3 Cara Sederhana Me Time, Nomor 3 Ada Evocs

3 Cara Sederhana Me Time, Nomor 3 Ada Evocs Pandemi covid-19 di Indonesia sudah mau memasuki anniversary keduanya. Semoga setiap orang sudah memiliki ritmenya sendiri menghadapi situasi yang sering kali unpredictable. Waktu hampir dua tahun bukan waktu yang sebentar untuk beradaptasi. Banyak orang yang sudah menemukan cara untuk beraktivitas sembari tetap menjalankan protokol kesehatan dan hal-hal lain yang harus diperhatikan selama pandemi, tak terkecuali ibu rumah tangga.

Me time adalah salah satu kegiatan yang menjadi topik hangat, disangkutpautkan dengan kesehatan mental. Banyak orang yanga menjadi lebih peduli dengan topik ini. Ibu rumah tangga yang sehari-harinya urusannya dari pagi hingga pagi lagi menjadi pihak yang menganggap penting ber-me time.


Alat pel canggih

Selama tak bisa ke luar rumah karena membatasi mobilitas, hanya ke luar rumah untuk kebutuhan penting nan mendasar saja yang menyangkut organ pencernaan atau hajat hidup seisi rumah, menjadi guru dalam pembelajaran daring buah hatinya, menjadi koki yang tiap waktu mengebulkan asap di dapur, apa lagi yang bisa dilakukan untuk memanjakan diri di sela-sela kesibukan tersebut?

Psikolog dan mental health advocate, Anastasia Satrio mengatakan bahwa waktu untuk diri sendiri harus dimiliki oleh setiap orang, terlebih di masa pandemi. Me time berguna untuk membuat pikiran tetap tenang dan segar[1].

Memanfaatkan me time membuat seseorang merasa rileks dan merasa “lebih siap” untuk kembali ke dunia nyatanya, menyelesaikan aneka keruwetan yang belum terurai.

 

Manfaat Me Time

 

Melalui Psychology Today, psikolog Sherrie Bourg Carter, PsyD mengulas manfaat me time,sebagai berikut:

  • Otak berkesempatan untuk jeda sejenak, beristirahat dari hiruk-pikuk dunia. Dengan demikian dapat menjernihkan pikiran, mengurangi stres, dan merevitalisasi tubuh.
  • Konsentrasi dan produktivitas menjadi meningkat karena pikiran telah jernih kembali.
  • Menjadi makin  mengenali diri sehingga mengetahui apa yang benar-benar diinginkan.
  • Selama me time, ada waktu tersendiri untuk berpikir dengan lebih mendalam tentang hal tertentu, dengan demikian menjadikan seseorang mampu berpikir lebih efektif dalam memecahkan persoalan.
  • Setelah menjalani masa me time, menjadikan seseorang lebih menghargai hubungannya dengan orang lain, dengan demikian kualitas hubungannya dengan orang lain menjadi lebih baik.

 

Cara Sederhana Me Time

 

Jadi, jelas ya peran me time dalam kesehatan mental? Ahli pun mendukung pentingnya punya waktu khusus untuk diri sendiri. Ada 3 cara sederhana me time:

1. Mengerjakan Hobi

Dengan mengerjakan hobi yang disukai, semisal membaca buku atau menulis, pikiran menjadi fokus kepada apa yang dikerjakan dan dengan tenang “mengalir” begitu saja. DR. Adi W Gunawan CCH, pakar teknologi pikiran mencontohkan: Ketika sedang fokus membaca buku atau bekerja di depan komputer, kita tak mendengar suara orang yang memanggil[2].

Hal ini terjadi karena kita sedang dalam kondisi deep trance atau kondisi hipnosis yang mana merupakan kondisi pikiran alamiah yang dialami setiap individu. Kondisi demikian dapat menimbulkan efek positif pada stres dan kecemasan[3].

2. Mendelegasikan Pekerjaan Rumah

Yang paling banyak menyita waktu dalam keseharian seorang ibu rumah tangga adalah pekerjaan rumah yang tak ada henti dan habisnya. Penting untuk memiliki kepandaian dalam mendelegasikan sebagian pekerjaan rumah, baik itu kepada pasangan, anak, maupun orang lain.

Satu rumah tangga berbeda pilihan dalam menentukan mana yang patut didelegasikan dan mana yang tidak maka jangan membanding-bandingkan satu sama lain. Tentunya terkait pula dengan kondisi ekonomi selain prioritas. Hal ini harus dikomunikasikan dengan pasangan.

3. Mengupayakan Peralatan Elektronik untuk Efektivitas

Adanya mesin cuci pasti sangat membantu dalam efektivitas waktu keluarga. Cukup banyak waktu ter-save dengan adanya mesin cuci, berikut uang karena tidak perlu membayar jasa tukang cuci ataupun laundry kiloan.

Alat elektronik lain yang bakal sangat membantu juga adalah ALAT PEL CANGGIH yang dapat membersihkan kotoran kering dan basah secara bersamaan. Bagi yang kurang update, mari Carajalani beri tahu tentang keberadaan alat ini.


Wash Station Avaro Evocs

Avaro Evocs

Namanya AVARO EVOCS yang hadir dengan teknologi canggih pertama di Indonesia. Dilengkapi dengan sistem “scroll mop” dan otomatic washing station yang mampu menyapu lantai sekaligus mengepel secara bersamaan. Efektif karena dua pekerjaan bisa dikerjakan bersamaan, kan? For your information, Avaro Evocs yang bukan termasuk jenis vacuum cleaner ini aman, nyaman, hemat daya, dan tidak menimbulkan bunyi berisik.

ALAT PEL CANGGIH PERTAMA ini bisa membersihkan dua macam kotoran: kering dan basah secara bersamaan. Dengan gagangnya yang fleksibel, Evocs sangat mudah digunakan dan bisa menjangkau area yang sulit dijangkau seperti di kolong lemari.

Dengan adanya wash station, Avaro Evocs mampu membersihkan dirinya sendiri (self cleaning) tanpa perlu disentuh sehingga tangan kita terbebas dari kotoran. Cocok banget kan buat yang alergi debu. Wash station-nya memiliki tray yang dapat memisahkan kotoran padat dan cair sehingga gampang untuk dibuang. Selain itu, kita bisa mencampurkan cairan pembersih lantai di dalam wash station ini.


Fleksibel Evocs

Dengan alat kebersihan rumah impian Avaro Evocs[4] yang memiliki daya tahan baterai untuk pemakaian selama sejam (pengisian 2,5 jam) ini, kehidupan berkualitas dapat dibantu pemenuhannya karena masalah kebersihan bisa diatasi dengan lebih mudah. Selanjutnya, nyonya rumah jadi bisa mengalokasikan waktunya untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat bagi orang banyak, berkarya tanpa batas dari rumah. Setuju?



[1] https://www.antaranews.com/berita/1749221/psikolog-me-time-cukup-30-menit, diakses 4 Januari 2022, pukul 13:30.

[2] https://www.liputan6.com/health/read/2113381/fenomena-trance-hipnosis-dan-hipnoterapi, diakses 4 Januari 2022, pukul 19:45.

[3] https://gaya.tempo.co/read/1464952/manfaat-hobi-buat-kesehatan-mental-dan-fisik/full&view=ok, diakses 4 Januari 2022, pukul 19: 95.

[4] Avaro Evocs bisa diperoleh di toko-toko resmi Avaro di Shopee, Tokopedia, atau Blibli.

8 komentar

  1. Yah.. Melakukan hobi emang paling best dah buat upaya me time. Selain itu, mendelegasikan pekerjaan pada orang lain bisa menjadi pilihan. Jadi ibu nggak terlalu capek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, harus pandai-pandai mengaturnya saja ya. Yang penting keluarga bisa diajak berkompromi.

      Hapus
  2. Iya berbagi pekerjaan rumah tangga dengan suami dan anak-anak juga bisa meringankan beban ibu dan mengurangi lelah dan stres ibu ya...menggunakan alat pel canggih seperti avaro evocs nih meringankan pekerjaan kita banget...

    BalasHapus
  3. Buat IRT yang nyambi kerja di rumah bakal bermanfaat sekali alat pel canggih seperti evocs. Karena biasanya kalau pel biasa makan waktu dan tenaga, kalau pakai yang lebih mudah pasti bisa lebih banyak waktu untuk berkarya dan lebih bersemangat pula.

    BalasHapus
  4. Yampun ada lg yg bikin ghemes yak Avaro ada ada aja sini sinih aku cobain dulu tau aja aku suka ga sempet ngepel, yg ptg masak aja sii ama cuci baju lainnya tinggal bagi tugas aja :)

    BalasHapus
  5. Zaman udh makin canggih, manusia udah bisa jauuuuh LBH santai dan fokus Ama kerjaan yg lebih penting , ATO fokus Ama hobi dan passion. Biarkan teknologi yg mengerjakan tugas2 fisik ya mba 🤣.

    Aku udh pengen beli juga nih cleaner auto begini. Jadi pas asistenku mudik, aku bisa tetap santai. Ga harus pindah ke hotel sampe asisten balik 🤣

    BalasHapus
  6. Wah keren nih, kapan ya AVARO EVOC ada di rumah, biar bisa lebih nyantai menikmati hari di rumah.

    Sepertinya wajib masuk daftar kebutuhan rumah tangga berikutnya.

    BalasHapus
  7. saya termasuk orang yang kalau rumah bersih itu nyaman banget dan me timenya ga perlu jauh kemana-mana. cukup di rumah dengan kondisi bersih. dan pastinya saat beberesih juga akan lebih nyaman kalau pakai alat yang nyaman

    BalasHapus