Cara Memenangkan Lomba Reel On The Spot

Cara Memenangkan Lomba Reel On The Spot Menulis cara memenangkan lomba reel Instagram on the spot, apakah karena saya pernah memenangkan lomba? Oh tentu tidak tetapi saya mengamati teman-teman yang memenangkan lomba dan menyimpulkan apa saja yang mereka lakukan.

Jujur, beberapa hari lalu saya mengikuti lomba reel dengan persiapan yang menurut saya sangat matang. Saking sangat matangnya, saya justru kalah. 😂Saya bawa laptop dan bersiap membuat video reel Instagram di aplikasi Canva di website. Sudah saya siapkan di browser, termasuk template-nya. Harapannya secepatnya saya bisa membuat video menggunakan Canva.

Memenangkan Lomba Reel On The Spot

Pada kenyataannya, ada beberapa kendala yang tidak membuat apa yang saya sudah rencanakan berlangsung mulus. Laptop ASUS tua yang saya bawa tidak bisa dikoneksikan dengan WiFi hotel sehingga saya meminta bantuan Anbhar, teman blogger untuk mengoneksikan laptop dengan WiFi. Alhamdulillah berhasil.

Tenggat waktu tantangan membuat reel tidaklah lama. Sampai-sampai waktu yang seharusnya dipergunakan untuk makan malam usai shalat maghrib saya pergunakan untuk mengedit video. Piring makan saya letakkan di samping laptop, nasi dan lauk dimakan sembari menyelesaikan video.

Sayangnya, kecepatan WiFi tidak mendukung. Untuk mengakses Canva tidak memadai, lalod-nya minta ampun. Saya tidak bisa mengecek dengan baik hasil editing video karena bakal makan waktu jadi secepatnya saya menyelesaikan editing video.

Ketika upload ke Instagram menggunakan handphone dengan mobile internet yang ada, lambatnya minta ampyun. Beberapa kali proses unggah berjalan tertatih-tatih hingga 90% lalu tiba-tiba berhenti, tidak ada kemajuan lagi. Setelah refresh pun tetap sama.

Mbak MC menganjurkan saya untuk menggunakan WiFi. Awalnya saya ragu karena pengalaman di laptop saya leletnya luar biasa, sepertinya di HP sama saja. Ternyata tidak, akhirnya saya berhasil upload menggunakan HP dengan WiFi setelah perpanjuangan waktu beberapa kali. Sepertinya saya doang nih yang ditunggu hingga akhirnya panitia mengumumkan para pemenang.

Betapa kagetnya saya melihat video yang sudah diunggah. Tidak sesuai harapan, banyak terdapat kesalahan di dalamnya. Ini akibat tergesa-gesa karena perangkat yang digunakan kurang memadai, di luar ekspektasi.

Belajar dari pengalaman ini, saya menyimpulkan begini cara memenangkan lomba reel on the spot:

  • Gunakan perangkat yang sudah dijamin memadai dipakai pada hari H.
  • Pastikan internet bisa dipergunakan dan kecepatannya memadai. Jika bisa, siapkan mobile internet dari provider-provider berbeda, jangan mengandalkan WiFi saja. Ingat untuk mengecek berapa kuota tersisa di smartphone.
  • Gunakan aplikasi editing video yang praktis digunakan dari smartphone saja. Sebaiknya gunakan yang memang sudah biasa digunakan atau dikuasai. Jangan tiru saya yang sok-sok pakai Canva di laptop tetapi sulit upload postingan.

Intinya, waktu yang tersedia harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Apa yang bisa dipersiapkan sedini mungkin, persiapkanlah supaya tantangan bisa diselesaikan tepat waktu dan hasilnya  bagus. Ada yang pernah ikut lomba reel Instagram on the spot? Share pengalaman, ya.

0 komentar