat emang koentji. soalnya kalo ibu2 kayak aku gini kan waktu terbatas.. lha kalo internetnya tuh lemot, makin lama lagi kaan buat produksi konten

    BalasHapus
  84. Beruntung banget ada Indihome. Kita bisa berkarya tanpa batas lewat internet. Menjadi penulis blog, youtuber, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  85. IndiHome terbaik emang ya mbak..saya juga menggunakan IndiHome sebagai jaringan inet saya. menggunakan IndiHome melancarkan semua kegiatan

    BalasHapus
  86. Jadi kebutuhan semua anggota keluarga ya Mbak. Sulit lepas dar internet, memang. Dan memang enaknya ya sattu untuk sekeluarga kayak paket IndiHome ini

    BalasHapus
  87. Indihome sangat membantu aktivitas kita yang kebanyakan menggunakan internet

    BalasHapus
  88. Untuk kebutuhan internet banyak kepala memang lebih baik menggunakan wifi ya mbak. Jatuhnya lebih hemat daripada pakai paket data :)

    BalasHapus
  89. Sebagai pengguna Indihome 3P, aku merasa senang dengan layanan yang diberikan. Terutama untuk suami yang masih WFH dan anak2 yang PJJ serta aku yang bermedia sosial juga, sangat terbantu lho. Wifi di rumahku mayan kenceng jadi hemat deh ga usah pakai data :D

    BalasHapus
  90. Dengan langganan internet terbaik indihome, jaringan lancar tanpa masalah dan semua serumah bisa ikut merasakan kemudahannya.
    Semoga layanan Indihome selalu yang terbaik.

    BalasHapus
  91. Beneer banget mba, aku juga pake indihome ni di rumah. Semenjak pake indihome kerjaan lancar jaya dan bisa gunain sepuasnya tanpa batas cukup di rumah aja. Sukses ya anak bujang...

    BalasHapus
  92. indihome memang top, paket yg ditawarkan cukup beragam sehingga kita bisa memilih yg sesuai dengan kebutuhan dan budget

    BalasHapus
  93. yeaay, Mamak jadi lebih tenang ya sekarang kalau jadi Narsum/Moderator, ndak perlu ada pawang signalnya lagi ya hihihi.

    saya juga di rumah sejak pindah disini pakai IndiHome, memang betul-betul Internetnya orang Indonesia ini mah :)

    BalasHapus
  94. Sebagai guru yang selama pandemi ini mengajar daring, koneksi internet yang stabil itu penting banget untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Gak lucu kan pas lagi jelasin materi eh tiba2 nge-freeze gitu. Apalagi kalau nge-freezenya pas mulut mangap. Jadi malu deh.

    Di area rumahku Indihome jadi pilihan nomor satu koneksi internet fiber optik

    BalasHapus
  95. Dengan menggunakan indihome semua pekerjaan yg menggunakan internet lancar jaya tanpa batas

    BalasHapus
  96. Setuju banget Mbak Niar, ibu rumah tangga di rumah aja juga bisa berkarya maksimal ya. Salah satunya dengan memanfaatkan internet cepat dari Indihome. Aku banget ini. 😁

    BalasHapus
  97. Aktivitas saat ini memang lebih banyak dilakukan daring ya, Mba. Jadi harus menggunakan jaringan Internet yang super cepat. Setidaknya tidak mengganggu aktivitas saat online dengan tiba-tiba jaringan terputus.

    BalasHapus
  98. Aku banget sih ini, maunya anak bujang tu dirumah aja hahaha, nggak udah kemana mana. Ya mana bisa, apalagi udah dibekali motor ya mbak. Eh akupun kalau kerja harus menggunakan jaringan yang stabil. Pokoknya, andalan banget kalo make yang satu ini ☺️

    BalasHapus
  99. Sekarang nggak perlu khawatir lagi soal internet.
    Bersama jaringan internet yang stabil jadi lebih produktif, ya, menguntungkan banget buat konten kreator seperti kita.
    aku juga pake indihome di rumah...

    BalasHapus
  100. Aku baru aja kemarin pasang indihome, karena ulasan kek ginilah jadi tertarik buat pasang hha.. Apalagi pas pasang kemaren dapet diskon, sekarang jadi gak kawatir lagi kuota habis. Karena udah ada wifi dari indihome hhi

    BalasHapus
  101. Gak kebayang deh kalau aku sekarang masih mengandalkan paket data untuk kehidupan sehari-hari bakal habis berapa banyak. Sekarang semuanya serba daring, bahkan sejak sebelum pandemi aku sudah terbiasa memakai internet hampir 24 jam. Seperti streaming di platform musik atuapun video.

    Selama ini juga memakai indihome dan memang ngebantu banget sih wifi dari indihome ini. Bisa secepat itu, rumahku yang di kampung aja akhirnya bisa punya internet cepat karena indihome

    BalasHapus
  102. Kita hidup di era internet cepat. Orang luar negeri udah ngomongin 5G. Sayangnya masih ada daerah di Indonesia yang buat dapat sinyal 3G aja susah, bahkan masih ada yang blankspot.

    Bersyukurlah sekarang udah ada internet rumahan dari IndiHome. Cakupannya sudah sampai wilayah 3T. Sangat membantu pemberdayaan masyarakat kita di daerah.

    BalasHapus
  103. saat ini, segalanya memang memerlukan koneksi internet yang mumpuni ya. entah untuk keseharian maupun untuk mendukung dalam berkarya. kecepatan juga tak cukup, perlu adanya kepastiaan dukungan penanganan pelayanan jika sewaktu-waktu terjadi koneksi buruk, agar lekas kembali berjalan.

    BalasHapus
  104. IndiHome jadi salah satu solusi dari masalah internet yang seringkali unstable yaa mba. Saya belum pakai IndiHome namun sepertinya boleh juga nih dicoba mengingat kebutuhan internet di rumah hampir pentingnya dengan beras :') terimakasih untuk sharingnya ya mba :)

    BalasHapus
  105. saat sekarang, internet rasanya menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa tidak ya mba. Makin lancar, makin banyak kesempatan yang bisa kita nikmati meskipun di rumah

    BalasHapus
  106. Sekarang Internet sudah jadi kebutuhan sehari hari ya mbak. Semuanya pake internet. Untungnya ada Indihome yang bisa membantu melancarkan Internet di rumah

    BalasHapus