Langsung ke konten utama

13 Ide Produk Berbahan Utama Pipa Air untuk Industri Rumahan

13 Ide Produk Berbahan Utama Pipa Air untuk Industri Rumahan Rupanya ada orang-orang yang menimbang harga pipa air Rucika menjadi lebih murah untuk dibuat sesuatu lalu dijual ketimbang membeli di super market. Artinya, lebih mudah dan murah membuat sendiri ketimbang membeli yang jadi.

Pipa air Rucika yang bermacam-macam bentuknya itu oleh sejumlah orang dijadikan bahan baku membuat karya yang kemudian bisa dijual kembali. Betapa tidak, kualitasnya sudah teruji selama puluhan tahun.

 

Beberapa Penghargaan yang Diterima Pipa Air Rucika

 

Beberapa penghargaan diraih Rucika, seperti Superbrands Award pada tahun 2019. Di tahun yang sama, Rucika meraih dua penghargaan Top Brand untuk kategori “plumbing/pipa” dengan Top Brand Index (TBI) tertinggi sebesar 41% serta kategori “sambungan pipa” dengan Top Brand Index (TBI) tertinggi sebesar 55.6%.

Sebelumnya, pada tahun 2018, Rucika mendapatkan Indonesia Property & Bank Award dengan kategori Bahan Bangunan sebagai “most popular pipe products with international standards” (produk pipa terkenal dengan standar internasional). Pada tahun yang sama pula diperoleh Top Brand Award.

PT. Wahana Duta Jaya, sebagai produsen Rucika berinovasi dengan bekerja sama dengan KE KELIT dari Austria. Produk RUCIKA KELEN GREEN adalah sistem perpipaan lengkap yang mumpuni untuk saluran air dingin dan panas bertekanan.

Bladeless fan PVC

Berbahan polypropylene, RUCIKA KELEN GREEN tersedia dalam berbagai kelas tekanan dan temperatur dengan variasi ketebalan dinding sesuai dengan penggunaannya.

Dengan adalah sistem penyambungan heat fusion menggunakan alat pemanas membuat sistem sambungannya bersenyawa sehingga terjamin kekuatannya, anti bocor, bebas perawatan, dan masa penggunaan sampai dengan 50 tahun.

Sementara pipa PVC RUCIKA STANDARD kelas D yang biasa dipakai untuk saluran pembuangan atau limbah memiliki 11 macam ukuran. Mulai yang berdiameter 1 – ¼ inci hingga 12 inci. Khusus pipa PVC RUCIKA STANDARD kelas AW, penggunaannya untuk air bertekanan hingga tekanan kerja 10 kg/cm2 tersedia 14 macam ukuran dengan diameter ½″ - s12″.

Nah, dengan ketangguhan seperti itu pemilihan pipa air Rucika bisa dipahami. Malahan terbuka lebar kesempatan untuk membuat industri rumahan berbahan pipa paralon.

Selain karena harga pipa air Rucika terjangkau, alasan ketahanan bahannya, juga karena ukurannya yang bermacam-macam sehingga bisa dikreasikan sesuai dengan imajinasi pembuatnya menjadi poin penting pemilihan bahanna.

Berikut ini ide produk untuk industri rumahan dari  pipa air paralon yang bisa dibuat:

 

1. Kipas angin tanpa baling-baling.

Bingung seperti apa? Bisa ternyata. Dan bahannya menggunakan pipa paralon. Kalau browsing pakai keyword bladeless fan” di YouTube, terbuka banyak postingan tentang kipas angin tanpa baling-baling ini.

2. Meja dan kursi.

Untuk meja, ada berbagai macam model. Ada yang kecil hingga meja berukuran cukup panjang. Ada yang menggunakan kaca di bagian atasnya, ada yang menggunakan kayu. Demikian pula kursi, modelnya unik-unik, tergantung dari kreativitas pembuatnya.

Meja kursi dari pipa air

3. Pot bunga.

Awal tak menyangka, pipa paralon bisa dijadikan pot bunga. Ternyata bisa lho. Tentunya pipa paralon yang diameternya berukuran besar.

Pot tanaman PVC

4. Gantungan pakaian.

Gantungan pakaian yang dibuat dari pipa PVC bisa bermacam-macam bentuknya. Ada yang berupa persegi empat dan pakaian digantungkan dengan hanger atau disampirkan di atasnya. Ada juga yang berupa pipa berukuran agak panjang yang dilubangi dan di lubangnya bisa dimasukkan hanger.

Gantungan pakaian dari PVC

5. Dudukan galon.

Urusan galon sering kali tak sederhan, terutama bagi ibu rumah tangga. Jika dispenser mahal atau sulit menjangkaunya karena ketinggian maka dudukan galon sederhana akan sangat membantu. Nah, pipa air Rucika bisa juga dibuat menjadi dudukan galon, lho.

Dudukan galon pipa air

6. Pagar.

Pagar untuk bayi sampai pagar rumah pun bisa saja dibuat dari pipa paralon, lho. Jika didesain dengan tingkat estetika tinggi, pagarnya terlihat artistik. Untuk penghalang bayi, sejumlah orang menjadikannya semacam boks dan pagar penghalang supaya bayi yang lagi belajar jalan tidak bisa melewatinya.

Pagar pipa air

7. Raft.

Berekreasi di atas danau dengan raft yang terbuat dari pipa PVC bisa saja dilakukan asalkan dibuat dengan perhitungan yang sesuai.

8. Flute.

Ternyata alat musik flute juga bisa dibuat dari pipa air Rucika. Tentunya pembuatannya harus presisi. Bagaimana menentukan diameter dan posisi lubang-lubang pada flute harus tepat.

Flute dari paralon

9. Rak pakaian.

Tiang-tiang penyangga dari rak pakaian yang cantik bisa dibuat dari pipa paralon. Dengan pengaturan warna yang menarik, rak yang dihasilkan bisa tampak artistik.

Harga pipa air Rucika

10. Instalasi bercocok tanam di lahan sempit.

Pas sekali, sekarang lagi hits kegiatan bercocok tanam di lahan sempit. Instalasi vertical garden pada dinding bisa dibuat. Kini pertanian di lahan sempit bukan halangan lagi. Anda bisa menggunakan instalasi yang vertikal atau system hidroponik.

Pertanian lahan sempit

11. Green house.

Instalasi green house bisa dibuat dari pipa PVC. Seberapa luas area yang di-cover bisa diatur dengan panjang pipa yang sesuai.

Green house pipa paralon

12. Laptop stand.

Jika ingin menggunakan laptop dengan keyboard, kita membutuhkan laptop stand. Menggunakan pipa air Rucika, ukuran pipa dan panjangnya bisa diatur, disesuaikan dengan ukuran laptop.

Laptop stand pipa air

13. Sepeda roda tiga.

Ternyata pipa paralon bisa menjadi bahan dasar sepeda roda tiga lho. Dengan harga lebih murah bisa mendapatkan mainan yang berkualitas buat anak. Aih senangnya!

Harga pipa air Rucika

Demikianlah 13 ide kerajinan yang bisa dilakukan oleh industri rumahan. Tentunya menyenangkan jika punya hobi berkreasi dengan peralatan bengkel dan membuat barang-barang yang bernilai ekonomis karena dibutuhkan oleh banyak orang, dilakukan dari rumah sebagai tempat kerja.

Makassar, 16 Oktober 2020

 

Referensi tulisan dan foto-foto berasal dari:

  • https://www.rucika.co.id/
  • https://youtu.be/P21CXs9MflA
  • https://youtu.be/1oZabfoszjc
  • https://youtu.be/zOOVj0IOb1k
  • https://youtu.be/yBcPEdRAu9Q
  • https://youtu.be/lNQ5s8_9u8g


Komentar

  1. wahh ternyata banyak juga ya aplikasi pipa yang bisa kita kreasikan. Taunya sih jadi kursi dan meja, eh ternyata banyak ya aplikasi lainnya dari bahan yang satu ini

    BalasHapus
  2. Ya ampun kreatif banget
    Saya mah palingan untuk rolling pin ngegiling adonan kue, /roti
    Yang lain ngga kepikiran 😁😁😁

    BalasHapus
  3. Lucu2 ya, idenya. Dengan kreativitas dan keterampilan semua jadi bisa terwujud.

    BalasHapus
  4. Pipa untuk bercocok tanam memang menarik yah, aku sering lihat di sini, enak hasil menanamnya bisa buat dimakan sendiri

    BalasHapus
  5. Orang kreatif, bahan satu bisa untuk jadi banyak hal, ya. Keren banget ide-idenya. Saya jadi pengen bikin seperti contoh-contoh di sini

    BalasHapus
  6. Kreatif sekali, dari sebuah pipa bisa jadi bermacam barang dengan berbagai fungsi. Aku tertarik ide membuat pagar, terlihat bagus dan pastinya bakal awet. Boleh juga nanti dipraktekkan. Terima kasih sudah berbagi informasi yang bagus ini mbak.

    BalasHapus
  7. Saya bikin rak TV dan buku dengan pipa air. Dibuat sendiri oleh suami sembari mengisi waktu-waktu lowong selama WFH. Bener-bener praktis dan fungsional. Tidak makan tempat sehingga kamar jadi terlihat lebih luas dan lapang.

    BalasHapus
  8. Dan pipa air Rucika yang bermacam-macam bentuknya itu menakjubkan...Ternyata bisa dijadikan bahan baku membuat karya yang kemudian bisa dijual kembali atau dipakai sendiri. Wah, inspiratif ide-ide karyanya

    BalasHapus
  9. Saya tertarik buat potnya nih, keren n beda tentunya. Istri saya rajin bgt beli pot haha

    BalasHapus
  10. saking kuatnya pipa sampai bisa jd sepeda. kalo buat hidroponik mah udah biasa. saya brau ngeh klao bs jd kursi dan meja segala

    BalasHapus
  11. Banyak banget yang bisa dikreasikan ya BUnd dari Pipa ini, minta suami bikinin ah wkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit

Cara Membuat Masker Kain dari Scarf Tanpa Dijahit -  Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, menggunakan masker jika terpaka harus keluar rumah adalah kewajiban. Apalagi untuk wilayah atau kota-kota yang sedang menjalani masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti Makassar.

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19

Cara Menyikapi Musibah Kematian di Masa Pandemi Covid-19 -  “Jangan mati sekarang” – ungkapan itu lebih berarti kepada anjuran untuk menjaga kesehatan sebaik-baiknya, bukan larangan untuk mati saat ini. Pasalnya, musibah kematian di masa pandemi Covid-19 akibat virus Corona ini meninggalkan cerita duka yang jauh lebih dalam.

4 Cara Agar Suami Tenang Berbelanja

Pada  jaman now, menjalani masa pandemi ini membutuhkan kerja sama yang solid antara suami dan istri. Ketika masa ini, bukan lagi hal yang tabu jika suami berbelanja dan banyak suami yang ikhlas keluar rumah untuk berbelanja maka diperlukan cara agar suami tenang berbelanja.