Promosi Cafe di Instagram pada Era Digital, Ada Rajakomen

Promosi Cafe di Instagram pada Era Digital, Ada Rajakomen Café di  kota saya perkembangannya sangat pesat. Takjub dengan ramainya kafe-kafe di kota ini. Momen sepinya hanya saat awal pandemi saja sampai 1 tahun kemudian. Pada tahun 2022, saat banyak orang masih ketar-ketir dengan virus covid-19, banyak kafe dan restoran di sini santai saja dalam menerima tamu dengan tak mensyaratkan pemakaian masker kepada tamunya sekalipun pengunjungnya banyak.

Suatu hari di bulan puasa tahun 2022 saya menghadiri acara buka puasa bersama teman-teman panitia reuni seangkatan semasa kuliah di restoran sebuah hotel bintang 4. Masya Allah restonya penuh. Meja-meja tambahannya pun penuh. Riuh-rendah suara orang-orang di sana, untuk bercakap-cakap pun harus setengah berteriak.

Promosi di Instagram

Café
memang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat zaman now-nya orang Indonesia. Berbagai kegiatan dilaksanakan di kafe atau restoran hotel. Perusahaan dan instansi pemerintahan kerap mengadakan kegiatan di restoran hotel atau kafe. Juga menjadi tempat pertemuan keluarga, reuni dengan teman lama, arisan, atau sekadar nongkrong-nongkrong dengan teman.

Kafe kekinian kebanyakan didesain semenarik mungkin sehingga pengunjung betah berlama-lama di dalamnya sembari nge-wifi. Maka dari itu, adanya promosi café baru senantiasa menjadi incaran orang-orang yang senang ke kafe.

Dengan banyaknya kafe dan resto sekarang ini membuat mereka perlu menjalankan strategi pemasaran café agar semakin banyak event yang cocok untuk café dilaksanakan di tempat mereka karena persiangan semakin ketat untuk merebut perhatian pengunjung.

Salah satu cara pemasaran yang dilakukan mayoritas pengusaha dan pengelola kafe dan resto saat ini adalah digital marketing melalui kata-kata promosi café di Instagram, termasuk kata-kata promosi di Instagram story.

Manfaat promosi bisnis melalui media sosial Instagram besar sekali karena platform yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Kriege ini merupakan media sosial yang populer digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data dari Napoleon Cat[1], pengguna Instagram di Indonesia jumlahnya 97,17 juta hingga Desember 2022.

Berdasarkan usia, 38% pengguna Instagram di Indonesia berumur 18-24 tahun. Sebanyak 29,8% penggunanya berumur 25-34 tahun. Sejumlah 12,5% penggunanya berumur 13-17 tahun. Kemudian, 12,2% user Instagram Indonesia berumur 35-44 tahun. Pengguna Instagram berusia 45-54 tahun ada 4,7%, sementara sisanya adalah kelompok umur 55 tahun ke atas[2].

Nah, terlihat kan peluang besar promosi café di Instagram untuk memasarkan kafe beserta macam-macam jualannya. Dalam sebuah artikel di Rajakomen.com disebutkan bahwa:

Manfaat promosi bisnis menggunakan Instagram adalah jangkauan target yang lebih luas karena aplikasi ini dipergunakan oleh dunia internasional. Menariknya, aplikasi Instagram sekarang memiliki fitur tab Explore yang dibuat khusus untuk toko online. Fitur ini digunakan untuk menjangkau target pasar lebih luas bahkan berpeluang mendapatkan calon konsumen dari luar negeri[3].

Cara meramaikan café melalui Instagram harus direncanakan sebaik mungkin sebagai langkah promosi café di Instagram, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Akun Bisnis

Pastikan jenis akun merupakan akun bisnis. Admin atau pengelolanya menyadari pentingnya layanan di akun Instagram ini selayaknya layanan di dunia nyata, sopan dan bersegera dalam menjawab pesan, jangan dianggurin dalam waktu lama. Pada profil, pasang foto keren yang sangat mewakili kafe. Cantumkan pula deskripsi singkat kafe dengan jelas, beserta nomor kontak yang bisa dihubungi.

2. Konten

Gunakan semua jenis postingan dan fitur Instagram, baik pada foto maupun video, reels maupun story. Edit foto dan video dengan cara terbaik dan gunakan file dengan resolusi terbaik. Jika perlu, gunakan jasa food photographer agar menarik mata. Foto makanan dan minuman yang menarik adalah yang membuat yang melihatnya ingin segera menyantapnya. Tampilkan menu andalan dengan tampilan terbaik. Pada caption, kreatiflah dalam membuat kata-kata promosi café di Instagram.


Caption Promosi di Akun Instagram

Tampilkan spot-spot instagrammable yang menarik di dalam kafe agar yang melihatnya tertarik berkunjung, tak sekadar mencicipi sajian makanan dan minum, juga berfoto-foto di kafe. Buat juga konten yang mendidik atau informatif, konten menghibur atau humor, tutorial, dan “behind the scene”.

 

3. Kerja Sama dengan Pihak Lain

 

Jika memungkinkan, kerja samalah dengan influencer atau blogger untuk mempromosikan makanan, minuman, dan suasana kafe di akun Instagramnya. Agar makin ramai, bisa juga bekerja sama dengan komunitas-komunitas yang bisa mengangkat akun Instagram kafe menjadi lebih populer. Bisa juga berkolaborasi dengan brand lain. Sekarang ini brand-brand sering kali berkolaborasi satu sama lain. Contohnya brand seprei bekerja sama dengan tepung bumbu atau brand lipstik bekerja sama dengan brand permen.

Kerja sama lain dengan pihak ketiga bisa juga dalam rangka meningkatkan engagement postingan dan akun Instagram resmi kafe. Misalnya dengan Rajakomen yang telah mengeluarkan beberapa alat bantu untuk promosi produk/jasa dari para pelaku bisnis di Indonesia dengan tujuan memperluas target market di dunia online.

Rajakomen.com menyediakan “pasukan” yang terdiri atas real people untuk berkomentar dan memberi like di postingan Instagram kliennya. Komentar relevan dengan postingan dan tidak boleh terlalu pendek. Cocok bagi pemilik atau pengelola akun kafe yang super sibuk.

Well, kalian pemilik kafe? Sudahkah menjalankan langkah-langkah di atas sebagai cara meramaikan café? Share dong dampaknya bagi usaha kalian!

Makassar, 25 Februari 2023


Catatan kaki:

[1] https://dataindonesia.id/Digital/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022, diakses 25 Februari 2023, pukul 20:57.

[2] Idem.

[3] https://rajakomen.com/blog/5-manfaat-promosi-bisnis-melalui-media-sosial-instagram-94b3087dea.php, diakses 25 Februari 2023, pukul 21:35.

0 komentar