Cara Embed Podcast ke Blog

Cara embed Podcast ke blog perlu juga diketahui seorang bloger jika ingin blognya kaya dengan aneka tampilan. Dengan konten tambahan seperti gambar, video dari YouTube, dan suara, sebuah postingan menjadi lebih berwarna dan lebih menarik perhatian.

Bukannya buat gaya-gayaan, Carajalani juga mencoba mempelajari cara upload Podcast di Spotify. Sebelumnya tentunya mempelajari dulu aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Podcast secara sederhana.

Perlengkapan podcast

Bukannya mau bikin Podcast ala ustaz terkenal seperti Ustaz Das’ad Latif atau ala selebriti seperti Dedy Corbuzier. No. Mempelajari hal-hal baru yang bisa digabungkan dengan dunia blog itu menarik, tidak ada salahnya mempelajarinya, siapa tahu nanti bisa serius merambah ke dunia Podcast dengan lebih profesional atau ada peluang rezeki di sana kan.

Siapa tahu sepuluh tahun ke depan sebutan blogger dan podcaster bisa sama-sama dilakoni. Mimpi duluuu wkwkwk. Namanya mulai belajar kan tidak ada salahnya ya daripada nanti, dua tahun ke depan baru mau belajar, baru mulai dari awal.

Kalau belajarnya dari sekarang-sekarang ini kan nantinya lebih santai belajarnya bisa meningkat dan makin naik level pembelajarannya, bisa berkarya dan mengasah kreativitas juga. Sekalian sambil belajar mengisi akun Podcast pelan-pelan. Kurang lebih seperti blog ini. Mulai dibuat tahun lalu, beli domain dan mengisinya pelan-pelan. Lama-kelamaan bisalah blog ini pelan-pelan mengiringi blog utama yang www.mugniar.com.


HTML view mode
HTML view mode.

Carajalani perhatikan, cara menyisipkan Podcast ke postingan blog tidak selalu sama. Dalam artian, seiring perkembangan teknologi, ada perkembangan dalam melakukannya. Untuk tahun 2021 ini, cara embedding-nya lebih mudah. Bisa jadi ke depannya, setahun atau 5 tahun ke depan ada perkembangan lain lagi yang lebih memudahkan bloger.

Sebelumnya, Carajalani sudah mengetahui cara membuat Podcast di Anchor. Menggunakan aplikasi Anchor untuk merekam dan mengunggah postingan suara. Nantinya dikoneksikan dengan Spotify. So, langsung saja ya, begini cara embed Podcast ke blog:

  1. Buka dasbor blog, khusus bagian HTML View, bukan Compose View. Oya, Carajalani menggunakan platform Blogspot, ya.
  2. Buka aplikasi Spotify web based lalu masuk ke akun Spotify-mu melalui komputer (laptop atau desktop).
  3. Pilih episode Podcast yang ingin disisipkan ke dalam blog. Klik 3 titik di sebelah ikon play (tanda segitiga). Nanti muncul pilihan: Tambahkan ke Antrean, Tambah ke Playlist, Share, dan Buka di Aplikasi Desktop.
  4. Pilih Share. Hanya ada 2 opsi: Salin Tautan Episode dan Salin Kode Tertanam. Nah, klik Salin Kode Tertanam. Pastikan muncul tulisan “Tautan disalin ke papan klip”.

Cara upload podcast di Spotify
Salin Kode Tertanam dari website Spotify.

Nah, kode yang akan disematkan sudah diperoleh. Terakhir, sematkan (paste) ke dasbor blog, di dalam HTML Mode yang sudah dibuka. Atur ukuran layar Podcast sesuai dengan ukuran template blog. Jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Kalau besar bisa dipotong, kalau kecil masak mau ditambal? Eh, memangnya baju. 😁

Mudah kan cara embed Podcast ke blog? Selanjutnya masih ingin belajar banyak lagi. Sebenarnya sudah pernah belajar dan praktik cara membuat Podcast di Instagram tapi sayangnya lupa dituliskan secara detail. Padahal sudah pernah bikin Podcast dan diikutsertakan lomba. Semoga kapan-kapan masih bisa menggali ingatan untuk menuliskannya di blog Carajalani ini.

Makassar, 18 April 2021

  

0 komentar