Cara Memilih Jasa Desain Rumah

Cara Memilih Jasa Desain Rumah – Desain rumah modern dipengaruhi oleh eksistensi para arsitek yang memang piawai dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya dalam merancang model rumah yang diinginkan kliennya, baik interior maupun eksterior.

Seperti yang kita ketahui, memang banyak yang menulis tips memilih desain interior rumah. Mengenai hal ini, bisa kita browsing di internet namun jasa desain rumah murah berkualitas tetap menjadi pilihan bagi pemilik rumah yang menginginkan rumahnya dipersonalisasikan sesuai keinginannya agar nyaman ditinggali dalam waktu lama.

Jasa Desain Rumah
Sumber gambar: kontraktorrumah.co.id.


Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih jasa desain rumah di antara sekian banyak penyedia jasa kontraktor rumah dan jasa arsitek desain rumah? Bagi yang masih bingung, simak tips berikut, ya:

 

1. Cek Portofolio

 

Penyedia jasa perencanaan rumah yang berkualitas tentunya punya portofolio. Pada zaman sekarang tak sulit melacaknya. Pertama kali yang perlu kita ketahui adalah alamat website si penyedia jasa. Pastinya dalam website-nya ada portofolio ataupun testimoni dari para pelanggannya. Akan lebih terpercaya lagi jika portofolionya bisa ditampilkan dalam bentuk video.

Semakin lama usaha jasa desain dilaksanakan pastinya sudah banyak pula klien yang dilayaninya. Anda akan melihatnya dengan jelas dalam pemaparan portofolio. Jika memungkinkan, lakukan cross check ke klien yang sudah pernah bekerja sama dengannya.

 

2. Lihat Jenis Layanan Apa Saja yang Disediakan

 

Penyedia jasa desain rumah terbaik biasanya menyediakan beberapa macam layanan. Atau menawarkan kemampuan mendesain rumah dengan beragam tema. Misalnya desain rumah modern, desain rumah sederhana, desain rumah minimalis modern, desain rumah 2 lantai, desain klasik, dan desain industrial.

Biasanya website dari penyedia jasa desain ini mencantumkan jenis layanannya. Pastikan dengan melihatnya di website, Anda sudah merasa tertarik. Zaman pandemi seperti ini, jasa desain rumah online atau yang mampu menampilkan penawaran secara online adalah cara yang paling masuk akal untuk dilakukan, bukan?

 

3. Cek Keseluruhan Website-nya

 

Cek keseluruhan website dari si pemberi jasa desain yang Anda sasar. Apakah dia memuat informasi penting di dalamnya, semisal tips memilih desain interior rumah? Hal ini sebenarnya tidak penting-penting amat untuk menjadi pertimbangan namun bisa Anda pertimbangkan mengingat yang berkualitas pastinya menampilkan yang terbaik melalui website-nya.


kontraktorrumah
Sumber gambar: kontraktorrumah.co.id.

4. Cek Legalitas Usahanya

 

Nah, poin yang ini penting sekali. Jangan sampai Anda terjebak oleh jasa desain rumah abal-abal. Jasa desain rumah profesional pastinya punya izin usaha yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika Anda bisa memastikan penyedia jasa yang Anda sasar memiliki legalitas yang benar-benar sesuai dengan perundangan yang ada di Indonesia, Anda bisa memakai jasanya.

 

5. Cek Nilai atau Budaya Perusahaan

 

Jika memungkinkan, cek nilai atau budaya perusahaan yang dianut oleh penyedia jasa desain rumah yang Anda tuju. Mengapa ini penting? Untuk mendapatkan gambaran mengenai integritas dari mereka yang berada di balik perusahaan. Perusahaan yang mementingkan budaya atau nilai biasanya dikelola oleh orang-orang yang beritikad baik dan amanah.

Nilai-nilai yang dimaksud misalnya jujur, disiplin, konsisten, setia dan bertanggung-jawab untuk mewujudkan visi yang sama. Tak ketinggalan tentunya, mereka memiliki kompetensi yang bisa dipertanggungjawabkan dan berusaha selalu solutif, kreatif, inovatif, dan senantiasa melakukan penyempurnaan dalam segala bidang mulai dari manajemen, kualitas desain, dan pelayanan.

🏡🏡🏡

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk melakukan penjajakan dengan mencoba bertanya pada nomor kontak yang tertera pada website atau pada akun media sosial dari si penyedia jasa.

Coba-cobalah bertanya mengenai layanan jasa yang disediakan, misalnya mengenai desain rumah sederhana 3 kamar atau jasa desain rumah minimalis. Tanyakan pula apakah mereka punya jasa desain rumah 3d dan tanyakan juga harga jasa desain rumah per m2.

Dengan melakukan penjajakan, kita bisa melihat apakah akan enak berkomunikasi dan bekerja sama dengan si penyedia jasa tersebut. Tentunya kita berharap mempercayakan urusan desain rumah kita pada pihak yang profesional, beradab, dan komunikatif, bukan?

9 komentar

  1. bisa dicek juga secara langsung portofolionya ke lokasi rumah yang pernah dibangun sebelumnya. Kalau perusahaanya bener, pasti bersedia memperlihatkan hasil kerja mereka. biar makin yakin kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, benar banget Kang Aip. Kalau punya akses, bisa mengecek langsung.

      Hapus
  2. Sekarang lebih berhati hati ya, kadang kalau kita engga teliti takutnya ketipu
    Apalagi kalo diinstagram tuh banyak banget yang pakai foto orang lain buat dijadiin bahan promosi
    Tapi kak, bukan cuma lebih teliti nyari jasa desain nyari rumah pun harus berhati hati

    BalasHapus
  3. Terima kasih ya tipsnya. Nyari jasa desain rumah saat ini memang musti wajib berhati hati. Banyak yang abal abal alias penopu

    BalasHapus
  4. Suamiku juga bergerak di bidang jasa ini, kak..
    Memang tantangan banget dan jangan lupa untuk tetap memegang value yang pernah dipelajari saat kuliah dulu. Ini penting karena semua design bangunan akan dipertanggung jawabkan hingga akhirat kelak.

    BalasHapus
  5. Semoga aku bisa punya rumah beneran aamiin. Butuh rekomendasi tips yang begini nih. Makasih bun. Semangat kita.

    BalasHapus
  6. Sofar blm pernah design rumah tau jadi aja mbak haha thx tipsnya yaa

    BalasHapus
  7. Ini bagus sekali untuk yang mau bangun rumah atau merenovasi rumah. Biayanya bersahabatkah? Karena bagi saya ini sangat penting, nanti biaya desainnya lebih mahal daripada biaya untuk beli bahan bangunannya.

    BalasHapus
  8. Dalam tindakan apapun memang harus ada pertimbangan dan hal-hal khusus yang harus dilihat ya kak. Termasuk dalam mendesain rumah tercinta.

    BalasHapus