4 Cara Mendapatkan Banyak Siswa, Salah Satunya dengan Promosi Website Sekolah

4 Cara Mendapatkan Banyak Siswa, Salah Satunya dengan Promosi Website Sekolah – Seseorang pernah bercerita tentang sekolah swasta yang dikelolanya. Entah mengapa kurang yang berminat padahal implementasi kurikulumnya bagus, demikian pula metode pembelajarannya bagus karena unik dan kreatif sehingga anak-anak belajar dengan cara menyenangkan.

Saat ini, cara mempromosikan sekolah secara langsung sudah tidak terlalu diperlukan lagi. Apa gunanya internet jika tak dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sayangnya, sekolah tersebut belum maksimal menggunakan website dan media sosial. Website-nya ada, tetapi hanya untuk sekolah dasar saja yang terlihat ada kontennya. Sementara untuk tingkat SMP, tidak ada yang ditayangkan padahal SMP-nya sudah berdiri selama beberapa tahun.

Cara Mendapatkan Banyak Siswa

Penting untuk menelisiki bagaimana cara mempromosikan sekolah karena begitu banyak sekolah swasta terbentuk saat ini, bagus-bagus pula. Jika tak semaksimal mungkin memanfaatkan media sosial dan website maka sekolah yang lebih dulu mempromosikan sekolah di sosmed dan website yang lebih dulu unggul meskipun terbentuknya belakangan.

Zaman sekarang kan, mencari informasi apapun dilakukan di internet, termasuk informasi tentang sekolah. Yang mempromosikan sekolah lewat video tentunya lebih mudah menarik perhatian ketimbang yang hanya menggunakan kata kata untuk mempromosikan sekolah, apalagi  jika pemilihan diksinya terlalu formal, tidak mudah menarik perhatian.

Semoga saja di tahun ajaran nanti, sekolah tersebut mencapai target jumlah siswa baru. Jika tidak maka perlu perlu introspeksi diri untuk mencari tahu apakah cara menarik siswa baru yang dilakukan kemarin-kemarin sudah efektif atau belum.

Ada trik cara mendapatkan banyak siswa yang bisa dipraktikkan, di antaranya:

 

1. Menggunakan Cara Mempromosikan Sekolah Secara Langsung

 

Cara konvensional ini sudah sering digunakan namun tetap harus diperhatikan cara berbicara mempromosikan sekolah. Koreksi jika perlu. Ada yang menggunakan jejaring alumni, jejaring orang tua murid yang sudah tamat, bekerja sama dengan kepala sekolah atau guru dari sekolah yang jadi target promosi, hingga mendatangi masyarakat melalui orang yang berpengaruh di situ, seperti tokoh masyarakat atau ketua RT/RW.

 

2. Membuat Media Promosi

 

Kata kata untuk mempromosikan sekolah yang disusun dengan cara menarik bisa dituliskan dalam brosur yang juga memuat gambar yang menarik. Cantumkan prestasi siswa-siswa terdahulu, misalnya yang pernah memenangkan lomba-lomba bergengsi tingkat nasional atau tingkat provinsi. Selain itu, buat juga eflyer yang bisa disebarkan di media sosial.

 

3. Mengadakan Penyesuaian Harga

 

Strategi PPDB sekolah swasta bisa dilakukan dengan cara memberikan potongan harga untuk sejumlah pendaftar pertama, mulai dari 6 bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Sekolah juga bisa memberikan potongan harga kepada calon siswa yang berprestasi, misalnya yang nilainya mengagumkan, punya prestasi olahraga, punya prestasi dalam bidang lain seperti menjadi pemenang lomba debat, atau mampu hafal 1 – 5 juz Al Qur’an.

Cara Mendapatkan Banyak Siswa

4. Memanfaatkan Media Sosial dan Website Secara Maksimal

 

Media sosial bisa dijadikan sarana untuk cara menarik siswa baru. Anak-anak sekarang lebih menonjol kemampuan visualnya maka suguhkan video ataupun gambar yang menarik hati di media sosial dan juga website, cantumkan pula penjelasan singkat dengan pilihan diksi yang tepat.

Miliki kesadaran bahwa website sebenarnya merupakan “kantor sekolah” di dunia maya. Sebagian orang mencari informasi mengenai kredibilitas sekolah melalui website. Keseriusan menggarap website menjadi pertanda keseriusan penyelenggaraan sekolah. Maka menjadi hal penting untuk mencari tahu cara promosi website sekolah yang mampu mendatangkan banyak siswa.

Untuk itu, website harus dikenali oleh Google sebagai website yang berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan tersebarnya link homepage website sekolah di berbagai website atau blog. Untuk menanam link website di blog, RajaBacklink bisa diandalkan menjadi perantaranya.

RajaBacklink.com merupakan marketplace yang berisi blog-blog yang dikelola blogger dari seluruh Indonesia. Melalui RajaBacklink, klien bisa melihat-lihat dan memilih blog yang paling sesuai dengan konten pada website-nya. Untuk website sekolah, carilah blog yang sering membahas tentang pendidikan nasional.

Jika banyak mendapatkan rekomendasi dari blogger melalui backlink berkualitas yang diberikannya maka Google melihat website sekolah pantas untuk ditempatkan pada posisi teratas pencarian di mesin pencari.

Cukup memilih beberapa di antara ribuan blog dalam database RajaBacklink, Anda sudah bisa mendapatkan backlink berkualitas, aman, dan terpercaya karena blog-blog yang terdaftar sudah diseleksi dengan ketat oleh RajaBacklink. Cobalah menerapkannya dengan strategi jitu sebagai cara promosi website sekolah sekaligus cara mendapatkan banyak siswa.

0 komentar