Cara Mendapatkan Modem Orbit Telkomsel

Cara Mendapatkan Modem Orbit Telkomsel – Kebutuhan internet sekarang ini membuat kita membutuhkan alternatif penyedia internet yang praktis dan murah. Bagi sebagian orang, tak mudah mendapatkan modem (alat modulator demodulator) yang berfungsi melakukan komunikasi dan pemeriksaan paket data internet.

Sementara itu, paket data dari mobile internet di smartphone tak bisa selalu dipergunakan, apalagi jika sejumlah perangkat tethering ke smartphone. Kasihan ponselnya. Bisa pendek usianya kalau selalu berfungsi selaku modem untuk 3 – 4 perangkat.


Orbit Star 2

Carajalani mencoba mencari tahu kemungkinan untuk menggunakan dua macam modem dari 2 provider berbeda dan ternyata jawabannya adalah belum memungkinkan. Maka pilihan kemudian berpindah kepada modem Orbit yang iklannya wara-wiri di media sosial. Menariknya, sedang ada diskon, untuk modem Orbit Star 2 yang harganya mencapai 800.000 rupiah saat itu tinggal 692.000 rupiah.

 

Cek Kekuatan Sinyal Dulu

 

Pertama kali mengecek di website myorbit.id, diinformasikan bahwa sinyal internet Telkomsel kuat untuk area tempat tinggal Carajalani. Kalau sudah begini, berarti tinggal memesan modemnya. Maka Carajalani bergegas ke Grapari terdekat dari rumah.

 

Cek jangkauan Orbit
Terjangkau sinyal.

Membeli Modem Orbit

 

Tiba di Grapari jalan A. P. Pettarani, Satpam bertanya tujuan kedatangan. Carajalani menjelaskan keinginan membeli modem Orbit di kantor Grapari. Satpam mempersilakan menuju sudut barat daya lobby yang sekaligus merupakan ruangan besar di mana semua kabutuhan pelanggan dilayani.

Di dalam ruangan besar ini, seorang petugas laki-laki menemui Carajalani. Kepadanya Carajalani menyampaikan keinginan membeli modem Orbit. Si petugas mengatakan bahwa pihak Grapari hanyalah pihak yang dititipi, untuk pembelian harus langsung ke website myorbit.id. Harus punya akun dulu. Setelah registrasi, lakukan pembelian di dalam website tersebut.


Cara membeli orbit
Membeli melalui website. Pilih pembayaran sesuai kenyamanan.

Nah, kalau sudah ada bukti pembayaran modem, kembali ke Kantor Grapari untuk mengambil modemnya. Bisa juga ambil pilihan lain, yaitu menunggu modemnya dikirimkan ke rumah. Setelah dipikir-pikir, mendingan sekalian jalan saja. Kalau ke Kantor Grapari, hari itu juga modem bisa diperoleh, sekaligus bisa ditanya mengenai setting jika ada yang harus di-setting.

Sang petugas membantu proses pembuatan akun. Password harus menggunakan karakter unik semisal “#” dan “?”, bukan hanya deretan angka/huruf. Pembayaran dipilih melalui kantor pos karena uang cash sudah dibawa. Si petugas pergi tanpa pesan dalam proses pembelian di website. Carajalani pikir dia akan mengambil sesuatu. Rasanya seperti dia meminta menunggu.

Setelah puluhan menit berlalu … sang petugas tak kunjung muncul. Kepada seorang satpam yang bertugas, Carajalani menanyakan si petugas. Kata Pak Satpam, kemungkinan orang tersebut sedang beristirahat. Ealah harusnya dia mengatakan kata-kata perpisahan dulu, jangan main pergi saja.

Sebagai tamu yang baik kan Carajalani menunggu tuan rumah mengatakan sesuatu sebelum pergi. Tahu begini, tak perlu menghabiskan waktu menunggu kepastian yang tak kunjung muncul.

 

Pembayaran Modem Orbit

 

Untungnya ada kantor pos di Jalan Andi Pangerang Pettarani. Diantar anak bujang dengan motornya, Carajalani menuju kantor pos terdekat. Sangat mudah proses pembayarannya, bertepatan kantor pos sedang sepi. Dengan biaya admin sebesar Rp. 2.500 saja, tanda bukti pun segera di tangan. Kami bergegas kembali ke Kantor Grapari.


Tanda bukti pembayaran Orbit
Struk pembayaran di kantor pos terdekat.

Pengambilan Modem Orbit Star 2 di Kantor Grapari

 

Kembali ke Kantor Grapari, kami langsung dipersilakan Pak Satpam untuk masuk ke dalam gedung. Seorang petugas yang Carajalani tanyai sembari memperlihatkan bukti pembayaran, mempersilakan kami untuk menunggu di sebuah ruang tamu eksklusif. Ruang tamu mungil yang ditata cantik dengan dekorasi manis.

Bermenit-menit menunggu, seorang petugas lelaki mengambilkan modem dan menanyakan apakah mau dibantu setting-nya. Carajalani mengiyakan. Lelaki itu pergi. Kami menunggu dia kembali sembari mencoba mengoperasikan modemnya. Menyala, bisa terhubung dengan HP Carajalani.

Oya, ada verifikasi data dulu. Jadi, KTP dibutuhkan di sini. Karena lupa membawa KTP, Carajalani menyimpan nomor si petugas untuk mengirimkan foto KTP melalui pesan Whatsapp. Nomor ini bermanfaat setelah kami pulang ke rumah.

Beruntung ada nomor yang di-save karena Carajalani memutuskan pulang, tidak menunggu si petugas datang kembali setelah memberikan foto KTP. Pasalnya dia pun tak ada pesan dan kesan lagi. Entah bagaimana setting selanjutnya tapi menunggu lama tanpa kepastian itu sama sekali tak enak, Bro!

 

Bonus Kuota

 

Bonus kuota Orbit
Kalau masih 0 GB seperti ini berarti setting belum selesai.

Sampai di rumah, utak-atik setting modem tak berhasil. Entah bagaimana mengklaim bonus kuota sebesar 50 Giga Byte. Sebagai bagian dari keluarga pemangsa kuota, 50 GB itu berarti sekali lho. Nah, untungnya masih menyimpan nomor petugas yang membantu urusan modem. Melalui Whatsapp kami berkomunikasi sehingga akhirnya bonus kuota bisa diklaim.

***

Jadi, Gaes, ingat ya, pembelian modem Orbit berlangsung di website resmi setelah yakin di daerahmu sinyal kuat dan registrasi di website. Ada sejumlah metode pembayaran yang bisa kalian pilih sesuai kenyamanan. Barangnya diambil di Grapari tapi pastikan setting-nya sudah oke dan bonus paket data yang dijanjikan bisa diklaim. Semoga bermanfaat ya informasi ini.

Makassar, 13 Juni 2021


Catatan:

Paket data Orbit murah. Kuota murah Telkomsel ada di Orbit. Untuk 100 GB harganya Rp. 130.000. Jika berminat, silakan gunakan kode referral MUGW9Y5 dan dapatkan tambahan kuota 5 GB.


4 komentar

  1. Langsung Dewi bookmark deh info yang penting begini. Seringkali nyari modem yang bisa ngebantu banget memperlancar job dan pastinya hemat😍 thanks kode referalnyaaa

    BalasHapus
  2. Info yg sangat berguna, terima kasih kk

    BalasHapus