Cara Berkreasi dengan Gorengan

Cara Berkreasi dengan Gorengan – Gorengan itu selalu enak, ya buat banyak orang. Sebagian besar orang Indonesia tak bisa lepas dari makan gorengan, baik sebagai teman makan nasi ataupun sebagai camilan.

Anak-anak Indonesia terbiasa dengan gorengan. Ikan goreng, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, pisang goreng. Dalam menu sehari-hari ada saja menu gorengan masuk dalam daftar. Karena terbiasa sejak kecil, kelak ketika punya anak, jadilah gorengan menjadi semacam menu wajib yang ada dalam keseharian.

Berkreasi dengan Gorengan

Tantangan terbesarnya adalah bagaimana membuat gorengan yang berbeda dari sebelumnya. Walaupun menu gorengannya ganti-ganti: ayam, ikan, tahu, tempe, perkedel, bakwan akan menjadi tidak menarik jika bolak-balik disajikan dengan cara yang sama. Maka dari itu, penting bagi seorang ibu untuk mencari cara berkreasi dengan gorengan agar menu yang disajikan tidak monoton.

Nah, setelah cari tahu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berkreasi dengan menu gorengan, yaitu:

 

1. Eksplorasi Resep Masakan Lain

 

Dengan mengeksplorasi resep masakan lain, kita jadi punya ide untuk berinovasi dalam membuat makanan. Misalnya, nih, ada orang tak terbiasa menggunakan ketumbar untuk perkedel atau bakwannya tapi ada yang menggunakannya, boleh tuh dicoba, siapa tahu cocok. Ini contoh saja, ya.

Bisa juga yang misalnya tempe gorengnya menggunakan kecap, diganti dengan bumbu balado atau kecapnya ditambah dengan saos tiram. Atau bisa juga gorengannya diolesi pakai krim keju.

 

2. Eksplorasi dengan Tepung

 

Sayur bisa juga dijadikan gorengan, lho. Misalnya kangkung tumis. Ketika anak tak mau memakannya, bisa saja ketika dibikin jadi gorengan, dengan mencampurkannya dengan tepung, anak justru suka.

Jangan takut bereksplorasi dengan sayur dan tepung, baik itu tepung terigu atau tepung beras. Jika diberi bumbu dan garamnya pas, rasanya pasti enak. Tapi ada satu kekurangannya nih, tidak mudah mengepaskan adonan dengan tingkat kerenyahan gorengan yang diharapkan. Selama ini saya pakai “rasa” untuk mencampur tepung dengan air sehingga mudah digoreng.

 

3. Menggunakan Kobe Tepung Bumbu Putih

 

Tepung bumbu Kobe sudah saya kenal lama. Tahun 1990-an, di rumah orang tua kami sudah ada tepung bumbu ini. Biasanya digunakan untuk memasak ayam goreng tepung. Sekarang ada Kobe Tepung Bumbu Putih.

Tepung Bumbu Putih ini inovasi baru dari Kobe, berupa konsep tepung bumbu modern yang unik. Menariknya, tekstur tepung berbentuk kristal. Butiran tepung renyahnya bisa membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan lebih tebal.

Selain untuk gorengan apa saja, tepung varian ini cocok juga untuk jajanan. Maksud saya, jajanan kekinian itu lho … seperti cireng, aci telor dan cirambay.

Cireng Nasi Kobe

Dengan Kobe Tepung Bumbu Putih, kita bisa juga memasak camilan aci viral sendiri dengan mudah. Menggiurkannya, pada citarasanya ada sensasi aci kenyal yang gurih berbumbu dan mudah membuatnya.

Kobe Tepung Bumbu Putih ini ternyata memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Butiran tepung kristalnya membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan juga lebih tebal.
  • Tekstur gorengan menjadi lebih garing dengan kerenyahannya yang tahan lama.
  • Di dalam Kobe Tepung Bumbu Putih terkandung tepung tapioka yang dapat membuat masakan menjadi lebih kenyal dan juicy ketika dijadikan bahan campuran.
  • Tepung ini gluten free, juga tanpa pengawet dan pewarna buatan. Cocok kan buat kalian yang mementingkan kesehatan dalam memilih jenis makanan?

By the way, saya mau share satu resep cireng yang oke punya, nih. Resep Cireng Nasi Kobe yang mudah dipraktikkan di rumah:

Resep Cireng Nasi Kobe

Bahan cireng:

  • 200 gram nasi putih
  • 100 mililiter air
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gram)
  • 10 gram daun bawang
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu rujak:

  • 1 sendok makan kacang tanah yang sudah digoreng
  • 100 gram gula merah
  • Terasi secukupnya
  • 50 mililiter air hangat
  • 1 sachet BonCabe level 10, rasa original
  • 1 sendok makan air asam

Sudah pernah coba, belum? Selain cireng, coba juga masak bakso goreng Kobe Tepung Bumbu Putih. Silakan deh dipraktikkan dan lihat, orang-orang kesayangan kita bakal nagih!

Bakso Tepung Kobe


25 komentar

  1. Wah kesukaan saya nih cireng. Apalagi kalau dibumbui bumbu rujak. Ah, dimakan hujan gini enak kali ya. Ternyata tidak sulit ya bikin cireng yang enak dengan nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya .. makin enak pakai sambel atau bumbu rujak :)

      Hapus
  2. Pakai tepung bumbu kobe emang enak banget. Gak usah khawatir sama rasa. Karena pasti pas

    BalasHapus
  3. Aha tepung kobe putih serba guna ini andalanku dalam memasak Kak Niar.Urusan menggoreng menjadi enak dengan ini.Aku suka buat seafood goreng seperti cumi dan udang.Rasanya nagih banget deh,he...he..he

    BalasHapus
  4. Berbicara tentang gorengan memang tepung kobe jadi andalannya, walau ga bisa masak tapi dari dulu kalian ibu, tante, kakak, mba ya Kobe memang selalu jadi andalan mereka.

    BalasHapus
  5. sejujurnya tepung bumbu tuh penyelamat banget di rumah, makanya selalu stock. krn anak2 paling suka segala macam yang digoreng tepung plus akunya juga merasa terbantu karena praktis, daan dijamin anak2 suka hehe

    BalasHapus
  6. sebagai orang Indonesia, rasanya susah betul melepaskan diri dari gorengan, selalu ada kerenyahan dan kenikmatan disetiap kunyahannya. Teksturnya punya sensasi tersendiri didalam rongga mulut

    BalasHapus
  7. wahh aku jadi mau ikitan berkreasi ni.. kayaknya seru ya buat cemilan pas weekend

    BalasHapus
  8. noted nih Bunda resep cireng nasinnya, eheeemm bisa jadi salah satu menu saat Ramadhan nih, semoga nanti minyak sudah bersahabat harganya jadi bisa renggoreng-goreng dengan nyaman lagi dan berkreasi dengan tepung bumbu putih dari Kobe :)

    BalasHapus
  9. Tepung Kobe ini selalu ada di dapurku. Tadi malam baru bikin tahu krispi pakai tepung ini. Ponakan pas mampir sepulang dari GOR. Ditawarin makan malam, katanya udah makan. Tapi "mau ngemil tahu krispinya aja, soalnya kalo Tante yang bikin tahu krispi tepungnya enakkk." :))

    BalasHapus
  10. Cemilan kesukaan keluarga semua tapi harus dikurangi karena minyaknya susah. Sedih sih biasanya tiap sore tersedia

    BalasHapus
  11. kami juga menggunaka tepung Kobe di rumah, rasanya memang pas banget di lidah dan makanannya jadi lebih enak gitu

    BalasHapus
  12. Setuju banget terutama sama Cara 1, Eksplorasi dengan Resep Makanan Lain!

    Aku pernah coba makan mi instant ala Youtuber dari Korea.

    Makan mi instant dengan keju, pemirsah!

    Well, mungkin bagi sebagian orang ini mungkin sudah biasa ya.
    But, not for me!

    "Apa? Makan mi instant pakai keju? Oh, BIG NO!""

    Begitu kira-kira responku, pertama kali.

    Lalu dibujuk putriku.

    "C'mon Mom, give it a try, please!"

    Masya Allah, ternyata nikmat hakiki, pemirsah!

    Jadi, aku welcome banget nih dengan cara-cara yang ada di postingan cara berkreasi dengan gorengan ini juga!

    BalasHapus
  13. Inovasinya Kobe keren banget. Tepung bumbu putihnya gluten free ya Mbak. Tapi kalo mau goreng-goreng sekarang ini, agak mikir harga minyak. Hehe

    Btw, makasih sharing resepnya Mbak

    BalasHapus
  14. Udah paling gak bisa nolak kalau gorengan Kobe Tepung Bumbu Putih.
    Ini terbaik banget yaa.. Resep Cireng Nasi Kobe. Harus dicoba dengan bumbu rujaknya yang menggoda.

    BalasHapus
  15. duu cireng, kesukaan kami sekeluarga nih, auto langsung recook nih besok, makasih resepnya ya mba, saya belum pernah nyoba bikin cireng pakai tepung bumbu kobe, tapi kalau buat tambahan gorengan sayuran atau lapisan cicken katsu saya suka pakai kobe, tepungnya enak dan gak terlalu asin, di rumah selalu nyetok :)

    BalasHapus
  16. Hah? Ternyata tepung bumbu kobe usianya dah matang banget ya Mbak, s2jak tahun 90an. Wow baru tau aku tu.

    BalasHapus
  17. Enakan pakai Nasi yang pulen, kering, atau apa ya mbak buat resep cireng?
    Boleh juga resepnya nih. Tepung bumbu Kobe mudah dibeli di toko dekat rumah.

    BalasHapus
  18. pas banget nih ini dia nih yang emang pengen aku cobain waktu itu pernah nemu resepnya seliweran di tiktok tapi lupa di save, yes akhirnya baca di artikelmu bisa langsung praktek nih besok

    BalasHapus
  19. Jujur ya aku ga terlalu sering lagi masak gorengan mba 😄. Apalagi deep fried. Yg tumis2 masih atau yg pakai minyak dikiiit aja. Selain minyak lagi mahal, juga Krn mau ngurangin. Tapiiiii ga bisa berenti total 😅. Krn suami yg paling sudah disuuh makan rebus, kukus dan tumis, ttp aja sesekali mau goreng2 . Jadi memang harus jago mengkombinasikan resep2 gorengan 😁.

    Aku juga selalu sedia Kobe , walopun paling sering yg bumbu nasi goreng 😄

    BalasHapus
  20. Aku pernah dong bikin cireng nasi pake kobe juga simple dan enak, tiada hari makan tanpa gorengan kalau makan jadinyah yg ptg diimbamgi dg sayur dan buah so far so good ya mbak

    BalasHapus
  21. Aku pernah juga bikin cimol pake tepung bumbu Kobe, ga akan gagal dah.

    BalasHapus
  22. Memanfaatkan nasi bisa dibikin nasi cireng menggunakan Tepung bumbu Kobe. Idenya kreatif dan bisa jadi cara lain memakan nasi dengan nyaman. Hihii...jadi cemilan. Seru banget yaa...dicocol sama bumbu rujak. Makin yuumm~

    BalasHapus
  23. Gak tahu kenapa semua jenis gorengan aku suka, pokoknya tiap hari gak bisa lepas dari makan gorengan meskipun hanya satu biji. Cirengnya ini menggoda bgt

    BalasHapus