Langsung ke konten utama

Cara Pasang Iklan Facebook

Cara Pasang Iklan Facebook – Masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali hal yang dikerjakan secara online termasuk dalam berbisnis, seperti dalam mempromosikan usaha yang dijalankan. Salah satu yang dipergunakan beriklan adalah Facebook.

Kemarin iklan Facebook menjadi perbincangan dengan keponakan – anak muda milenial yang senang bisnis dan memanfaatkan iklan di media sosial. Kata dia, coba saja, modal iklan sekian ratus ribu. Orang-orang yang butuh produknya akan menghubungi. Bisa tertutup modalnya bahkan mendulang keuntungan.


Cara pasang iklan di Facebook
Salah satu postingan di fan page.

Memang sih, Carajalani perhatikan, kalau tepat sasaran, beriklan di Facebook bisa mendatangkan “keuntungan”. Selama ini Carajalani sudah beberapa kali mencoba beriklan untuk mendatangkan pengunjung ke blog. Lumayan sih ya buat nambah-nambah trafik.

Perlu diingat, cara beriklan di Facebook itu, harus melalui fan page Facebook, ya, bukannya akun pribadi. Memang fan page itu Facebook diperuntukkan bagi kebutuhan bisnis.

Well, tak usah berpanjang-panjangan lagi, ini dia cara pasang iklan Facebook:

 

1. Klik tombol biru bertuliskan “Promosikan Postingan”.

Klik tombol biru bertuliskan “Promosikan Postingan” yang berada di bawah postingan kita di page Facebook. Setelah itu laman Promosikan Postingan akan membuka.

Cara pasang iklan di Facebook
Setelah klik "Promosikan Postingan", ini yang muncul

2. Atur detail dalam laman Promosikan Postingan.

Atur siapa saja yang kita inginkan melihat iklan tersebut. Usianya berapa, tinggal di mana, dan apa minatnya. Semakin spesifik semakin baik karena potensi kliknya juga semakin besar karena lewat di beranda orang-orang yang memang meminati topik atau barang/jasa yang kita promosikan.

Atur pula berapa rupiah yang ingin kita belanjakan untuk iklan itu. Di sini Carajalani hanya membelanjakan sebesar Rp. 30.000 selama 1 hari atau Rp. 60.000 selama 2 hari. Carajalani berpikir segitu sudah cukup, toh cara-cara lain juga dilakukan untuk mendatangkan pengunjung di blog.


Cara pasang iklan di Facebook
Tombol "Promosikan Postingan Sekarang" itu di-posting ketika
sudah beres semua, sudah diperiksa dengan teliti.

3. Isi data dengan teliti untuk iklan Facebook.

Mengapa perlu digarisbawahi “isi dengan teliti”? Karena salah mengisi bisa kebanyakan nominal yang diisi atau pengisian kurang akurat sehingga mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan. Pertimbangkan baik-baik jumlah uang yang dihabiskan, apakah layak tidak dengan hasilnya nanti.

Hasilnya akan bergantung dengan cara kita mengisi variabel-variabel yang ada. Jadi, penting melakukan riset terlebih dulu sebelum beriklan di Facebook. Kalau sampai ada kesalahan, kita bisa tenggelam dalam keruwetan.

Mengapa? Karena kalau belum familier, menu-menu di dalam Pusat Iklan Facebook terasa ruwet. Bisa bingung mengembalikan kepada keadaan sebelumnya. Jadi, usahakan untuk tidak membuat kesalahan dengan teliti mengerjakannya.


Cara beriklan di Facebook
Di sebelah kanan ada perkiraan hasil.

4. Klik tombol “Promosikan Postingan Sekarang”

Klik tombol biru bertuliskan “Promosikan Postingan Sekarang” di sudut kanan bawah. Jika sudah memiliki saldo, nanti akan dimunculkan isian untuk menuliskan nomor NPWP. Anda bisa menuliskan atau mengisinya. Setelah itu, done.


Cara pasang iklan di Facebook

Cara pasang iklan di Facebook

5. Tunggu Iklan Facebook Tayang

Nanti muncul pemberitahuan bahwa iklan kita sedang diproses atau dibuat. Juga akan ada pemberitahuan melalui email. Pemberitahuannya berupa proses yang berjalan dan setelah itu – ketika iklan ditayangkan.


Cara pasang iklan di Facebook

Berapa lama tayangnya?

Waktu tunggu tayang bisa saja hanya sekira sejam, bisa juga selama beberapa jam. Jika saldo sudah terisi, hanya sebentar saja iklan kita bisa tayang. Namun jika belum ada saldo, harus masukkan saldo dulu.


Cara pasang iklan di Facebook

Nah, mengenai bagaimana memasukkan saldo Facebook, rencananya akan dimasukkan ke tulisan berikutnya. Ada kabar baik, sekarang sudah bisa isi saldo dengan melakukan transfer melalui aplikasi OVO. Makin simple, ya?

In syaa Allah nanti akan dituliskan ya. Wish me healthy.

Makassar, 18 September 2020

Komentar

  1. Akh makasih infonya ya kak pun belum pakai rasanya buat yang bisnis tawaran menarik ya

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya mba..sebagai orang yg awam tentang bisnis di FB ini sangat bermanfaat buatku..

    BalasHapus
  3. Aku juga diajarin sama teh Nchie niih....mengenai iklan.
    Tapi kemarin di IG.
    Seberapa efektif yaa, kak Niar...iklan di FB atau di IG untuk sebuah postingan tulisan?
    Akankan berefek besar terhadap PV?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efektif, lumayan, Mbak Len. Asalkan memang tepat sasaran, kita setting targetnya pas yang punya minat sama postingan kita sama budget-nya juga pas. Facebook-nya membantu mengarahkan ke Facebooker yang sesuai.

      Hapus
  4. Sangat membantu mbak, kebetulan aku juga blm pernah pasang iklan di Facebook. Tapi kedepannya kan gak ada yg tau ya. Makasih banget nih udah share caranya. Aku save yahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Bisa jadi nanti butuh. Terima kasih.

      Hapus
  5. Wah naik ya sekarang harga promo iklan per hari, aku pernah beberapa kali coba tapi kurang maksimal. Entah dimana keliru nya. Tapi bagi sebagian orang cukup berhasil dan sesuai ekspektasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pas nge-set-nya, Mbak. Kudu coba-coba dulu memang pakai budget dan berapa harinya tapi kata Facebook, paling kurang 4 hari seingat saya.

      Hapus
  6. Wah ngebantu banget nih kak buat yang pengen pasang iklan di Facebook. Ternyata mudah ya...dan relatif terjangkau lah tarifnya...

    BalasHapus
  7. Aku lagi pengen banget bun belajar ngiklan di facebook a
    alhamdulillah nemu ini, mau pelajarin lebih detail ah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit -  Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, menggunakan masker jika terpaka harus keluar rumah adalah kewajiban. Apalagi untuk wilayah atau kota-kota yang sedang menjalani masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti Makassar.

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19 -  “Jangan mati sekarang” – ungkapan itu lebih berarti kepada anjuran untuk menjaga kesehatan sebaik-baiknya, bukan larangan untuk mati saat ini. Pasalnya, musibah kematian di masa pandemi Covid-19 akibat virus Corona ini meninggalkan cerita duka yang jauh lebih dalam.

4 Cara Agar Suami Tenang Berbelanja

Pada  jaman now, menjalani masa pandemi ini membutuhkan kerja sama yang solid antara suami dan istri. Ketika masa ini, bukan lagi hal yang tabu jika suami berbelanja dan banyak suami yang ikhlas keluar rumah untuk berbelanja maka diperlukan cara agar suami tenang berbelanja.