Cara Promosi Sekolah di Internet yang Mencerminkan Kualitas

Zaman sekarang, kalau dipikir-pikir sebenarnya mudah saja mencari sekolah idaman yang ideal untuk anak melalui internet karena berbagai cara promosi sekolah di Internet sudah lazim dilakukan saat ini. Sebagaimana kita ketahui, dalam era digital saat ini, berbagai informasi bisa kita temui di internet. Baik itu kata-kata untuk mempromosikan sekolah yang berasal dari pengelola sekolahnya sendiri maupun yang berasal dari testimoni atau review orang tua siswa yang puas maupun  tidak puas dengan kualitas sekolah.

Cara mempromosikan sekolah secara langsung biasanya kita dapatkan dari mulut ke mulut. Dengan mencari tahu di antara teman dan kerabat yang sudah pernah memiliki pengalaman dengan sekolah yang kita incar.

Promosi Sekolah di Internet

Namun demikian perlu diwaspadai juga sisi subyektivitas dari pendapat atau pengalaman pribadi karena bisa saja berbeda tiap orang. Maka upayakan untuk  mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang sekolah tersebut. Satu hal lagi yang perlu diingat, tentunya tak ada yang sempurna di dunia ini.

Kelebihan pasti berdampingan dengan kekurangan, jadi harus bijak menyikapi semua informasi yang diterima. Jika perlu dan memungkinkan, luangkan waktu untuk melakukan check and recheck ke sekolah yang bersangkutan. Amati bagaimana reaksi anak-anak di sekolah itu dan bagaimana interaksi mereka dengan para guru.

Langkah lainnya, tentunya kita mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui dunia maya. Zaman sekarang, hampir semua lembaga pendidikan mempromosikan sekolah di medsos, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Untuk kampus swasta, sudah menjadi strategi pemasaran perguruan tinggi swasta. Pihak pengelola kampus pun secara maksimal mencari cara promosi universitas di internet.

Sebagai “kantor di dunia maya”, website sekolah atau website kampus menjadi pertimbangan para orang tua untuk memilih sekolah/kampus untuk anaknya. Biasanya mereka juga akan mencari informasi sebanyak-banyaknya di website sebelum mendatangi sekolah/kampus tersebut.

Informasi yang dicari adalah seputar program yang dijalankan sekolah terkait kurikulum, kegiatan ekstra kurikuler apa saja yang difasilitasi, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua, testimoni orang tua dan siswa, prestasi siswa dan sekolah, melanjutkan ke mana saja siswa, berkiprah di mana saja lulusan kampus yang bersangkutan, dan akreditasi sekolah/kampus.

Dengan demikian, pihak lembaga pendidikan seharusnya makin aware betapa pentingnya menguasai cara promosi sekolah di Internet, di antaranya mencari tahu cara mempromosikan sekolah lewat video atau membuat kata kata promosi kampus yang efektif sekaligus menarik.

Promosi Sekolah di Website

Perhatikan cara berbicara mempromosikan sekolah, jangan terlihat monoton atau membosankan sebab tampilan yang membosankan tidak akan membuat orang betah menyaksikannya lebih lama lagi. Sayang, kan jika kualitas sekolahnya bagus tapi tidak terwakili dengan baik di dunia maya.

Untuk mempromosikan sekolah di internet, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Membuat Website yang Mewakili Kualitas Sekolah di Dunia Nyata

Website itu ibarat kantor perwakilan di dunia maya. Jika di dunia nyata kualitas sekolah bagus maka demikian pula yang selayaknya diperlihatkan di website sehingga orang tua yang membukanya tertarik klik tombol DAFTAR atau REGISTRASI guna mendaftarkan anaknya. Tata website agar user friendly sehingga siapapun mudah menggunakan dan berselancar atau berpindah-pindah dari satu menu ke meu lain, lalu ke home di dalam website terkait. Senantiasa update konten secara berkala sehingga mampu menunjukkan aktivitas nyata sekolah.

2. Mempromosikan Sekolah di Sosmed

Gunakan semua jenis media sosial yang bisa dipergunakan, tentu saja sembari memperhitungkan sumber daya yang bisa mengelolanya. Jika memungkinkan, gunakan tenaga digital public relation atau admin yang piawai dalam berinteraksi dengan orang-orang yang butuh informasi. Buat juga video promosi, jangan hanya menyebar pamflet atau infografis. Gunakan desain yang eye catching dan pertimbangkan untuk menggunakan fitur iklan berbayar di media sosial agar jangkauan promosi lebih luas lagi.

3. Kerja Sama dengan Pihak Ketiga untuk Meningkatkan Performa Website

Website yang dibuat harus dikelola secara maksimal. Jangan cuma dibuat sekadarnya lalu ditinggalkan. Bukan hanya di-update kontennya, juga perlu ditingkatkan SEO-nya agar visibilitasnya tinggi di mesin pencari. Website sekolah/kampus juga perlu memiliki backlink berkualitas yang dapat mendukung performanya.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang relevan dengan konten yang ada di website sekolah/kampus. Serahkan pada pihak ketiga seperti RajaBacklink untuk mendapatkan backlik berkualitas.

Backlink dari RajaBacklink bukan hanya untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari, melainkan juga untuk membuat orang percaya karena artikel yang ditulis oleh blogger andal bisa membuat kesan positif bagi website sekolah. Tentu saja tulisan positif yang dihasilkan berasal dari kualitas sekolah/kampus juga.

Well, kalian punya referensi website sekolah atau website kampus yang menurut kalian bagus? Share yuk di kolom komentar!

1 komentar

  1. Bekarja sama dengan pihak ketiga itu sangat penting ya
    agar web lebih banyak dikenal, semua demi SEO

    BalasHapus