Ibu Adalah Pulang, Sebagaimana Rumah dan Olymplast

Ibu Adalah Pulang, Sebagaimana Rumah dan OlymplastTak ada lagi kedamaian dirasakan Fina (bukan nama sebenarnya) di rumahnya sepulang sekolah. Rumah, tempatnya bernaung bersama ibu dan saudara-saudaranya tidak lagi nyaman ditempati. Entah mengapa ibundanya memusuhinya dan berharap dia pergi dari rumah itu.

Olymplast dan Ibu adalah Rumah

Apa salahnya dia berkata jujur pada ayah kandungnya tentang suami baru ibunya yang telah melecehkannya secara seksual? Wajar kan jika ayahnya marah besar mendengar kisahnya?

 

Ketika Ibu Bukan Sosok yang Diharapkan

 

Dirinya masih remaja, masih butuh kasih sayang ibunda tetapi ibunda makin jauh sejak sebelumnya yang tak pernah dekat meskipun mereka serumah. Apakah masa-masa di pesantren dulu menjauhkannya dari ibunda? Entahlah, bisa jadi.

Yang jelas, semakin lama ibunya semakin membencinya. Kata Ibu, dirinya penyebab Ayah berubah, lalu ayah pergi dengan perempuan lain. Kata Ibu, dirinya pembawa sial, termasuk membuat si ibu berpisah dari suami keduanya, di saat manisnya masa pengantin baru belum lagi usai terkecap manisnya.

Tapi membela diri kan tidak salah? Mencari keadilan untuk dirinya sendiri kan bukan sesuatu yang nista? Justru lelaki itulah yang nista!

Lalu di mana seharusnya rumah yang nyaman untuk dirinya mereguk kasih sayang?

Lain pula kisah Ningrum. Setiap hari jiwa dan raganya ada di rumah. Semua kebutuhan fisik tercukupi. Terlihat orang tua menyayanginya, sebagaimana yang diucapkan ibundanya. Tetapi hari-harinya ditemani ketakutan dan kegelisahan.

Takut akan membuat marah ibunda karena hal-hal sepele sekali pun karena dirinya sudah kenyang menerima amarah sehingga pernah hampir melewati batas kewarasan saking depresinya. Entah apa namanya yang terjadi pada ibundanya. Sekilas memang terlihat menyayangi tetapi dalam keseharian, Ningrum tak merasa dirinya disayangi.

Dahulu dirinya sering berimajinasi, bertukar ibu dengan teman-temannya. Dia iri melihat keakraban teman-temannya dengan ibu mereka. Melihat mereka tertawa lepas dan bercanda bersama. Dia iri karena merasa lupa, kapan terakhir kalinya bisa bercanda dan tertawa lepas seperti bersama ibundanya?

Sama seperti Fina, Ningrum juga kerap bertanya-tanya, di manakah rumah yang nyaman yang bisa memberikannya naungan bagi jiwanya? Rumah tempatnya raga dan jiwanya pulang beristirahat tanpa kecemasan dan ketakutan?

 

Ibu Adalah Pulang Bagi Keluarganya

 

Tak dipungkiri, seorang ibu memegang peran penting dalam menjadikan rumahnya sebagai tempat pulang yang menyenangkan bagi buah hatinya. Pun bagi pasangan hidupnya. Coba bayangkan rumah macam apa yang didapati seorang suami sepulang kantor yang kerap dicemburui buta tengah berselingkuh padahal tak ada perselingkuhan sama sekali?

Seperti apa nyamannya rumah bagi suami yang aplikasi Whatsapp-nya selalu disatroni istri yang curiga dia ada main dengan perempuan lain padahal tak pernah ada cerita demikian? Atau seperti apa rasanya tinggal di rumah yang dirinya bahkan tak bisa mengambil keputusan penting karena selalu saja berada di bawah bayang-bayang kekuasaan istri?


Sosok Ibu untuk Pulang

Sosok IBU adalah jiwa bagi rumah. IBU laksana oksigen bagi seisi rumah. Ibu yang menyeramkan membuat anggota keluarga lainnya merasa tidak nyaman dan seram berdekatan dengannya. Seisi rumah merasa sesak napas meskipun oksigen yang sesungguhnya tersedia dalam kadar yang memadai di semua ruangan. Mau semewah apapun dan sebagus apapun desainrumah itu, anggota keluarga bawaannya pengen hijrah saja jika ratu rumah tangganya bak teroris.

Sebaliknya, ibu yang bahagia dan bijak pasti menjadi sosok yang dicintai, dirindui, dan diharapkan selalu mengayomi di dalam rumah karena keluasan hati dan pikirannya membuat siapapun nyaman berinteraksi dengannya, bahkan tetamu yang hanya berkelebat sekali pun. Sesederhana bagaimapun penampakan fisik rumah, akan terasa lapang dan nyaman jika ratu rumah tangganya memiliki hati dan pikiran yang berwawasan luas.

Kalian juga percaya bahwa ibu adalah “rumah”?

Nanti, setelah satu per satu anggota rumah harus hijrah ke kediaman baru bersama keluarga barunya, ibu menjadi sosok teladan dalam mewujudkan sebuah rumah. Bagaimana ibu menata rumah, bagaimana mempersiapkan dekorasi, bagaimana membersihkan rumah, dan sebagainya hingga keluarga muda ini menemukan cara mereka sendiri dalam mendefinisikan kenyamanan dalam rumah.

Namun demikian kembali lagi, sosok yang akan berperan besar adalah ibu muda sebagai ratu rumah tangga di rumah itu.

So, rumah bukan sekadar bentuk fisik yang kalian lihat. Mengapa kalian ingin pulang ke rumah karena rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk pulang. Berbeda halnya jika kenyamanan tak ada lagi di rumah.


Ibu yang Baik

Sosok ibu bagaikan rumah. Pulang ke rumah adalah pulang kepada ibu. Bukan sekadar meluruskan anggota tubuh dengan berbaring sejenak namun juga menikmati masakan ibu dan kasih sayangnya.

Maka bagi ibu, penting baginya untuk mengupayakan KEBAHAGIAAN bagi dirinya sendiri dengan me time meskipun sulit. Vibrasi positif dari seorang ibu yang bahagia akan menjangkau seisi rumah hingga mereka semua beristirahat dengan tenang dan damai untuk bangun keesokan harinya dan memulai rutinitas lagi.

Rumah adalah tempat di mana hati bisa tertawa tanpa rasa malu. Rumah adalah tempat air mata hati dapat mengering dengan sendirinya – Vernon Baker[1]
.

Menata Rumah Cara Nyaman

 

Selain figur ibu yang bahagia dan bijaksana, perlu hal-hal lain terkait mewujudkan kenyamanan dalam rumah. Salah satunya adalah kemampuan dalam menata dan menjaga kebersihan fisik rumah.

Dalam menata rumah, tentunya membutuhkan perabotan dan perlengkapan lainnya seperti meja, kursi, lemari, laci, dan perlengkapan rumah tangga. Keluarga yang mementingkan kenyamanan dan nilai fungsional memilih menggunakan OLYMPLAST yang diproduksi oleh PT. Cahaya Bintang Plastindo.

PT. Cahaya Bintang Plastindo, merupakan anak perusahaan dari PT. Graha Multi Bintang berkomitmen dan memiliki visi untuk senantiasa menyediakan produk terbaik dengan konsep modern yang dapat mempercantik rumah dan memberi manfaat keluarga Indonesia dengan perabot plastik yang berkelas dan berkualitas.

Olymplast telah memproduksi lebih dari 100 macam produk yang semuanya dijamin bisa dimanfaatkan sekaligus mempercantik rumah masyarakat Indonesia sehingga senantiasa rindu pulang di mana pun berada.

 

Alasan Memilih Perabot dan Perlengkapan Rumah Berbahan Plastik OLYMPLAST

 

Tentu butuh alasan untuk menjatuhkan pilihan kepada perabot dan perlengkapan rumah berbahan plastik dari Olymplast hanya karena Olymplast juaranya rapikan rumah. Anda bisa mempertimbangkan alasan-alasan berikut ini:

1. Mudah Dibawa dan Dipindahtempatkan

Perabot berbahan plastik lebih mudah dibawa dan dipindahtempatkan karena bobotnya lebih ringan dari bahan lain. Dengan demikian, akan sangat memudahkan dalam menata ulang ruangan atau jika tiba-tiba harus pindah rumah, bahkan pindah kota.

2. Mudah Dibersihkan

Produk berbahan plastik mudah dibersihkan dan tidak menyerap debu dengan demikian warnanya lebih tahan lama. Yang penting rajin dibersihkan agar senantiasa terlihat baru. Jika perlu dicuci pun aman.

3. Anti Rayap

Perabot berbahan plastik tidak dimakan rayap, berbeda halnya dengan perabot yang berbahan kayu. Dengan demikian rasanya lebih tenang memilikinya untuk jangka waktu lama.

4. Aman di Daerah Banjir

Dalam keadaan “untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak”, jika tiba-tiba dilanda banjir, perabot berbahan plastik lebih mudah untuk ditangani dan dibersihkan.

5. Penghargaan yang Diperoleh Olymplast Menandakan Besarnya Animo Masyarakat

Sejak diproduksi tahun 2015 di Gresik, lantas melakukan ekspansi pada tahun 2018 ke Kabupaten Lamongan dengan jumlah karyawan saat ini mencapai lebih dari 1000 orang hingga meresmikan Pabrik Plastik Injection di Makassar pada 16 Oktober lalu, Olymplast sudah mendapatkan sejumlah penghargaan, yaitu:

Wow Brand

Penghargaan berskala nasional ini membuktikan Olymplast merupakan produk furnitur plastik yang laris di pasaran sehingga menjadi produk berbahan plastik terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Top Brand

Top Brand Award merupakan penghargaan berskala nasional yang membuktikan brand penerimanya memiliki performa terbaik di pasar Indonesia. Tahun 2021 lalu Olymplast mendapatkan predikat Top Brand untuk kategori Kursi Plastik.

ISO

ISO 9001:2015 adalah sertifikasi dengan standard internasional dalam bidang sistem manajemen mutu. Hal ini membuktikan Olymplast senantiasa mengupayakan layanan terbaik melalui produk yang dihasilkan untuk kepuasan konsumen.

Olymplast - Ruang Tamu

Bagaimana Melibatkan OLYMPLAST dalam Penataan Rumah

 

Kabar baiknya, produk-produk Olymplast bisa dimanfaatkan mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, hingga dapur. Ada pilihan warna senada (krem atau coklat) untuk produk-produk ini. Mari saya detailkan:

 

1. Ruang Tamu

 

Ruang tamu yang memerlukan seperangkat kursi dan meja tamu bisa memilih produk-produk berikut:

a. Kursi Sofa Plastik Olymplast Modern - OSC-R 3 Seater.

b. Kursi Sofa Plastik Olymplast Modern - OSC-R 2 Seater.

c. Meja Sofa Plastik Olymplast Sofa Table Motif Rotan Plastik - OST R.

d. Meja Sofa Plastik Olymplast Sofa Table Motif Rotan dengan Kayu (OST R).

Nah, ruang tamu Anda bisa menampung produk a, b, dan c atau d. Jika masih ada space, bisa ditambah dengan Laci Modern Olymplast Transform Cabinet Nakas, Laci Modern Olymplast Transform Cabinet Drawer, Rak TV / Meja TV - OTC AVR, atau LOKER Penyimpanan Serbaguna Olymplast.

 

2. Kamar Tidur

 

Ada banyak pilihan untuk lemari pakaian, laci, dan kabinet untuk kamar tidur Anda. Catat ya tipe-tipenya:

  1. Lemari Pakaian Plastik Olymplast Module Cabinet 2 Pintu - OMC ST1 GRAHA.
  2. Lemari Pakaian Plastik Olymplast Module Cabinet 2 Pintu 1 Kaca - OMC ST2 JALUSI.
  3. Lemari Pakaian Olymplast Trasnform Cabinet Modern - OTC-M (ada pilihan 2 atau 3 pintu).
  4. Lemari Pakaian Plastik Olymplast Module Cabinet 2 Pintu 1 Kaca - OMC ST2 GRAHA.
  5. Lemari Pakaian Plastik Olymplast Module Cabinet 2 Pintu - OMC ST1 JALUSI.
  6. Lemari Pakaian Olymplast Transform Cabinet Klasik - OTC-C (ada pilihan 2 atau 3 pintu).
  7. Lemari Pakaian Plastik Olymplast Module Cabinet Minimalis 2 Pintu - OMC ST1.
  8. Lemari Pakaian Plastik Olymplast Module Cabinet 2 Pintu 1 Kaca - OMC ST2.

Olymplast Kamar Tidur

Bagi keluarga yang memiliki bayi, tersedia Lemari Bayi Olymplast Baby Locker 2 Laci – OBL dan Lemari Bayi Olymplast Baby Locker 1 Laci – OBL untuk menyimpan perlengkapan bayi Anda. Letakkan Keranjang Pakaian Olymplast Laundry Basket – OLB di sudut kamar untuk meletakkan pakaian kotor.

Jika di kamar tidur masih ada space dan memerlukan tambahan laci atau kabinet, ada 11 macam laci dan 6 macam kabinet yang bisa Anda pilih. Silakan mencari tahu selengkapnya mengenai jenis-jenis perabotan rumah tangga yang tersedia di website resmi OLYMPLAST.

 

3. Ruang Makan

 

Bukan saja perabotan untuk ruang tamu dan kamar tidur, Olymplast pun menyediakan perabotan ruang makan. Anda bisa memilih jenis-jenis ini untuk ruang makan:

Kursi

Sebenarnya ada 27 macam kursi produksi Olymplast namun di sini saya merekomendasikan 5 jenis kursi ini: Olymplast Netta Chair, Kursi Plastik Olymplast Modern - OL 608, Kursi Plastik Olymplast Modern dengan Tanganan (OL 608H), Kursi Plastik Olymplast Motif Sandaran Rotan (OL 209R), atau Kursi Milenial Olymplast Scandinavian Style 1pc.

Olymplast Ruang Makan


Meja

Dari 13 jenis meja yang diproduksi oleh Olymplast, ada 5 jenis meja makan yang memang khusus didesain Olymplast. Kelima jenis meja makan tersebut adalah: Meja Makan Olymplast Dining Table Rotan - ODT-R 80x80cm, Meja Makan Olymplast Dining Table Lingkaran Kaki Plastik – ODTL, Meja Makan Olymplast Dining Table Kotak Kaki Plastik – ODTSQ, Meja Makan Olymplast Dining Table Lingkaran Kaki Lipat – ODTL, dan Meja Makan Olymplast Dining Table Kotak Kaki Lipat – ODTSQ.

Jika membutuhkan laci atau kabinet, sebagaimana yang saya tuliskan di atas, ada berbagai jenis yang disediakan Olymplast bisa Anda pilih sebagai pelengkap ruang makan Anda.

 

4. Dapur

 

Lemari Dapur Olymplast Kitchen Locker – OKL menyediakan rak piring yang luas, laci multifungsi, dan rak penyimpanan peralatan dapur yang bisa Anda pergunakan. Lemari ini menggunakan kaca sehingga dari luar terlihat apa yang disimpan di dalam rak piring,

Sebagai tambahan, bisa gunakan Rak Piring Plastik Olymplast Kitchen Series – RSOK, Tempat Piring Olymplast Dish Dainer – ODD, atau Rak Penyimpanan Dapur – OKS.

 

5. Penggunaan Lain

 

Olymplast juga menyediakan kursi untuk penggunaan lain, semisal untuk kafe, kursi teras, kursi kerja, kursi dan meja belajar anak, atau untuk keperluan lain. Ada pula tempat alas tulis berkualitas. Selain itu, berbagai macam laci dan kabinet bisa untuk berbagai keperluan pula, semisal tempat menyimpan peralatan berkebun, untuk menyimpan alat pertukangan, peralatan kerajinan, untuk menyimpan peralatan P3K, untuk menyimpan sepatu, tas, arsip kerja, dan sebagainya.

Penataan rumah yang menarik dengan perlengkapan yang terbuat dari bahan berkualitas menunjang kenyamanan rumah sebagai tempat pulang. Masih banyak hal-hal lainnya tetapi 2 yang terbesar perannya sudah saya bahas di sini.

Bagaimana IBU sebagai sosok sentral yang mengayomi dan menyediakan kenyamanan berperan sangat penting, disusul pemilihan perabot dan peralatan rumah tangga dari Olymplast. Ibu adalah pulang, sebagaimana rumah dan Olymplast.

Di mana kita mencintai adalah rumah, rumah yang kaki kita tinggalkan, tetapi tidak hati kita – Oliver Wendell Holmes[2].

Jika kalian memiliki pengalaman sehubungan dengan sosok ibu yang memberikan kenyamanan atau ketidaknyamanan dalam sebuah rumah, boleh share di kolom komentar untuk menjadi pembelajaran bersama, ya.

Makassar, 7 Desember 2022


Catatan kaki:

[1] Vernon Baker, seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat dengan pangkat Letnan Dua yang menerima penghargaan militer tertinggi Amerika Serikat, Medal of Honor, atas aksinya di Viareggio, Italia pada 1945 (Wikipedia).

[2] Oliver Wendell Holmes Jr. adalah seorang hakim Amerika yang menjabat sebagai Hakim Asosiasi Pengadilan Tinggi Amerika Serikat dari 1902 sampai 1932, dan sebagai Pelaksana Jabatan Ketua Hakim Amerika Serikat dari Januari-Februari 1930 (Wikipedia).

14 komentar

  1. Semoga kita para ibu selalu menjadi rumah yang dirindukan ya kak
    Btw lengkap banget produk Olymplast ya kak. Dari ruang tamu sampe dapur semua ada. Trus beragam desain pula. Jadi banyak banget pilihan.

    BalasHapus
  2. saya sekarang juga lebih suka pakai produk non kayu daripada kayu, maslaahnya perawatan kayu lebih sulit, berat, belum kalau ada rayap.. mumpung harga plastik masih terjangkau, beli aja, nanti kalau minyak bumi sudah langka, bisa mahal lagi

    BalasHapus
  3. Kalo sudah bicara tentang ibu tentunya kita bicara tentang nuansa yang meliputi rumah. Rumah adalah tempat yang nyaman dan berteduh. Seperti cinta ibu, olymplast dan produknya yang homey membuat nuansa yang nyaman untuk keluarga .
    Yang bikin Kusuka dari produk olymplast adalah simple tapi cukup elegan nuansa Woody nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulang dan rumah adalah identik dengan ibu ya .... apa dan siapa yang membuat kita (seharunya) nyaman.

      Hapus
  4. Ibu itu segalanya kalau dalam keluarga ya.
    Didampingi perabotan klasik modern, kalau bahannya saja sudah anti rayap pastinya kedepannya akan kembali bersaing tinggi demi bisa terus jadi yang terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk plastik berkualitas keren juga kan jadi pelengkap rumah, Teh :)

      Hapus
  5. Duh, pengalamannya kayak di drama korea Mother. Kalau bahas soal rumah, makanya ada istilah home dan house. House tidak bisa menjadi home, tetapi home sudah pasti house. Itu karena rumah itu adalah tempat untuk PULANG. Pulang dalam artian luas, tak sekadar tempat bernaung dari panas dan hujan, tetapi tempat di mana kita menemukan siapa diri kita sebenarnya.

    Produk-produk Olymplast lengkap ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes ... pulang dalam arti luas, menemukan kedamaian dan ketenangan.

      Hapus
  6. Kok sedih ya baca tulisa yang di awal paragraf mbak Niar. Memang Ibu memberikan rasa nyaman tak terkira. Btw, produk Olymplast ini cocok utk kebutuhan kantor juga ya mbak selain untuk kebutuhan rumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa untuk kantor juga produk dari Olymplast, Mbak.

      Hapus
  7. Betull banget ibu itu sosok yg sangat dibutuhkan di rumah...so ibu harus bahagia krn kalau bahagia seisi rumah ikut bahagia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, ibu harus menyadari dirinya sedang bahagia atau tidak dan mengupayakan kebahagiaannya ya, Mbak Yeni.

      Hapus