Langsung ke konten utama

Tips Memasak Ayam Cara Lawas

Tips Memasak Ayam Cara LawasYang sebaya dengan Carajalani kemungkinan besar tahu majalah Kartini. Ibunda dulu pembaca majalah Kartini. Isinya seputar hal-hal yang dibutuhkan oleh perempuan di masa itu. Tentang isu selebriti ada tetapi tidak seperti infotainment yang mengumbar kejelekan si artis. Ada pula tips memasak yang dikirim oleh para pembaca.

Beragam informasi bisa diperoleh juga hiburan hingga resep masakan. Informasinya berasal dari tim redaksi, juga berasal dari para pembaca setia majalah Kartini dari seantero Indonesia.

Bukan hanya tentang tips memasak yang dikirimkan oleh para pembaca. Sebuah rubrik bernama ADUHAI berisi aneka pengetahuan dan pengalaman praktis para pembaca setia majalah Kartini. Saat itu, agar bisa dimuat di majalah kartini, para pembaca setia harus menulis atau mengetikkan ide/usulannya kemudian mengrimkannya via pos.

Tips memasak ayam
Sumber gambar Pixabay.com.

Kali ini Carajalani akan membagikan beberapa tips memasak ayam yang pernah dimuat di majalah Kartini kemudian dibukukan menjadi buku berjudul ADUHAI 6: Pengetahuan dan Pengalaman Praktis Pembaca Kartini yang terbit tahun 1997. Buku ini Carajalani dapatkan di penjual buku bekas pada awal tahun 2000-an.

Tips Memilih Ayam Sehat


Memilih ayam yang sehat bisa diketahui dari warna jengger di kepalanya. Jika jengger ayam berwarna merah segar maka berarti ayam tersebut sehat. Sebaliknya, jika warnanya merah kebiru-biruan maka ayam tersebut sakit atau kurang sehat. Tips ini dikirimkan oleh Ny. Jandra di Denpasar.

Tips Memasak Daging Ayam yang Empuk


Ibu Sri Ernawati di Malang membagikan resep dengan menggunakan buah pepaya yang masih muda. Buah pepaya dimasukkan bersamaan dengan daging ayam ke dalam air mendidih. Rendam selama kira-kira 10 menit

Tips Agar Daging Ayam Kampung Empuk


Meskipun yang akan dimasak seekor ayam kampung yang sudah tua, menurut Bu Sri Khomaryati dari Solo, hal ini bisa dilakukan dengan tips yang dibagikannya. Caranya adalah setelah bulu ayam dicabuti, gosoklah ayam tersebut dengan daun pepaya yang sudah dicuci bersih. Setelah itu bersihkan lagi daging ayamnya dengan mencucinya lalu masaklah.

Agar Ayam Broiler Terasa Lebih Enak


Sebagian orang mengatakan ayam broiler lebih amis aroma dagingnya karena mengandung air dan lemak lebih banyak. Ibu Indah Pratiwi di Jakarta membagikan tips-nya agar ayam broiler yang dimasak terasa lebih enak.

Caranya adalah setelah ayam dipotong, berikan 1 sendok makan cuka dan perasan jeruk nipis. Aduk ayam sehingga cuka dan perasan jeruk nipis menyatu dengan merata di sekujur daging ayam yang hendak diolah.

Diamkan kira-kira selama setengah jam. Setelah itu cuci ayam hingga bersih. Nah, daging ayam siap diolah sesuai kebutuhan kita.

Semoga menuliskan kembali tips ini bisa membantu ibu-ibu yang sedang mencari solusi atau yang membutuhkan tips di atas untuk memasak resep masakan ayam favoritnya. Selamat mencoba.

Komentar

  1. Kalau aku juga suka diungkep or dimarinate dulu ayam ya mba. Slow cooking dengan bumbu masak yang swgaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya pun tahunya mengungkep, Mbak Indah. Orang jaman dulu rupanya punya cara lain selain mengungkep :)

      Hapus
  2. Aku masak ayam kalau lagi niat bikin bumbu sendiri, kadang sampai kuparutin lengkuas biar enak. Tapi kalau mau cepat dan lagi malas, aku beli bumbunya aja langsung ke tukang sayur, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak hihi. Yang penting hati senang. 😍

      Hapus
  3. Pantesan suami saya mengeluh masakan ayam oleh saya itu bau jeruk nipis. Ternyata setelah ayam dilumuri jeruk nipis itu, masih harus dicuci dulu tho? Hahahaa... Oke deh, makasih ya.. Saya perbaiki..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit -  Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, menggunakan masker jika terpaka harus keluar rumah adalah kewajiban. Apalagi untuk wilayah atau kota-kota yang sedang menjalani masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti Makassar.

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19 -  “Jangan mati sekarang” – ungkapan itu lebih berarti kepada anjuran untuk menjaga kesehatan sebaik-baiknya, bukan larangan untuk mati saat ini. Pasalnya, musibah kematian di masa pandemi Covid-19 akibat virus Corona ini meninggalkan cerita duka yang jauh lebih dalam.

4 Cara Agar Suami Tenang Berbelanja

Pada  jaman now, menjalani masa pandemi ini membutuhkan kerja sama yang solid antara suami dan istri. Ketika masa ini, bukan lagi hal yang tabu jika suami berbelanja dan banyak suami yang ikhlas keluar rumah untuk berbelanja maka diperlukan cara agar suami tenang berbelanja.