5 Cara Belajar Ala Blogger Masa Kini

5 Cara Belajar Ala Blogger Masa Kini Blogger adalah pilihan profesi atau aktivitas yang menunjukkan bahwa dia merupakan manusia pembelajar. Seseorang yang sudah memutuskan menjadi blogger pasti memahami bahwa dirinya harus belajar banyak hal sebelum memutuskan hal tersebut. Minimal mempelajari bagaimana cara pindah dari blog gratisan ke blog berdomain sendiri, lalu memutuskan apakah akan menyewa hosting atau tidak.

Blogger belajar

Syarat pertama ingin menjadi personal blogger yang memiliki blog pribadi adalah cinta menulis. Sejumlah orang ikut-ikutan menjadi blogger karena melihat adanya peluang solusi berkarya tanpa batas dari rumah. Namun demikian bukan cinta menulis tanpa pengetahuan. Pengetahuan tidak boleh stuck di situ-situ saja. Ada blogger yang di zaman sekolah nilai bahasa Indonesianya 6 namun dia menyadari kemampuannya dan terus belajar, seperti meningkatkan kemampuan ejaan bahasa Indonesianya. Alhasil sekarang dirinya berhasil menyabet berbagai kemenangan dalam kompetisi-kompetisi blog.

Blogger zaman now dituntut untuk belajar banyak hal. Terlebih banyaknya blogger baru bermunculan dan mereka memiliki kemampuan grafis yang mumpuni. Bikin keder kalau si pendatang baru juga memiliki kemampuan search engine optimization yang apik sehingga postingan-postingannya rajin nangkring di page pertama pencarian Google.

Singkat kata, blogger (dalam bahasa Indonesia diistilahkan bloger – dengan satu huruf G atau “narablog”) perlu menemukan cara belajar ala dirinya agar tak kalah pamor dengan bloger-bloger lain.

Tak kalah pamor demi apa? Bukan sekadar prestise. Prestise ada di urutan kesekian atau di urutan buntut. Yang paling utama adalah agar bisa memberikan yang terbaik bagi pembacanya. Niat baik dulu, jangan buru-buru ingin menjadikan blog sebagai mesin uang pasif.

Pengalaman dan pengamatan memperlihatkan, narablog yang mempraktikkan slogan content is king, selama dia konsisten menulis dan menghasilkan konten-konten yang berkualitas bagus maka posisi tulisan-tulisannya di Google search engine bisa bersaing. Apatah lagi jika dia secara bertahap menerapkan search engine optimization (SEO) dalam tulisan-tulisannya – bakal sering-sering tembus page one.


Search engine optimization

Ingin tahu bagaimana cara belajar blogger profesional saat ini? Begini:

 

1. Banyak membaca.

Saat ini banyak sekali bahan bacaan terkait ilmu blogging yang beredar di internet. Dengan keywords yang tepat, kita bisa mengumpulkan banyak tulisan terkait blogging dan menerapkannya step by step.

2. Bergabung dengan komunitas blogger.

Dengan bergabung dengan komunitas-komunitas blogger, kita berkesempatan belajar melalui event ataupun kelas yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitas itu. Ada yang berlangsung offline, ada pula yang diselenggarakan secara online.

3. Join di situs belajar.

Sekarang ada sejumlah platform yang berfokus pada edukasi softskill maupun hardskill. Dengan mendaftarkan diri sebagai member dari platform itu, kita bisa mempelajari banyak hal seperti public speaking yang kelak bisa dipergunakan untuk menunjang kemampuan sebagai narablog ataupun keterampilan lain seperti SEO, menulis kreatif, dan sebagainya.

4. Bertanya pada mastah.

Di kalangan bloger ada sejumlah orang yang dikenal sebagai mastah yang humble dan rajin membagikan pengetahuannya. Perhatikan yang mana yang bisa didekati dan ditanya secara pribadi, serta tak pelit ilmu. Tentunya butuh proses ya, jangan ujug-ujug bertanya tanpa pendekatan yang signifikan.

5. Belajar pada mereka yang khusus menulis tentang SEO atau website/blog.

Kalau rajin membaca, berselancar di internet, dan bergaul di komunitas, kalian pasti akan mengetahui blog-blog mana saja yang sering membagikan pengetahuan terkait search engine optimization atau pengetahuan-pengetahuan lain yang dimiliki penulisnya. Salah satunya adalah jokowa.id (Joko Warino Blog). Blognya membahas banyak hal menarik dan bermanfaat bagi bloger, di antaranya dimuat dalam tulisan-tulisan berjudul 9+ Kriteria Desain Website SEO Friendly untuk Anda Manfaatkan, 5+ Tips Membuat Struktur Website SEO Friendly, dan 11+ Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Berkualitas.

Well, kenyataan menunjukkan bahwa orang yang begitu-begitu saja tidak akan mengalami kemajuan yang berarti dalam kehidupannya. Hal ini terjadi dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia blogging. Maka jika ingin menghasilkan sesuatu dari dunia ini, kemauan belajar terus-menerus menjadi jalan yang memungkinkan impian terwujud. Berkacalah pada mereka yang sudah sukses duluan. Mereka semua juga mulai dari nol seperti kita dan mereka tidak berhenti belajar.

0 komentar