Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG, Cara Sehat Baru dari Kobe

Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG, Cara Sehat Baru dari Kobe – Siapa nih bunda yang merasakan dinamisnya meladeni anak makan? Mungkin semua bunda, ya? Menghadapi anak picky eater, anak yang tidak pemilih makanan tetapi sedang tidak mau makan makanan yang disiapkan dengan resep masakan sendiri yang sudah dimodifikasi, dan berbagai hal biasanya mewarnai waktu-waktu sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam. Tak terkecuali saya.

resep masakan sehat


Anak tengah picky eater, satu-satunya perempuan dia. Sebenarnya sekarang sudah lebih berkembang  baik keinginannya dalam memakan aneka jenis lauk hanya saja tidak seperti dua saudara laki-lakinya. Kakak dan adik laki-lakinya alhamdulillah tidak rewel lagi untuk urusan makan.

Dua anak laki-laki saya sudah sangat berkompromi dengan apa yang saya hidangkan sehari-hari. Tinggal si anak gadis ini yang kadang-kadang masih kukuh, memilih tidak makan jika tidak menyukai apa yang dihidangkan.

Untungnya ada jenis-jenis makanan yang disukai semua anak saya. Salah satunya adalah makanan yang bahan bakunya telur ayam. Telur mata sapi dan telur dadar sudah hampir pasti tak tertolakkan. Hanya saja harus tahu anak yang mana sukanya telur mata sapi dengan kuning telur encer dan anak yang mana yang menolah kuning telur encer. 😅

Beberapa kali terjadi, lauk tanpa telur sudah ada namun si bungsu terdengar sibuk dengan bunyi kompor yang dinyalakan dan suara alat masak beradu di dapur. Ketika saya tanya dia sedang apa, dijawabnya sedang masak telur mata sapi. Jika saya bilang ada lauk lain – misalnya tempe maka dia akan berdalih bakal makan tempe dengan telur. Ada-ada saja.

Oleh karenanya saya mengupayakan memasak telur dengan berbagai cara. Ada yang dimasak dengan campuran sayuran dan bumbu, kadang-kadang saya masukkan tahu atau mi telur sebagai tambahannya juga. Tak jarang pula saya mencampur telur plus bahan-bahan lain dengan tepung bumbu yang dibeli di minimarket ataupun warung sebelah.

Bahkan pernah juga telur hanya ditambahkan tepung bumbu lalu dimasak telur dadar. Begini saja enak, apalagi dengan bermacam tambahan bahan lainnya. Anak-anak menerima dengan sukacita, tanpa protes ketika disajikan telur dadar yang di dalamnya ada campuran tepung bumbu instan. Kalau kalian belum pernah coba, coba deh sekali-sekali.

 

KOBE, Cara Menikmati Kelezatan

 

Kobe Tepung Bumbu Serbaguna


Tepung bumbu KOBE merupakan tepung bumbu andalan yang sering kali saya beli untuk melengkapi sajian lauk-pauk di rumah kami. Tepung Kobe ini sudah saya kenal sejak masih kecil – seingat saya tahuh 1980-an. Kala itu, tante yang tinggal bersama kami sesekali memasak ayam goreng tepung menggunakan tepung bumbu Kobe. Dengan tepung ajaib ini, resep masakan ayam goreng di rumah kami tak monoton lagi karena ada variasi rasa yang lezat.

Yes, KOBE memang sudah “sesenior” itu. Brand inilah tepung bumbu pertama di Indonesia, berasal dari industri rumahan di Semarang yang berdiri tahun 1979. Founder-nya bernama Hestia Utomo & Sarwo Utomo. Keren ya, usianya sudah 43 tahun dan masih bertahan hingga kini, masih menjadi yang terbaik pula dengan beragam inovasinya.

Luar biasanya, Kobe terus berinovasi dengan aneka varian produknya. Selain tepung bumbu aneka macam, BonCabe berbagai level kepedasan menjadi salah satu yang banyak orang gemari. Saya mengenal BonCabe dari anak sulung saya.

Kalau kalian ke minimarket terdekat dan melongok ke rak tepung bumbu, niscaya bakal mendapati merek Kobe ini dengan aneka varian tepungnya. Salah satunya adalah Kobe Tepung Bumbu Putih dan yang teranyar adalah Kobe Tepung Serbaguna Premium yang merupakan tepung bumbu instan tanpa bahan MSG dan bervitamin pertama di Indonesia!

tepung kobe

Kobe Tepung Serbaguna Premium ini juga mengandung berbagai vitamin untuk pemenuhan kelengkapan nutrisi buah hati, di antaranya vitamin B2, B9, zat besi, zink, dan kalsium. Tepung penghasil rasa renyah ini menjadikan masakan lauk sehari-hari di rumah menjadi spesial, terserah ingin masak ayam atau masakan telur.

Oya, mengikuti kemajuan dunia teknologi informasi dan komunikasi, Kobe kini memiliki website-website dan akun-akun resmi media sosial dan e-commerce. Excited-nya saya, salah satu website yang dimiliki Kobe adalah www.dapurkobe.co.id yang memuat aneka macam resep masakan lauk sehari-hari.

 

3 Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

 

Bagi para bunda yang selalu mengupayakan pola hidup sehat bisa pula mendapatkan Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG melalui website Dapurkobe ini. Ada sejumlah resep yang bisa bunda praktikkan di website ini, tiga di antaranya 3 resep masak ayam sebagai berikut:

1. Ayam Goreng Non MSG

Bahan Ayam Goreng Non MSG

  1. ½ ekor ayam potong 4 bagian.
  2. 100 ml air.
  3. 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr).
  4. Minyak goreng secukupnya.

tanpa MSG

Cara Memasak Ayam Goreng Non MSG

  1. Ayam yang sudah dipotong dicuci bersih dan direndam dalam air.
  2. Panaskan minyak goreng dalam penggorengan. Ambil ayam dalam air lalu balur dengan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium. Cubit-cubit ringan.
  3. Goreng ayam tersebut dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.
  4. Angkat lalu tiriskan. Ayam goreng non MSG siap disajikan.

2. Ayam Kunyit Crispy

Bahan Ayam Kunyit Crispy

  1. 1/2 ekor ayam (potong 6).
  2. 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr).
  3. 350 ml air.
  4. 1/3 sdm kunyit bubuk.
  5. Minyak goreng secukupnya.

cinta tanpa micin

Cara Membuat Ayam Kunyit Crispy

  1. Rendam potongan-potongan ayam dalam air.
  2. Siapkan wadah lalu campurkan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan bubuk kunyit. Aduk rata.
  3. Lumuri ayam yang sudah disiapkan tadi ke dalam tepung kering hingga terbalur rata. Cubit-cubit dengan ujung jari.
  4. Goreng ayam dalam rendaman minyak goreng panas dengan api sedang hingga warnanya kuning kecoklatan.
  5. Angkat dan sajikan.

3. Ayam Goreng Buttermilk

Bahan Ayam Goreng Buttermilk

  1. ½ ekor ayam, potong-potong jadi 6 bagian.
  2. 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)
  3. 120 ml susu cair.
  4. ½ sdm cuka atau 2 slice potongan jeruk lemon.
  5. Minyak goreng secukupnya

kobe tepung bumbu

Cara Masak Ayam Goreng Buttermilk

  1. Ambil wadah lalu rendam ayam dengan susu yang sudah dicampur dengan cuka atau air jeruk lemon selama 2 jam.
  2. Panaskan minyak goreng dan kecilkan api. Ambil ayam dalam rendaman campuran susu dan cuka atau air jeruk lemon tadi, gulirkan ke tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium hingga terbungkus lalu cubit-cubit.
  3. Goreng ayam hingga warnanya kuning kecoklatan.
  4. Angkat lalu tiriskan untuk disajikan.

Muda ya, Bunda? Dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang terbuat dari rempah asli pilihan beraroma gurih khas bawang putih yang diproses secara modern ini citarasa gorengan “cinta tanpa micin” menjadi lebih lezat berbumbu dengan tekstur yang renyah dan aroma yang bikin nagih.

Praktis deh digunakan untuk membuat masakan sehari-hari karena cocok untuk membuat aneka kreasi gorengan dari ayam, telur, hidangan laut, tahu, tempe, dan lain-lain. Saya sudah nyetok nih, belinya di minimarket dekat rumah. Varian tepung Kobe ini sudah bisa diperoleh di supermarket dan minimarket di sekitar kita. Jika belum menemukannya, bisa beli online di official store Kobe di Shopee dan Tokopedia.


3 komentar

  1. Wah Kobe tanpa MSG ya baru tahu nih...kami cocok pakai tepung Kobe rasanya enak dan gurih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakal makin sering kepake tepung yang ini Mbak Ida ... karena non MSG :)

      Hapus
  2. wahh keren yaa kobe ini. Nanti mau beli Kobe Tepung Serbaguna Premium ahh, kebetulan lagi ada ayam di freezer, mau bikin ayam goreng tepung juga

    BalasHapus