Cara Praktis Menikmati Kelezatan Mini Crolette

Cara praktis menikmati kelezatan crolette – Crown Omelette, telur dadar bermahkota yang lagi happening itu menjadi perhatian saya. Hal yang kemudian harus dipecahkan adalah bagaimana bisa menyajikannya dengan porsi yang tepat berhubung anak saya ada 3 orang. Kalau recook mentah-mentah dari influencer Tiktok @amritsaraje  yang videonya ditayangkan di akun Instagram @kraft_id, bakal bingung membaginya rata untuk 3 anak.

Mini Crolette

Crolette Ala Influencer Top

 

Di dalam sebuah postingan KRAFT yang berasal dari akun Tiktok @amritsaraje itu, jumlah telur yang dia gunakan untuk membuat crolette adalah 4 butir, dan 2 buah Keju KRAFT Cheddar Mini yang berukuran 30 gram itu. Putar otak dong saya. Bagaimana menyajikan crolette yang terdiri atas 1 telur saja. Soalnya sajian 4 telur bermahkota dibagi 3 itu bukan perkara mudah. 😁

Maka percobaan demi percobaan dilakukan. Ternyata tak mudah membuat crown (mahkotanya) karena tricky. Kalau bukan takaran kejunya yang tak pas di atas fry pan, ketakutan akan gosongnya keju membuat masakan tak jadi. 😅 Bagaimana tidak, kan panas tuh ya penggorengannya, belum apa-apa, kitanya yang masak bisa panik duluan dengan keju parut yang sedang dimasak.

Crolette Amritsaraje

Crolette Ala Mamak Beranak 3

 

Untuk alat masak, saya memutuskan menggunakan fry pan termungil yang ada di rumah ini. Penggorengan itu merupakan hadiah yang diperoleh putri saya dari bimbingan belajar yang diikutinya. Dengan fry pan mungil berdiameter 9 cm ini, saya merasa aman menyajikan crolette yang terdiri atas 1 butir telur kepada buah hati.

Tahu sendiri, kan, telur itu makanan kecintaan anak-anak di mana pun berada, termasuk anak saya. Karena keseringan makan telur maka konsumsi telur dalam satu kali makan tak boleh berlebihan, 1 saja sudah cukup untuk sekali makan. Jadi, supaya adil, satu telur untuk satu anak – untuk 3 anak berarti 3 kali masak. Ini consideration to get appropriate recipe, ya Guys. Dengan demikian, lauk bisa dibagi rata. Tak bakal ada iri-irian. 😅

Okeh, peralatan terpecahkan, tidak ada masalah. Parutan keju juga aman, ada di dapur kami. Yang cukup sulit itu membuat mahkotanya sama persis dengan mahkota yang dibuat oleh @amritsaraje. Beberapa percobaan harus saya lalui untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebenarnya kalau dari segi rasa dan tampilannya lumayan, percobaan kedua sudah memadai karena kejunya sudah duduk manis di atas omelette. Bagaimana kalau kita sebut saja dia “mini crolette”, ya? 😄

Okeh, yang punya anak lebih dari 1 dan pertimbangannya sama dengan saya dalam membiasakan anak makan telur ayam ras 1 butir saja dalam satu kali makan, boleh deh mengikuti cara masak saya berikut ini tapi ingat ya resep ini hanya berhasil jika menggunakan Keju KRAFT Cheddar.

 

Resep Mini Crolette

 Bahan Mini Crolette

Alat:

  1. Fry pan antilengket berdiameter 9 cm. Saking mungilnya, kita bisa memegang bagian bawah penggorengan ini dengan satu tangan saja.
  2. Parutan keju.
  3. Spatula.

Bahan :

  1. 1 butir telur ayam.
  2. 1 KRAFT Cheddar mini ukuran 30 gram, atau 1/5 - 1/6 KRAFT Cheddar ukuran 160 gram.
  3. Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Kocok telur hingga rata.
  2. Panaskan minyak goreng di fry pan antilengket, masak telur di atasnya, lipat, dan sisihkan.
  3. Parut KRAFT Cheddar Mini di atas penggorengan yang kering. Kalau mudah panik, bisa diparut terlebih dulu. Pada bagian ini tinggal ditaburkan di atas penggorengan. Letakkan omelette di atasnya. Masak dengan api sedang selama 2 menit.
  4. Angkat hati-hati dengan spatula, sembari dibentuk crown hingga kejunya kaku. Oya, karena ini mini crolette maka mahkotanya juga mini crown, ya.
  5. Sajikan kepada buah hati.

 

Cara Membuat Crolette

Mengapa Crolette Sebaiknya Menggunakan KRAFT?

 

#KejuAsliCheck dengan KRAFT adalah pilihan yang tepat karena  ini merupakan pilihan tepat dalam menentukan keju cheddar yang memiliki komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas, serta sejalan dengan anjuran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar ibu-ibu bijak melihat label pangan pada kemasan sebelum membeli. Jenis Keju (KRAFT cheddar) yang saya rekomendasikan di atas adalah pilihan yang tepat karena mencantumkan “keju cheddar” sebagai bahan utamanya.

 

Mengapa Crolette dengan KRAFT Cheddar Merupakan Menu Praktis Bergizi Saat Puasa?

 

“Kenyang, Nak?” tanya saya pada putri kedua usai saya memberikannya crolette yang terdiri atas 1 butir telur. Sempat khawatir juga kalau-kalau dia tak kenyang.

“Kenyang,” ujarnya sembari mengangguk mantap. Putri remaja ini memang sedang dalam tahap pertumbuhan. Dalam usia 15 tahun, dia butuh makanan bergizi dan tidak berlebihan sebab sudah saatnya menjaga berat badan agar kesehatan tetap terjaga.

Begitu pula anak bontot yang badannya jauh lebih besar dari kakak perempuannya. Sajian 1 telur bermahkota keju dalam sekali makan cukup baginya. Nah, berarti langkah saya sudah tepat. Selain itu, biasanya kalau di rumah lagi ada keju, apalagi yang brand KRAFT, keju bisa jadi topping jenis makanan lain seperti roti, atau bahkan jadi camilan. Ada saja cara berkreasi dengan keju KRAFT Cheddar, soalnya rasa gurihnya bikin nagih!

Mini Crolette KRAFT

Sungguh ... hal ini bikin saya berpikir bagaimana caranya menyajikan makanan dengan cara tidak berlebihan, sebagaimana ajaran Islam dalam al-Qur’an yang menyatakan:

وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ …

Artinya: “… makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al A’raf: 31).

Maka jadilah mini crolette menjadi pilihan praktis sebagai salah satu menu di bulan Ramadan kali ini. Crolette dengan KRAFT cheddar ini cocok untuk menjadi menu pilihan saat berpuasa Ramadhan karena 3 alasan, yaitu: praktis karena hanya terdiri atas 2 bahan, yaitu KRAFT Cheddar dan telur, tinggi protein dan kalsium, dan gurih lezat dari keju asli.

Satu menu crolette memenuhi 50 persen kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Cocok banget dikonsumsi saat berpuasa karena kandungan proteinnya dapat membantu menjaga yang mengonsumsinya tetap kenyang. Eh bagaimana dengan kalian, pernahkah memasak crolette juga?

Makassar, 6 April 2022

14 komentar

  1. Wuahhh...enak ini. Kombinasi telur sama keju cocok banget. Etapi bikin satu ga mungkin cukup, hahaha...

    BalasHapus
  2. Makanan yang hits ini yaa jadi pengen bikin juga tapi bisa ngga ya jadi mahkota. Keju favorit kami ya Kraft rasanya paling enak diantara keju cheddar lainnya

    BalasHapus
  3. wah seru banget yaaa ... jadi maunikutan recook buat buka puasa nie

    BalasHapus
  4. Enak banget ya kak aku juga nyobain cuma sampe 4x bikin crownnya ko ga bisa bisa ya cuma sessat aja abis itu rata lagi wkwkwk pdhl dildiah enak renyah cuma kepo juga biar bs keatas itu kek gimana siii

    BalasHapus
  5. Woho.. Cara lain memasak omelet nih, kak. Nice. Mau nyoba jugalah.

    BalasHapus
  6. Wah inspirasi resep Ramadhan nih. Mau coba deh, sepertinya anak² sy bakal suka

    BalasHapus
  7. Juara banget menu Crolette menggunakan KRAFT Cheddar.
    Serasa makan keju kriukks~
    Kemarin aku lihat reels nya ni kak Niar, jadi ingin mencoba tantangan membuat Crolette dengan KRAFT Cheddar untuk menu berbuka nanti.

    BalasHapus