Cara Redirect dari Blogspot ke Dot Com

Cara Redirect dari Blogspot ke Dot Com – Domain Carajalani dot com ini baru seumur jagung. Domain yang dibeli dialihkan dari carajalani.blogspot.com ke top level domain (TLD) dot com melalui Dracoola.com. Mulanya sempat terpikir membeli domain yang lain tetapi kawan yang ditempat berkonsultasi mengatakan sebaiknya dot com saja karena untuk monetize lebih mantap.

Cara membeli domain di Dracoola dot com, mulanya masuk dulu ke website Dracoola lalu login. Kalau belum punya akun, sebaiknya sign up dulu. Setelah login, barulah kita mengecek apakah nama domain yang diinginkan sudah tersedia atau tidak.


Tersedia di sini maksudnya adalah belum ada yang menggunakan. Jika hasil pencarian menampakkan tanda tidak tersedia berarti sudah ada yang menggunakan nama domain tersebut. Nama domain yang kita inginkan haruslah benar-benar unik, tak ada yang menyamainya.

Syukurnya, nama domain Carajalani.com belum ada yang menggunakan jadi saya bisa membelinya langsung. Cara pembeliannya adalah dengan mengikuti tata cara yang ada di dalam website Dracoola.com. Jika Anda menggunakan penyedia domain lain maka ikuti saja tata cara yang ada pada penyedia domain tersebut.

Melalui Dracoola.com, proses pembelian domain berlangsung dengan sangat cepat. Meski membelinya pada hari Ahad, hanya 5 menit proses pembelian berlangsung karena transfer dananya melalui mbanking. Masing-masing penyedia domain punya cara untuk transfer dananya, bisa dipilih salah satunya.

Verifikasi nama domain.

Tak berapa lama, muncul email untuk verifikasi nama yang dibeli agar terdaftar RAA (Registrar Accreditation Agreement) Whois Accuracy Program. Tinggal klik tombol yang diminta maka kepemilikan domain selama satu tahun sudah menjadi hak Carajalani.com dan tidak ada yang boleh menggunakannya.

Oya, jangan lupa berkirim pesan (entah itu berupa email atau pada aplikasi chatting) bahwa Anda ingin redirect (mengalihkan) low level domain (LLD) Blogspot.com milik Anda ke TLD yang baru dibeli. Mintalah penyedia domain untuk menuntun Anda. Dracoola.com memberikan tuntunan dengan cepat berupa gambar yang menunjukkan informasi yang harus diberikan yang menunjukkan Cname unik pada akun Blogspot. CNAME record adalah nama alias untuk sebuah alamat website tertentu.

Cname unik.

Nah, Cname unik ini bisa dilihat dari dasbor. Tempatnya ada di bagian SETTING >> BASIC. Di bagian tersebut, lihat di bawah PUBLISHING, ada keterangan mengenai THIRD PARTY DOMAIN SYSTEM (sistem domain pihak ketiga). Klik. Akan muncul 2 Cname unik. Itulah yang diberikan kepada pihak penyedia domain.

Jika kedua Cname unik sudah diberikan maka pihak penyedia akan melakukan penyetelan untuk Anda. Lalu Anda diminta untuk melakukan SAVE atau PUBLISH dengan cara menekan tombol yang tersedia di bagian tersebut. Setelah itu, domain baru langsung bisa dipergunakan. Secepat dan semudah itu, lho cara redirect Blogspot ke Dot Com atau domain yang top level yang kita inginkan. Selamat mencoba!



0 komentar