Cara Masak Nasi Anti Basi

Pengetahuan mengenai cara masak nasi anti basi perlu dipunyai oleh kita yang menganggap “tak kenyang jika belum makan nasi”. Orang Indonesia kebanyakan seperti ini padahal sudah makan bermacam makanan berbahan karbohidrat, tetap saja merasa belum makan.

Cara Masak Nasi Anti Basi


Sekarang sudah tidak zaman memasak nasi dengan dandang atau panci. Jauh lebih banyak orang memilih menggunakan penanak nasi elektronik agar lebih praktis dalam menciptakan hidangan makanan pokok di tengah keluarga. Salah satu tantangannya adalah, bagaimana agar nasi yang dimasak menggunakan penanak nasi elektronik tidak cepat basi.

Memasak nasi agar tidak cepat basi membutuhkan beberapa teknik yang tepat untuk menjaga kebersihan dan proses memasak yang benar. Berikut ini cara memasak nasi anti basi yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Pilihlah Beras yang Berkualitas Baik

Gunakan beras baru yang masih segar dan berkualitas baik. Beras yang sudah lama atau berkualitas rendah cenderung lebih cepat basi. Pastikan beras yang dipilih berkualitas baik agar memulai cara sehat memasak nasi dengan langkah tepat.

2. Cuci Beras Hingga Bersih

Cucilah beras dengan baik, sampai bersih. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan lapisan pati yang bisa mempercepat proses pembusukan.

3. Gunakan Air Bersih

Pastikan air yang digunakan untuk memasak bersih dan bebas dari kontaminasi. Lebih baik lagi jika dicuci di air yang mengalir.

4. Tambahkan Jeruk Nipis atau Cuka

Saat memasak nasi, tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis atau cuka ke dalam air masak. Asam ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan nasi cepat basi.

5. Masak dengan Takaran Air yang Tepat

Gunakan takaran air yang pas. Kadara air yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mempengaruhi tekstur nasi dan mempercepat basi.

6. Jangan Menyentuh Nasi Secara Langsung dengan Tangan

Setelah nasi matang, hindari menyentuhnya dengan tangan. Gunakan sendok nasi yang bersih untuk mengambil nasi. Ketika menyendokkan nasi ke piring jangan sentuh nasi di sendok nasi menggunakan tangan untuk mengambil nasi yang melengket sebab kontaminasi dari tangan bisa mempercepat nasi basi.

7. Segera Dinginkan Nasi

Setelah nasi matang, segera keluarkan dari rice cooker dan dinginkan. Menyimpan nasi dalam keadaan panas dalam waktu lama bisa membuatnya cepat basi.

8. Simpan di Tempat Sejuk

Jika tidak langsung dikonsumsi, simpan nasi di tempat sejuk atau dalam kulkas. Penyimpanan di suhu kamar dapat membuat nasi cepat terkontaminasi bakteri.

9. Panaskan Ulang Nasi dengan Benar

Jika nasi disimpan dalam kulkas dan ingin dikonsumsi lagi, panaskan nasi dengan benar. Pastikan nasi dipanaskan hingga suhu yang cukup tinggi untuk membunuh bakteri.

10. Gunakan Rice Cooker yang Bersih dan Anti Basi

Jika menggunakan rice cooker sebagai penanak nasi, pastikan rice cooker yang dipergunakan dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan. Rice cooker yang kotor dapat menjadi sarang bakteri. Pilihlah rice cooker anti basi seperti SEKAI CMW 515 dan penanak nasi SEKAI CMW 520.


SEKAI CMW 515


Penanak Nasi SEKAI CMW 515

 

SEKAI CMW 515 yang bervolume 1.8 liter merupakan penanak dan penghangat nasi yang tepat untuk pemakaian keluarga. Daya listriknya rendah sehingga dapat dioperasikan untuk semua kalangan. Penanak nasi ini tersedia dalam 2 pilihan warna: hitam dan putih.


Keunggulan SEKAI CMW 515

1. 3D heating element.

Dengan menggunakan teknologi 3D heating element, nasi yang dimasak tidak cepat menjadi basi dan tahan sampai 48 jam lamanya.

2. Low watt.

Membutuhkan daya 395 watt, dapat beroperasi di tegangan listrik rumah tangga yang rendah.

3. Material anti lengket.

Panci nanotech untuk menanak nasi terbuat dari material food grade berkualitas sehingga tak mudah lengket, tergores, lagi gampang dibersihkan.

4. Kapasitas 1,8 liter

Kapasitas masaknya cukup besar, yaitu 1,8 liter sehingga alat yang dilengkapi dengan thermofuse dan thermostat ini cocok untuk memasak nasi untuk sekeluarga.


Penanak Nasi SEKAI CMW 520

SEKAI CMW 520 1.8L merupakan rice cooker sekaligus penghangat nasi dari SEKAI. Produk ini memiliki stainless body yang sangat cocok untuk keluarga. Menggunaka daya rendah dan bisa dioperasikan untuk seluruh kalangan masyarakat.

SEKAI CMW 520


Keunggulan SEKAI CMW 520

1. 3D heating element.

Seperti SEKAI CMW 515. rice cooker tipe CMW 520 ini juga menggunakan teknologi 3D heating element yang mampu membuat nasi yang dimasak tidak mudah basi dan tahan sampai 48 jam lamanya.

2. Low watt.

Menggunakan daya listrik sebesar 395 watt, penanak nasi SEKAI tipe ini dapat beroperasi bahkan pada tegangan listrik rumah tangga yang rendah.

3. Material anti lengket.

Panci nanotech untuk menanak nasi terbuat dari material food grade yang berkualitas sehingga tidak mudah lengket, tidak mudah pula tergores, serta mudah dibersihkan.

4. Ukuran relatif besar

Kapasitas dari SEKAI yang memiliki 2 pilihan warna: rose gold dan silver ini 1,8 liter, cocok untuk memasak nasi dalam jumlah banyak.

Demikianlah, sekilas tentang cara memasak nasi anti basi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko nasi cepat basi dan tetap menikmati nasi yang segar lebih lama.

Makassar, 24 Mei 2024

Info pembelian #Ricecookerantibasi48Jam: https://bit.ly/3V7PEkj.



13 komentar

  1. Asik asiikk,💪 akhirnyaaa ada life hacks yg siap bikin hidup jadi gampiill.karena memang perkara nasi basi tuh PR bgt utk emak2 jaman now. kan sayang klo buang2 nasi ya

    BalasHapus
  2. Aku biasa pake cara yg ditetesi. Jeruk nipis mbak. Tp kalo sedang ga ada jeruk nipis, pake cuka apel. Dan memang sih ini memperlama basi. Mungkin Krn kandungan asamnya juga ya

    Tp aku percaya rice cooker pun menentukan. Aku pernah pake rice cooker brand E, bertahan sampeb9 tahun. Akhir ganti, tp pilih yg brand C Krn murah 😂. Ternyata jelek mbak cepet bgt basi. Begitu dpt bonus, LGS beli yg bagus lagi.

    Sekai aku belum pernah coba sih. Nanti deh kalo rice cooker yg skr udh rusak, baru coba pake 😄

    BalasHapus
  3. Sekai aku pernah beliin buat saudaraku, ternyata cukup bagus dan awet juga yaa. Produk lokal ini kan ya kalo gasalah?

    Salah satu poin penting ya nomor satu. Soalnya kalo beras murah, biar kata pake magic car mwahal sekalipun yaa tetep ga bakalan awet lama nasinya. Belum apa-apa udah basi lagi.

    BalasHapus
  4. tips-nya berguna banget. Kami sekeluarga kebiasaan membiarkan nasi dalam rice cooker dan baru menyimpannya di kulkas pada malam hari.Dan sepertinya perlu ganti rice cooker juga nih, untuk mengindari nasi cepat basi.

    BalasHapus
  5. Aku pernah Kak habis masak nasi lalu dibiarkan selama 10 jam di magic com eh habis itu basi, sedih dah. Mana udh lapar. Untung hbs itu ada yg ngasih lontong jadi terselamatkan.

    Makasih tipsnya. Lain kali dikasih jeruk nipis biar nasi gak cepat basi.

    Sekai aku pake produk ovennya tapi untuk rice cooker belum Pernah.

    BalasHapus
  6. sebel kalau nasi yang kita masak di rice cooker jadi cepet kering dan basi dan nasinya jadi kebuang sia-sia juga, sayang banget
    beruntung sekarang makin canggih nih ada rice cooker Sekai yang tahan 48 jam anti basi.
    kadang nasi basi juga dari kualitas berasnya ya mbak, padahal beras yang dipilih udah bagus, tapi kadang masih aja suka muncul bau basi.
    Sekai membantu sekali apalagi ukurannya juga pas untuk keluarga kecil

    BalasHapus
  7. Nah iya mba, nasi di masak pakai tetesan jeruk nipis lebih awet dan ternyata SEKAI punya teknologi yang keren banget. Bikin nasi awet dan gak basi sampai 48 jam, beneran solutif buat yang masak jarang habis nih. Terpenting low watt juga, mantul sih.

    BalasHapus
  8. kalo ditetes jeruk nipis atau cuka itu gak mempengaruhi rasa nasi nya nanti ya kak? jadi ikut berasa asem gak hehe..pengen cobain juga jadinya
    tapi sepertiny alat penanak nasi juga sangat berpengaruh kak, aku pernah pakai alat penanak nasi blm sampai 1 hari kadang nasi sudah berbau berubah warna jadi kuning juga gitu,,,untungnya yg aku pakai sekarang cocok banget dh kucoba 1 hari lebih masih ama tdk basi dan tidak berubah warna :)
    tapi keren juga ini sekai bisa awet sampai 48 jam dan low watt pula..bisa deh nanti coba ini kalo yg lama sdh waktunya ganti :)

    BalasHapus
  9. Saya baru tau kalau ternyata emang gak boleh lama taro di lama di rice cooker karena bisa basi. Pilihan Rice Cooker juga sengefek itu ya, benar-benar baru tau sebagai new bunda bundi.

    BalasHapus
  10. Tipnya pastinya bermanfaat sekali mba karena beberapa kali saya baca di inet banyak yang mengalami masak nasi basi, tips ini pasti bermanfaat sekali jadinya, salah satunya memang dalam memilih rice cookernya harus tepat ya

    BalasHapus
  11. Dari kemarin penasaran dengan rice cooker anti basi ini deh mana modelnya juga cantik untuk diletakkan di dapur terima kasih tips nasi anti basi ya mau dipraktekkan nih

    BalasHapus
  12. Naksir banget sama Sekai rose gold.
    Memang punya rice cooker yang bisa menghangatkan dengan suhu stabil ini penting banget. Soalnya rice cooker-ku model lama, kalo pas ngangetin suka kepanasan.. Huhuhu, jadi kering. Tapi kalau dicopot, nasinya jadi dingin dan cepat basi.
    Kudu banget cobain rice cooker Sekai, hihihii...

    BalasHapus
  13. Wah iya, jadi keingetan beberapa hari ini masak nasi agak basi. Kayaknya karena kurang didinginkan dan diaduk. Dan mungkin mejikomnya yang udah gak berfungsi dengan baik. Apa harus ganti baru dengan yang ini? Duuuh mau banget deh ih Sekai yang ini.

    BalasHapus