YouTap: Cara UMKM Naik Kelas dengan Digitalisasi

YouTap: Cara UMKM Naik Kelas dengan Digitalisasi – Sebenarnya tidak perlu ke mana-mana lagi saya kalau mau belanja untuk kebutuhan sehari-hari. Warung sebelah sudah lengkap sekali barang jualannya sampai isi kuota segala ada. Sembilan bahan pokok ada. Mie instan hingga cemilan pun ada, beraneka ragam pula cemilan yang dijualnya. Mulai dari kue tradisional seperti jalangkote hingga sirup dan es krim beberapa jenis. Kurang apa coba?

Kadang-kadang saya menyayangkan warung sebelah yang jaraknya hanya sepelemparan sandal itu belum melakukan digitalisasi. Misalnya antar barang, pelanggan boleh pesan melalui smartphone, atau pembayaran dengan QRIS. Memang dekat sih, mau jalan jongkok sampai sebelah juga bisa tapi kadang-kadang kan malas atau ada kendala kan. 

Youtap untuk UMKM

Seperti misalnya beberapa bulan lalu, kami berlima terkapar kena gejala
covid, di saat seperti itu penting sekali ada pertolongan fasilitas pesan-antar melalui aplikasi seluler. Kalau jaraknya tidak begitu dekat, rawan diantar 3 hari kemudian, seperti pengalaman saya dengan sebuah supermarket

Supermarket itu berjarak sekira 4 – 5 km dari rumah. Seharusnya pesanan saya tiba sehari setelah dipesan, eh sampainya 3 hari setelah dipesan. Kan bikin gondok! Nah, dalam pikiran saya, kalau jaraknya dekat seperti warung sebelah itu, lebih mudah proses pengantarannya. Lebih bisa dipantau juga kan sama yang punya warung, juga oleh saya sendiri.

Padahal di zaman sekarang sebenarnya sudah ada aplikasi yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan performanya dan pelayanannya. Youtap contohnya. Aplikasi ini menyediakan transaksi TTM (tanpa tatap muka) yang mana seller penggunanya dapat mengirimkan kode QR-nya kepada pembeli via aplikasi chatting sehingga pembeli dapat segera membayar dengan cara yang mudah serta aman.

Zaman now, meski masih masa pandemi, memulai usaha apapun itu jadi lebih mudah dengan adanya bermacam fitur lengkap Youtap POS. Mulai dari kasir digital, open bill, terima cash dan cashless, e-menu, pencatatan stok barang, hingga laporan semua penjualan ataupun pembayaran. Menarik, ya?

Jika kalian belum pernah mendengar tentang aplikasi POS ini, kalian sedang membaca tulisan yang tepat. Mari kita kulik fitur-fitur Youtap agar bisa mengenalnya lebih dekat!

Fitur Youtap

Registrasi Instan

Download gratis di Play Store, registrasi langsung maka seketika aplikasi point of sales ini bisa langsung dipergunakan.

Fitur Kasir

Mengelola serta mengontrol usaha menjadi semakin praktis dengan menggunakan cara point of sales digital secara mobile. Kalian bisa melakukannya dari mana saja dan kapan pun.

Pembayaran QRIS & Semua Cashless

Sudah update dong ya bahwa sekarang kita bisa menggunakan 1 QRIS saja. QRIS adalah penyatuan berbagai macam Quick Response Code yang berasal dari bermacam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Dengan satu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) melalui Youtap, pelaku UMKM bisa menerima pembayaran dari bermacam e-wallet dan m-banking. Asyik sekali, bisa belanja dari rumah menggunakan OVO, GoPay, atau aplikasi mbanking mana saja yang kita miliki.

Belanja Grosir Online


Analisa Pintar

Fitur keren Analisa Pintar ini memudahkan pelaku usaha untuk sewaktu-waktu mengecek laporan metode pembayaran, riwayat disertai grafik penjualan.

Kalkulator Digital

Masih butuh kalkulator dong ya. Nah dengan adanya kalkulator digital, kalian dipermudah untuk menghitung penjualan, kembalian, dan membuat tagihan secara manual, utamanya untuk pelanggan yang memiliki shopping list panjang.

Pembayaran Tunai

Semua pembayaran tunai secara otomatis tercatat di laporan penjualan harian. Hal ini meminimalkan risiko lupa mencatat secara konvensional.

Loyalty Terintegrasi

Sesekali perlu dong mencatat pelanggan yang loyal. Nah, melalui aplikasi kasir online kalian dimudahkan untuk membuat program loyalty untuk memanjakan pelanggan agar kepuasan para pelanggan dapat ditingkatkan sehingga mereka rela kembali untuk melakukan transaksi lagi di lain hari.

Multi Perangkat Terkoneksi

Selain kemampuan mengelola usaha terbantu, ada juga peluang mengembangkan usaha melalui fitur-fitur dari Multi Perangkat Terkoneksi.

E-Menu

Usaha kecil yang memiliki banyak jenis barang pun perlu memiliki buku menu digital (e-menu). Nah, aplikasi POS ini memungkinkan kalian memilikinya, terhubung dengan katalog produk di Tablet Usaha Youtap. Dengan membuat dan membagikan buku menu digital ini, proses pemesanan jadi lebih mudah dan aman secara daring.

Cetak Struk Sekali Tap

Bagi pembeli yang membutuhkan struk yang dicetak maka dengan Youtap hal ini mudah disediakan. Mencetak bukti pembayaran secepat kilat dilakukan, hanya dengan sekali tap dari Aplikasi Usaha dan Tablet Usaha Youtap.

Open Bill

Pernah mengalami menerima order dari konsumen yang dilakukan berkali-kali dalam sehari sehingga membuatmu mencetak struk berkali-kali? Nah, dengan aplikasi kasir online ini, kalian bisa mencetak struk cukup 1 kali saja untuk order yang berkali-kali itu. Lebih praktis rekap transaksi dalam satu struk, bukan?

Add On Produk

Dengan fitur Add On Produk dari Tablet Usaha Youtap, para pelaku usaha bisa dengan mudah menambah variasi produk-produknya.

Analisa produk

Jika secara konvensional kalian hanya menebak-nebak mana item produk yang paling diminati para pembeli maka dengan fitur Analisa Produk, secara pasti kalian bisa mengetahui produk-produk unggulan dan paling diminati untuk mengembangkan usahamu.

Riwayat Transaksi

Dengan tercatatnya semua transaksi penjualan maka menjadi lebih praktis melakukan pengecekan melalui riwayat transaksi Tablet Usaha Youtap.

Penyesuaian Harga dan Pajak

Mengatur harga melalui Multi Perangkat Terkoneksi menjadi mudah karena dapat diaplikasikan secara otomatis untuk penambahan pajak, biaya layanan atau potongan diskon.

Menarik bukan? Ternyata banyak sekali hal inovatif yang bisa dilakukan dengan aplikasi Youtap, belanja grosir online untuk memenuhi kebutuhan usaha (stok) juga bisa dilakukan pasokan barang yang akan dijual tersedia dalam jumlah yang memadai. Youtap menggandeng sejumlah mitra untuk memastikan belanja grosir online praktis, aman, dan nyaman.

Terbayangkan bukan, dengan aplikasi kasir digital ini, warung kecil bisa naik kelas dengan adanya digitalisasi. Peluang untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terbuka lebar, pun dengan peluang mengembangkan usaha.


33 komentar

  1. Keren nih aplikasinya, ngebantu banget buat UMKM, apalagi free bisa didonlot di playstore

    BalasHapus
  2. pakai aplikasi youtap ini bakal ngebantu banget buat para pedagang baik skala kecil sampai yang skala besar karena semua bisa dilakukan via satu aplikasi. yang punya bisnis UMKM juga harus tau info ini nih

    BalasHapus
  3. Jujur saya baru ngeh tentang aplikasi Youtap ini, bakalan membantu banget buat UMKM ya, keren deh sekarang banyak banget aplikasi-aplikasi yang mendukung UMKMbisa lebih maju :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ... beruntungnya hidup di zaman now ya, sayang jika tidak dimanfaatkan.

      Hapus
  4. Wah aplikasi ini membantu UMKM tentang laju cash flow nya ya dengan begini dapat meningkatkan baik segi produk maupun keuangan ya.

    BalasHapus
  5. sebaiknya sih si mbak "You"tap ini disounding ke koperasi UMKM ya
    jadi naik kelasnya bisa bareng

    pengalaman pake QRIS ke tukang rujak langganan aja udah hepi soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya bisa pake QRIS berbelanja di tukang rujak :D

      Hapus
  6. Dennise Sihombing30 Mei 2022 09.17

    Perlu banget nih para pelaku UMKM menggunakan aplikasi You Tap ini. Berbagai kemudahan didapatkan, tidak perlu ribet tinggal upload saja ya

    BalasHapus
  7. Umkm naik kelas dengan adanya aplikasi Youtap akan terasa perbedaanya. Naik kelas dengan Youtap.

    BalasHapus
  8. Makanya suka kasian juga sih liat warung sepi dan seadanya, jaman sekarang juga harus melek tehnologi, jangan mau gitu-gitu aja ya kak. Warung sayur depan komplek rumahku aja udah bisa antar online. Nah sekarang pun ada Kasir online, makin gampang bertransaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu contohmnya, warung sayur saja bisa ya .. tinggal kasih ongkos antar 1000 rupiah saja kalau dekat, buat ibu2 yang mager eh sibuk.

      Hapus
  9. layanan supermarket 3 hari? wah bikin jengkel ya?
    Jadi serba salah, karena saat pandemi langkah kita terbatas
    Untung ada Youtap yang membantu UMKM ya?
    Sehingga banyak UMKM bisa maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nyebelin kan, Ambu. Maunya dikonsumsi cepat malah nunggu lama.

      Hapus
  10. Aplikasi yang bisa membantu UMKM untuk berkembang lebih dan bisa masuk ke dunia digitalisasi. Dengan adanya aplikasi seperti ini harapannya, akan semakin memudahkan UMKM dalam mengembangkan usaha

    BalasHapus
  11. Aplikasi Youtap keren banget... Sangat membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya. Digitalisasi UMKM sangat penting demi kemajuan dan peningkatan kepuasan customer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget ya, apalagi sekarang hampir semua orng pake HP dan internet.

      Hapus
  12. Youtap kaya banget fiturnya ya mbak, tentu sangat membantu para UMKM, biar ga ribet dan bisa jadi hemat banyak hal seperti waktu dan tenaga.

    btw supermarket yang dimaksud berjarak sekira 4 – 5 km dari rumah tapi baru kirim pesanan 3 hari kemudian? Kok bisa mbak?
    Aku sering belanja di supermarket lewat aplikasi, biasanya untuk barang indent mereka kasih tahu, dan diinfo juga bakal kirim kalau udah datang. Kalau yang ready biasanya langsung antar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ngirimnya keesokan harinya, Mbak Rien tapi di ekspedisinya ini yang kebangetan. Bermasalah apa gitu ya sampai 3 hari baru dikirim. Untungnya gak ada makanan basah.

      Hapus
  13. Jaman sudah serba digital. Emang sudah seharusnya umkm mulai upgrade usahanya mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya dengan memanfaatkan Youtap ini.

    BalasHapus
  14. Punya usaha makin mudah ya mbak skr, ada apliasi kasir juga yang bisa bantu dari Youtap termasuk isa belanja stok untuk kebutuhan jualan juga

    BalasHapus
  15. Asik asiikk

    Beneran deh, kemajuan di dunia digital ini super membantu bgt terlebih utk penggiat UMKm ya mba

    Alhamdulillah ada Youtap yg mantaabb

    BalasHapus
  16. Karena memang UMKM harus semangat naik kelas, karena era digitalisasi saat ini, sehingga pangsa pasar pun meluas.

    BalasHapus
  17. semua mesti ikut perkembangan zaman ya supaya ga ketinggalan, termasuk digitalisasi warung. Karena opsi pembayaran cashless sudah tidak bisa dihindari lagi

    BalasHapus
  18. Ini app Youtap free selamanya, atau ada fitur yg emanv premium ya?

    BalasHapus
  19. Aplikasi ini bikin aku kepengen segera mewujudkan usaha deh. Segala hal yang bikin aku maju mundur, yakni soal pencatatan dan pembukuan usaha, ada di aplikasi ini. Praktis pula cara pakenya, ya.

    BalasHapus
  20. Yeaayy aku udh cobaaa kak, lumayan terbantu utk bikin catatan keuangan umkm pemula. Setidaknya ga sampai nunggu lupa utk membukukan pengeluaran.

    BalasHapus