4 Hal Penting untuk Dipertimbangkan Saat Membeli Printer

4 Hal Penting untuk Dipertimbangkan Saat Membeli PrinterMemiliki printer pribadi di rumah bukan lagi masalah gaya, tapi kebutuhan. Apalagi tidak hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkannya untuk mencetak berbagai laporan dan proposal. Siswa sekarang mulai membutuhkan printer yang berkualitas baik sehingga mereka tidak perlu khawatir mencetak pekerjaan rumah atau penelitian mereka di kemudian hari.

Dan tentu saja, tidak dapat disangkal bahwa dengan printer pribadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak apa yang Anda butuhkan. Dengan cara ini, tampaknya terlepas dari harga printer yang Anda pilih, seharusnya tidak menjadi masalah karena tetap bisa menjadi investasi. Banyak hal yang bisa dikaryakan dengan mesin cetak yang kita punyai itu, bisa jadi peluangbisnis yang menguntungkan. Namun pastikan dalam memilihnya agar tidak membuang-buang uang dengan sia-sia. Sekarang, mari kita lihat apa yang harus dicari ketika mencari printer.

Membeli Printer

1. Jaringan wireless

 

Semakin modern zaman, semakin tinggi fungsi printer. Salah satunya adalah koneksi nirkabel alias koneksi nirkabel yang memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen tanpa mencolokkan kabel USB ke perangkat, baik itu laptop, PC, atau ponsel. Menggunakan koneksi internet yang stabil dan bluetooth untuk menghubungkan ponsel atau laptop Anda ke printer, Anda dapat mencetak dari jarak jauh. Namun tentunya jarak jauh tersebut masih dalam satu jaringan WiFi yang sama. Tidak hanya lebih modern, fitur ini juga membuat proses pencetakan menjadi lebih fleksibel. Sayangnya, fitur ini hanya dapat ditemukan pada printer mid-range hingga high-end, bukan edisi standard.

 

2. Printer biasa atau printer multifungsi?

 

Nah, itulah pilihan yang membingungkan. Memilih antara printer standard atau all-in-one selalu menimbulkan kebingungan ketika bertentangan dengan keinginan dan kebutuhan. Tentu saja jika melihat tren, printer all-in-one akan menjadi juara karena dalam satu perangkat Anda dapat mencetak, memindai, dan menyalin. Bagi Anda yang sudah harus menyewa komputer atau mesin fotokopi terlebih dahulu untuk memindai dan menyalin dokumen, printer jenis ini merupakan pilihan yang hemat biaya.

Namun, printer standard bukanlah pilihan yang buruk. Meski fungsinya hanya untuk mencetak dokumen, harga printer ini tak bisa disangkal menarik karena bekerja lebih efisien. Bahkan ada printer standard dengan harga Rp700.000 – Rp.800.000. Printer standard cocok untuk Anda yang memiliki scanner atau mesin fotokopi di rumah. Jika Anda sudah memiliki satu, mengapa membeli yang lain, bukan?

 

3. Printer Infus dan Printer Inkjet

 

Membeli printer bukan hanya tentang fitur dan teknologi canggih. Anda juga perlu memperhitungkan biaya operasional per bulan, seperti biaya penggantian tinta. Ada dua jenis printer berdasarkan sistem tinta. Yang pertama adalah inkjet printing, dimana tinta dituangkan ke dalam ink cartridge sehingga jika tinta habis, tidak hanya tinta yang tidak diisi ulang, tetapi juga harus mengganti dry ink cartridge.

Harga Printer

Yang kedua adalah printer infus dengan sistem tangki tinta model terbaru. Printer jenis ini memiliki penampungan tinta yang dinilai lebih aman dan hemat karena pengisian ulang tinta dilakukan di luar perangkat dan bukan di dalam cartridge. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk tetap bisa memantau seberapa banyak sisa tinta untuk mencegah tinta mengering. Sayangnya, printer dengan sistem tinta ini biasanya lebih mahal daripada printer inkjet.

 

4. Harga Printer

 

Pertimbangan terakhir tentu saja pertanyaan tentang harga printer itu sendiri. Secara umum, harga sebuah printer sebanding dengan spesifikasi dan fiturnya. Semakin tinggi teknologi yang digunakan atau semakin kompleks, semakin tinggi harganya. Namun bukan berarti printer mahal adalah yang terbaik untuk Anda, karena semuanya tergantung kebutuhan. Apa gunanya memiliki printer modern tetapi begitu banyak fungsi yang terbuang sia-sia karena Anda tidak memerlukannya untuk melakukan pekerjaan sehari-hari? Membuang fitur seperti membuang uang yang Anda gunakan untuk membeli printer.

Pada akhirnya, harga printer bukan satu-satunya hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli printer incaran. Masih banyak hal penting lainnya seperti yang sudah Anda baca di atas. Ingat, jangan hanya mengikuti kemauan Anda karena kebutuhan Anda lebih cocok sebagai dasar memilih jenis printer yang Anda beli.

Namun demikian tak ada salahnya membeli printer yang berharga mahal jika Anda sudah berpikiran untuk menjadikannya solusi berkarya tanpa batas dari rumah yang bisa menjadi ladang rezeki baru.

2 komentar

  1. Untuk saat ini saya masih pakai printer standar alias biasa saja. Andai waktu awal-awal buka usaha toko obat, mungkin saya usahakan punya printer yang lebib baik dan lengkap. Karena butuh cetak foto2 obat dan daftar harganya melalui hp.

    BalasHapus
  2. Pernah punya printer waktu zaman sekolah memang praktis ya butuh apa saja yang dicetak jadi praktis langsung print sendiri ngga usah ke tukang fotokopi

    BalasHapus