HokBen MaRI: Cara Makan Bergaya Jepang Kekinian di Makassar

HokBen MaRI: Cara Makan Bergaya Jepang Kekinian di Makassar – Tidak banyak lidah orang Indonesia yang cocok dengan makanan asli Jepang tetapi jika makanan Jepang itu dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang Indonesia … hm, bakal digemari!

HokBen Pertama di Sulawesi

 

Penyesuaian Citarasa

 

Biasanya, agar suatu jenis makanan khas sebuah daerah bisa diterima dengan baik di luar daerahnya diadakanlah penyesuaian-penyesuaian terhadap citarasa makanan itu. Seperti di Makassar, restoran makanan khas Jawa sudah menyesuaikan masakannya dengan lidah kebanyakan orang Makassar. Ini pulalah yang dilakukan restoran ternama bergaya Jepang agar citarasa menunya mudah diterima oleh kebanyakan orang Indonesia.

Begitulah HokBen di Indonesia. Salah satu rahasianya bertahan melewati krisis pada masa pandemi, bangkit, lalu terus berkembang hingga membuka gerai ke-355 di Mall Ratu Indah (MaRI) pada tanggal 6 April 2023 kemarin adalah dengan “mengindonesiakan” masakan ala Jepang sehingga menjadi bagian dari selera orang Indonesia pada umumnya.

 

Tentang Kehalalan Produk

 

Selain soal citarasa yang mengalami penyesuaian, masih ada satu hal lagi yang harus diperhatikan restoran dengan citarasa asing di Indonesia, yaitu kehalalannya. Sebagaimana kita ketahui bersama, mayoritas orang Indonesia beragama Islam dan sangat peduli dengan kehalalan makanan yang diasupnya.

Penting untuk memastikan sebuah restoran menggunakan bahan hewani yang memang sudah disembelih dengan cara yang sesuai dengan syariat islami. Dalam Islam, penyembelihan hewan dianggap sah apabila telah memenuhi persyaratan syariat yang berlaku. Jika proses penyembelihan sah maka berarti makanan tersebut halal dimakan.

Untuk itulah sekarang ada BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) yang sejak 2022 bertanggung jawab mengeluarkan sertifikat halal atas produk yang didaftarkan. Menurut UU JPH, dalam penyelenggaraan Jaminan Produk Halal BPJPH berwenang di antaranya: merumuskan dan menetapkan kebijakan JPH, menetapkan norma, standard, prosedur dan kriteria JPH, menerbitkan dan mencabut Sertifikat Halal pada produk luar negeri; dan melakukan registrasi Sertifikat Halal pada produk luar negeri[1].


Sosialisasi Halal di HokBen Makassar

 

HokBen Pasti Aman Pasti Halal

 

Jika sudah mengetahui mengenai kehalalaln suatu produk, termasuk restoran tentunya konsumen merasa aman dan nyaman berkunjung ke resetoran tersebut. Bagaimana dengan HokBen? HokBen aman karena telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI tahun 2008, bernomor 00160048830908 dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021.

Bahkan pada pembukaan HokBen Makassar, di Mall Ratu Indah – HokBen pertama di Sulawesi, HokBen mengundang Bapak Salman Fattah dari BPJPH Satgas Halal Provinsi Sulawesi Selatan sebagai narasumber yang memberikan edukasi mengenai kehalalan produk.

Selain menyampaikan mengenai pentingnya sebuah produk memiliki sertifikat halal, Pak Salman juga menjelaskan bahwa pada tanggal 17 Oktober 2024 nanti semua produk, baik milik UMKM maupun perusahaan besar harus memiliki sertifikat halal dari BPJPH. Khusus untuk UMKM, bisa diperoleh secara gratis.

 

HokBen Makassar di MaRI, Pertama di Sulawesi

 

Tanggal 6 April 2023 kemarin, berlangsung pembukaan gerai HokBen ke-355 di Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar. Gerai ini bukan hanya merupakan HokBen pertama di Makassar namun juga menjadi yang pertama di pulau Sulawesi.

Jikalau ada yang mengatakan sudah lama buka gerai HokBen di Makassar itu salah ya karena ternyata banyak yang menggunakan  nama mirip dengan HokBen. Bahkan ada yang menggunakan  nama dengan sama persis, sampai logonya pun sama.

 

Sejarah HokBen di Indonesia

 

Bermula dengan nama Hoka Hoka Bento, restoran ini berdiri pada 18 April 1985 di bawah naungan PT. Eka Bogainti. Karakter manga menjadi logo Hoka Hoka Bento yang menggambarkan anak laki-laki bernama Taro dan anak perempuan bernama Hanako. Walaupun berkonsep Jepang, Hoka Hoka Bento 100% restoran Indonesia.


Buka Puasa di HokBen MaRI Makassar

Tahun 1990 buka gerai di Bandung, hingga saat ini memiliki 34 gerai di seluruh Jawa Barat. Tahun 2005 merambah Surabaya, sampai saat ini memiliki total 26 gerai di Jawa Timur. Inovasi berupa call center untuk memudahkan pemesanan makanan tersedia pada tahun 2005 melalui nomor telepon tunggal 1-500-505.

Tahun 2008 mendapatkan sertifikat halal dari MUI, meluncurkan website untuk fasilitas pemesanan online, dan memperkenalkan paket Kidzu Bento untuk anak-anak. Fasilitas Drive Thru (pesan dari kendaraan) diluncurkan pada tahun 2009.

Tahun 2010 Hoka Hoka Bento memperluas jangkauannya hingga ke Jawa Tengah, Yogyakarta, Solo, dan Bali. Terbentuk 4 gerai di Bali dan 19 gerai di Jawa Tengah sampai saat ini.

Milestone terbesar terjadi pada tahun 2013, saat itu Hoka Hoka Bento rebranding menjadi HokBen, dengan penggantian logo baru dan nuansa restoran yang lebih segar, lebih hangat, dan lebih nyaman.

Pada tahun 2016 diluncurkan New HokBen Apps dengan tagline “Sekarang Kamu dengan HokBen Hanya Sejarak Sumpit”. Dengan aplikasi ini, pelanggan dimudahkan dalam memesan melalui gawai selayaknya memesan langsung di store.

Pada tanggal 12 Maret 2019, HokBen menerima sertifikasi BSI ISO 9001:2015 dalam hal quality management.

Mulai tahun 2018 hingga 2020, HokBen hadir di Sumatera, diawali dengan Bandar Lampung, Palembang, Medan, dan Pekanbaru.

Pada tahun 2020 terjadi perubahan besar pada interior design gerai HokBen disusul dengan inovasi berupa HokBen Kitchen. Lalu bertambah lagi gerai-gerai baru HokBen hingga saat ini mencapai 355 yang tersebar di 77 kota di Indonesia.

Selain mengalami pertambahan gerai, HokBen juga berinovasi dengan menu hingga lahir menu-menu baru yang belum ada sebelumnya, seperti Fried Chicken dan Ramen. Tak ketinggalan, layanan HokBen pun terus ditingkatkan. Pelanggan sekarang sudah bisa memesan dalam jumlah besar (large order), dine in (makan di tempat), take away (pesan, bawa pulang), dan food truck (mobil keliling HokBen).

 

HokBen Peduli Lingkungan

 

Kolaborasi pengolahan limbah menjadi concern tersendiri. Hal ini disampaikan oleh pemaparan Bapak Iman Wahyudi, Regional Manager HokBen kepada kami – para blogger dan jurnalis Makassar saat pembukaan HokBen Makassar di Mall Ratu Indah.

HokBen bekerja sama dengan Rebricks. Rebricks adalah penyedia material bangunan yang eco-friendly atau ramah lingkungan yang tahan lama, andal, dan aman. Limbah bekas tempat makan dari HokBen diubah menjadi bricks (bata) yang bisa dipakai membuat bangunan. Sampai hari ini, sudah ada 20 gerai HokBen yang menggunakan eco-bricks dan HokBen sudah mengolah 17.380 sampah plastik mika atau sekitar 150 kg sampah plastik mika.

Di samping itu, HokBen juga bekerja sama dengan Boolet untuk mengolah sumpit bekas di HokBen. Boolet adalah sebuah gerakan yang berupaya memecahkan masalah sampah di Indonesia. Boolet mencoba mentransformasi bahan alami bekas dengan cara mengubahnya menjadi sesuatu yang berharga, tahan lama, dan bermanfaat. Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi limbah natural dan menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang lebih parah.

Sumpit bekas diolah dengan teknologi tertentu hingga menjadi barang yang bisa dipergunakan kembali, seperti tatakan gelas atau mainan anak-anak.

Blogger Makassar di HokBen MaRI

 

Ada Apa di HokBen Makassar?

 

HokBen Makassar di MaRI menyediakan menu dan layanan yang sama dengan yang ada di kota-kota lain. Mulai buka untuk umum tanggal 7 April 2023, HokBen menyediakan menu:

Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, HokBen Fried Chicken, Ebi Furai, Kani Roll, Beef/Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Special, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki serta aneka snack and dessert. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati Ramen sebagai menu terbaru.

Kabar gembira bagi warga Makassar, sejak dibuka, HokBen di Makassar menyediakan aneke promo berupa:

  • Souvenir yang bisa didapatkan dengan pembelian dalam jumlah tertentu, seperti payung, bantal, tumbler, dan produk-produk gratis lainnya jika membeli dalam jumlah tertentu.
  • Tanggal 7,10,13 April 2023, untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 dan 4) berhadiah payung HokBen.
  • Tanggal 8,11,14 April 2023, untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 dan 4) berhadiah bantal HokBen.
  • Tanggal 9,12,15 April 2023, setiap pembelian 2 Bento Special (1 dan 4) berhadiah tumbler.
  • Tanggal 16 April 2023, setiap transaksi minimal Rp200.000 mendapatkan free voucher makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000.
  • Lucky dip mulai 17 April 2023 – 5 Mei 2023 setiap hari Senin – Kamis untuk transaksi minimal Rp100.000 nett ada hadiah menarik.
  • Tanggal 7– 28 April 2023, setiap pembelian paket HokBen Fried Chicken 2 pcs + nasi + The Botol Sosro mendapatkan harga khusus dari Rp61.000 menjadi Rp42.000.

Bagi yang sudah lama mendengar tentang HokBen di kota lain, sekaranglah waktunya untuk memuaskan rasa penasaran tentang HokBen. Sebagaimana yang diungkapkan Bapak Iman Wahyudi:

“Kami yakin sebagian besar warga Sulawesi Selatan sudah mengenal HokBen dan sudah sangat menantikan kehadiran HokBen di kota ini. Kami berharap lebih banyak lagi masyarakat Sulawesi Selatan yang bisa menikmati dan mencintai menu-menu HokBen. Jangan sampai Anda lewatkan promo menarik dari HokBen!”


Catatan kaki:

[1] https://bpjph.halal.go.id/detail/tentang-bpjph, diakses 7 April 2023, pukul 12:55.

10 komentar

  1. Dah pasti aman ya kalo makan makanan yang udah berlabel halal. Itu diskonnya berlaku juga ga buat di Jakarta

    BalasHapus
  2. Serruuuu openingnya, tanggal2 segini mau ikutan berburu merchandisenya tapiiii pasti masih antri banget bangettt

    BalasHapus
  3. Hokben ini salah satu makanan favoritku juga lho. Paling suka sama saladnya. Trus hokben ini salah satu resto yang concern sama kehalalan produknya jd nyaman aja gtu kalau makan di sini. Dulu kukira waralaba milik Jepang tapi ternyata asli milik Indonesia ya hanya emang cara makannya jejepangan :D

    BalasHapus
  4. Aku dan keluarga selalu pilih menu ini klo misal datang kemana atau masuk mall bingung mau makan apa ha ha ha, nendang banget sih rasanya kak

    BalasHapus
  5. menu makanan di hokben memang cocok banget, apalagi untuk menu berbuka dan santap sahur jadi praktis

    BalasHapus
  6. MashAllah~
    Alhamdulillah, karena Hokben telah melengkapi dengan semua yang dibutuhkan bagi umat muslim sebagai makanan yang tidak hanya enak tetapi juga halal.
    Ikutan nongki sama kak Niar di Hokben Makassar aah.. hehhee~

    BalasHapus
  7. Oke Bu Mugni, kapan daku ke Makassar kita hangout di Hokben, kuy, asiik ☺️.
    Ah seneng banget HokBen udah ada dimana-mana nih, bikin cari kuliner yang seger jadi lebih nyaman

    BalasHapus
  8. Seru banget mbak acaranya. Paling seneng akutuh kalau ada acara gathering offline kayak gini, selain dapat insight baru soal hokben, bisa ketemu sama temen2 sesama blogger atau jurnalis.

    BalasHapus
  9. Kalau aku deket sama Hokben Training Center nya kak,...jadi deket kalau mau makan hokben

    BalasHapus
  10. Wah selamat ya makasar skrg ada hokben. Ak tahu rasanya penantian ini. Dulu waktu jaman tinggal di Bali pas belom ada dan datrng rasanya hepi

    BalasHapus