3 Kunci Penting untuk Membeli Mobil Baru

Ketika seseorang memutuskan membeli mobil, biasanya yang terpikir adalah mencari tahu harga mobil baru lalu mencoba membandingkannya dengan yang bekas. Ada yang mengatakan bahwa hal demikian sebenarnya kurang adil karena mobil baru punya kondisi yang lebih bagus dibandingkan dengan mobil bekas.

Wajar saja sebenarnya jika untuk mempertimbangkan kondisi keuangan namun tidak dalam rangka membandingkan performanya, bukan? Selain harga, biasanya orang juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti fitur mobilnya, kelebihan, performa mobil. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mencari mobil baru, ada beberapa tips yang tentunya akan sangat membantu.

beli mobil baru


Kunci untuk Menemukan Mobil Baru Terbaik

Mobil baru tentu saja dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil bekas yang sejenisnya. Perlu diingat, jangan juga hanya fokus pada harga mobil itu saja. Pertimbangkan hal-hal berikut ini agar Anda bisa memperoleh mobil dengan kualitas yang oke yang sesuai kebutuhan sekaligus dengan harga terbaik:

1. Tentukan Desain Mobil yang Bagus

Fungsi mobil memang penting namun selain itu desain mobil juga merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Jangan hanya memilih berdasarkan selera juga, saat akan memilih desain mobil baru, jangan hanya terpaku pada kemewahannya dan tampilannya yang elegan saja.

Anda perlu memikirkan apakah desain mobil tersebut cukup umum atau tidak. Utamakan mobil yang desainnya lebih umum daripada mobil dengan desain yang terlalu unik. Mobil dengan desain yang cukup umum akan jauh lebih mudah dijual jika Anda sudah tidak menginginkannya.

Selain itu, dengan desain yang “lebih umum” tersebut juga memudahkan Anda untuk menjual mobil dengan harga yang lebih tinggi daripada mobil yang desainnya terlalu rumit dan tidak biasa.

2. Periksa Fitur yang Dibawa Mobil

Setiap jenis mobil mempunyai fitur yang berbeda-beda. Fitur paling utama yang sebaiknya Anda perhatikan dari sebuah mobil adalah fitur keamanan serta keselamatannya. Meskipun mobil untuk digunakan sendiri atau digunakan bersama suami-istri sekeluarga tidak boleh gegabah, tetaplah harus mengutamakan keselamatan serta keamanan. Untuk itu, ada fitur-fitur keselamatan yang sebaiknya bisa Anda temukan dalam mobil impian Anda.

Beberapa fitur keselamatan tersebut antara lain:

  • Seat belt yang berfungsi dengan baik.
  • Dual SRS airbags.
  • Auto lock untuk mencegah anak-anak membuka jendela atau pintu sembarangan.
  • Rem yaitu ABS atau anti lock braking system dan EBD atau electronic brakeforce distribution.

Dengan kehadiran fitur keselamatan keamanan yang sangat lengkap serta terjamin, Anda dan keluarga bisa berkendara dengan lebih tenang, tanpa merasa takut maupun resah. Jangan sampai membeli mobil yang “asal murah” tapi memiliki fitur keamanannya kurang bagus sebab berkendara berarti membawa nyawa, tergantung bagaimana cara Anda membawanya, dengan baik atau dengan ceroboh.

3. Pilih Uang Muka yang Lebih Rendah

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru secara kredit, uang muka yang rendah adalah solusi yang terbaik. Mobil merupakan kebutuhan yang cukup mahal. Ada yang harganya mencapai ratusan juta rupiah, bahkan ada juga yang sampai miliaran rupiah.

Seperti yang kita ketahui, sistem pembayaran kredit mengharuskan calon pembeli untuk membayar uang muka dengan nominal yang bisa saja besar jumlahnya. Agar bisa memperoleh mobil impian tanpa merasa kesulitan, pastikan benar-benar jika kondisi keuangan sudah memadai, bukan karena gaya hidup semata.

Hindari menambah utang hanya untuk membayar uang muka mobil yang akan Anda beli secara kredit. Gunakan SEVA untuk memilih mobil baru yang harganya paling cocok dengan kesanggupan Anda.

--

Membeli mobil baru memang memerlukan banyak pertimbangan. Semua pertimbangan tersebut berkaitan dengan harga mobil dan kesanggupan Anda dalam membayar. Selama mengikuti seluruh langkah di atas, Anda akan mendapatkan mobil impian tanpa harus merusak perekonomian dan kebahagiaan keluarga tercinta.

0 komentar